5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Pembukuan E-Commerce
Harmony Blog
Accounting
5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Pembukuan E-Commerce
October 28, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pembukuan e-commerce mulai dikenal saat masyarakat mulai gemar berjualan online. Berjualan online memang menjadi pilihan tepat di era serba teknologi seperti saat ini. Lebih hemat biaya promosi dan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Biarpun begitu pembukuan e-commerce tidak seperti pembukuan pada umumnya.

E-commerce juga dikenakan pajak baik penyedia platform marketplace maupun pengguna marketplace.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun pembukuan e-commerce. Poin seperti perpajakan, stok hingga logistik penting untuk diperhatikan dalam semua lini bisnis.

Baca Juga : 5 Jenis Pendapatan Lain lain dalam Pembukuan Perusahaan

Merchant Fee

Untuk dapat berdagang di marketplace Anda tak jarang dikenakan biaya merchant. Biaya merchant ini membuat toko online Anda berada di halaman pertama marketplace. Jika Anda memiliki website sendiri tentunya ada biaya merchant yang harus dibayarkan setiap bulannya agar website tetap eksis di internet.

Tentunya biaya ini perlu Anda pertimbangkan saat menetapkan nilai jual produk Anda. selain itu penting memperhitungkan biaya harga pokok penjualan serta arus kas sehingga produktivitas tak terganggu.

Pantau Stok

Dalam pembukuan e-commerce juga penting memantau stok barang yang dimilikinya. Apalagi bila Anda memiliki toko online lebih dari satu. Misalnya saja Anda menggunakan Shopify, Tokopedia maupun Blibli dalam menawarkan produk Anda. pastikan Anda mengecek ketersediaan jumlah stok produk di masing-masing marketplace.

Laporan stok penting bagi setiap perusahaan baik yang melakukan penjualan online maupun offline. Peran dari laporan stok sendiri untuk meningkatkan akurasi pesanan stok barang, meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan hingga membantu mengatur barang di gudang. Pengaturan stok yang baik dan teratur juga mampu meningkatkan kinerja perusahaan terhadap permintaan pelanggan.

Biaya Angkut

Dalam pembukuan bisnis online maupun e-commerce penting untuk mempertimbangkan biaya angkut barang. Apakah biaya angkut ditanggung pihak penjual atau malah ditanggung pihak pembeli. Besaran biaya angkut biasanya tergantung pada ukuran dan berat barang itu sendiri. Selain itu jarak penerima barang juga diperhatikan dalam menentukan biaya angkut.

Apalagi barang-barang yang dibeli atau dijual ke luar negeri. Selain memiliki biaya angkut yang mahal juga biasa dikenakan bea masuk. Terlebih bila Anda belum memiliki NPWP maupun izin angka pengenal impor dan ekspor.

custom-form-newsletter

Pajak Penjualan

Dalam pembukuan e-commerce juga dikenal istilah pajak penjualan. Sejak 1 April 2019 diberlakukan pajak bagi penyedia platform marketplace.  Hal ini tertuang pada PMK.210/2018. Dalam pembukuan e-commerce juga dikenal pajak pertambahan nilai atau PPN serta pajak penghasilan atau PPh terkait dengan penyedia platform marketplace.

Penyedia platform e-commerce harus memiliki NPWP dan dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak. Tak hanya mengerjakan pembukuan e-commerce saja namun juga memungut, menyetor dan melaporkan PPN dan PPh terkait penjualan barang dagangan milik penyedia platform tersebut.

Anda juga diminta untuk melaporkan rekapitulasi transaksi yang dilakukan oleh pengguna platform. Inilah alasan kenapa pembukuan e-commerce perlu akurat, rapi dan detail.

Gunakan Aplikasi Pembukuan Gratis

Untuk membantu pembukuan e-commerce gunakan aplikasi pembukuan gratis. Misalnya saja Harmony Accounting Software yang bisa digunakan selama 30 Hari penuh secara GRATIS cukup dengan membuat akun disini.

Fitur yang dimiliki Harmony terdiri dari one book dan one feed. Fitur one book dapat menyediakan pembukuan dengan lebih dari satu mata uang. Selain itu Anda juga bisa memantau pengeluaran perusahaan dengan mudah disertai grafik ringkas yang bisa menunjukkan pengeluaran apa yang paling mempengaruhi usaha Anda. tak hanya disitu saja Anda bahkan bisa membuat dan melacak invoice dalam sekejap.

Fitur one feed merupakan kemudahan dalam rekonsiliasi bank yang dilakukan secara otomatis. Harmony didukung oleh bank lokal seperti BRI, Mandiri, BCA, BNI dan lainnya. Software ini bisa diakses di berbagai gawai mulai dari PC, tablet hingga smartphone.

Kebutuhan laporan keuangan dan perpajakan e-commerce bisa dilakukan Harmony. Anda juga bisa mengirimkan invoice dan penawaran langsung kepada pelanggan. Tampilan software elegan dan user friendly sehingga bisa digunakan oleh Anda yang tak memiliki latar pendidikan akuntansi.

Pembukuan e-commerce pun dapat selesai dengan cepat serta tanpa batasan user untuk softwarenya. Anda juga bisa berkonsultasi seputar software ini melalui live chat Harmony.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/