Peluang Investasi Emas Terbaik dan Teraman Paling Menguntungkan
Harmony Blog
Finance
Peluang Investasi Emas Terbaik dan Teraman Paling Menguntungkan
June 2, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Investasi dan Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Investasi emas merupakan salah satu investasi yang banyak diminati oleh semua kalangan termasuk pebisnis. Tidak sedikit pebisnis yang melirik investasi emas ini karena mudah dijalankan dan menguntungkan serta minimnya resiko yang ada dalam investasi emas ini apalagi ditengah wabah pandemic COVID-19 seperti saat ini.

Investasi emas sangat cocok untuk semua kalangan pebisnis dari yang pemula hingga yang ahli karena investasi emas beresiko rendah, mudah dijalankan serta menguntungkan.

Anda harus mempunyai trik rahasia kelola investasi  ditengah badai Covid-19 sehingga Anda dapat mengontrol niai – nilai investasi saat ini. Investasi emas ini dapat juga dipantau secara online, sehingga Anda dapat memantaunya dimanapun Anda berada. Investasi emas ini juga termasuk salah satu investasi online yang mudah dijalankan dengan keuntungan besar.

Menurut Antam ( Aneka Tambang) harga emas sebagai logam mulia sudah menyentuh di harga Rp.800.000 per gramnya. Ketika beberapa nilai Indeks Harga Saham Gabungan dan nilai tukar Rupiah meluncur drastis yang diakibatkan oleh wabah Corona, harga emas justru menukik cukup tajam bahkan cenderung stabil. Itulah kenapa dari dulu hingga saat ini emas masih menjadi pujaan para investor yang menginvestasikan dana simpanan meraka pada logam mulia satu ini. Lalu apakah cukup aman berinvestasi logam mulia Emas? Bagaimana Cara dan manfaatnya berinvestasi emas logam mulia? Simak informasi berikut ini.

Apakah Investasi Emas logam mulia cukup Aman?

Emas merupakan investasi dalam bentuk logam mulia yang cukup dikatakan aman, karena mampu terhindar dari inflasi dan suku bunga tinggi, investasi emas bisa dibilang lebih aman dibanding instrumen investasi lainnya. Fluktuasi emas tidak se-ekstrem fluktuasi saham maupun investasi lainnya.

Pada kondisi saat ini perlu adanya beberapa hal pantangan agar bisnis tetap sukses ditengah COVID-19, dan disarankan untuk tidak menjual seluruh portofolio investasi terlebih dahulu. Masih ada instrumen investasi lain yang bisa jadi referensi, yang konvensional, namun sangat minim risiko dan menguntungkan seperti emas yang wajib dipertahankan.

Cara Berinvestasi Emas Yang Cocok Untuk Pemula Dan Menguntungkan

Saat ini, dikenal beberapa cara dalam untuk membeli dan berinvestasi emas. yaitu :

1. Beli emas secara fisik langsung di toko emas ataupun di Antam (Logam Mulia / LM),

Lalu disimpan di dalam brankas ataupun safe deposit box . Ini adalah cara menyimpan emas yang paling tradisional dan yang paling aman.

2. Beli emas dengan sistem trading margin (trading Loco)

Loco London Gold telah membuka jalan bagi banyak orang dalam di bidang gold trading. Jika dulu perdagangan emas biasa dilakukan dengan menumpuk batangan, perhiasan atau koin emas, kini Anda hanya berdagang margin dari derivative emas sehingga tak perlu menumpuk emas fisik. Pengawasan ketat di Loco London juga membantu menjaga kestabilan aktifitas perdagangan emas dunia. Selain itu, ini bisa menjadi sarana diversifikasi investasi agar resiko investasi bisa diperkecil.

3. Beli emas dengan sistem Gadai Syariah (Gadai Emas)

Misalkan Anda ingin membeli emas dan kemudian ingin digadaikan kepada bank syariah (sebagai contoh di BRI Syariah, atau di Bank Danamon). Karena menggunakan system syariah, teknik ini bagus dan dapat digunakan untuk membeli emas dengan harga murah. Setiap bulan Anda hanya dikenakan biaya untuk penyimpanan emas yang besarnya sekitar 1% per bulan.

4. Beli Emas dengan Options.

Dengan menggunakan cara ini biasanya dapat dikenal dengan nama Beli Emas atau kemudian dapat disewakan. Meskipun Anda dapat menjalankan cara ini bila paham akan perdagangan Options, yaitu dapat disebut menggunakan teknik Buy Call ataupun Buy ETF emas (GLD) ataupun Emasnya langsung (Gold), kemudian diimbangi dengan posisi Sell Put untuk mendapatkan preminya (income sewanya).

5. Jadi investor di suatu perusahaan Investasi Emas.

Intinya kepercayaan, dan bergantung kepada manajer investasi (fund manager). Namun, harus hati-hati karena cara ini sangat rawan dengan tindakan penipuan. Selain itu, kita tidak memiliki kontrol terhadap kinerja investasinya. Jadi, rajinlah dan banyak bertanya ketika ingin melakukannya.

custom-form-newsletter

Trik Khusus Melihat Perbedaan Emas Asli dan Palsu

Jika Anda memilih berinvestasi emas dalam bentuk fisik logam mulia atau batangan, sebenarnya terlihat mudah namun tidak mudah dilakukan. Mengingat harus memiliki trik-trik khusus untuk memulainya. Apalagi yang dikhawatirkan adalah untuk membeli emas dalam bentuk fisik sering sekali mendapatkan emas yang tidak asli. Dan berikut ini adalah trik khusus melihat dan membedakan mana emas yang asli atau palsu, sebagai berikut :

1. Perhatikan Secara Seksama Fisik Emas

Emas yang asli biasanya identik dengan adanya cap yang menginformasikan kadar emasnya, seperti 10K, 18K, 22K ataupun 24K, dan juga memiliki ukuran gram emasnya.

2. Gosok Fisik Emasnya

Gosoklah permukaan fisik emasnya dengan  telapak tangan atau telunjuk , jika pemukaan fisiknya tidak berubah , maka itu adalah emas asli, namun sebaliknya jika permukaan fisiknya berubah saat digosok maka emas itu adalah emas yang palsu.

3. Bisa memulainya dengan menggigit fisik emas

Dengan menggigit fisik emas nya Anda dapat juga membuktikan keaslinya emas tersebut . Jika sewaktu Anda menggigit emasnya tersebut dan setelah melepas gigitan Anda tersebut tidak ada adanya bekas gigitan yang diemas tersebut itu berarti emas itu adalah palsu , dan sebaliknya. Hal ini terjadi karena semakin tinggi ya kadar emas , maka emas semakin lunak.

4. Beri Tetesan Cairan Asam Nitrat

Cairan asam nitrat merupakan cairan yang dapat membantu Anda untuk membedakan emas asli atau palsu. Teteskanlah cairan asam nitrat tersebut ke sebuah keping emas dan jika emasnya  tidak berubah warna , maka emas situ adalah asli , tapi jika berubah warna menjadi warna hijau berarti logam tersebut terbuat dari besi yang dilapisi emas. Dan apabila emas itu berubah menjadi kuning maka itu adalah kuningan yang dilapisi emas , serta jika berubah menjadi warna susu berarti itu adalah perak yang dilapisi emas.

Investasi emas menjadi salah satu solusi ditengah krisis COVID-19 seperti ini. Namun tetap disarankan untuk memperhatikan laporan keuangan Anda dalam berinvestasi. Hal itu berguna untuk mengontrol pendapatan dan pengeluaran yang Anda diterima sehingga Anda dapat terus mengembangkan investasi atau bisnis Anda.

Untuk membantu Anda mengontrol keuangan pendapatan dan pengeluaran Anda , Gunakanlah Harmony Smart AccountingSolution sebagai solusi dalam membantu Anda membuat laporan keuangan dengan sistem pembukuan keuangan berbasis cloud technology. Gunakan Harmony sekarang disini, dan dapatkan 30 Hari Gratis penggunaannya dan jadilah pebisnis sukses yang revolusioner dalam hal laporan keuangan berbasis cloud technology hanya di Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/