Untuk mengelola stok barang pada bisnis Anda secara praktis, Anda perlu melihat seberapa sering Anda mengecek setiap stok dan perubahan pada barang bisnis Anda. Ini berarti Anda harus mengecek seberapa sering Anda menjual produk pada inventaris Anda secara keseluruhan dengan menghitung adanya biaya harga pokok produksi.
Dengan Anda memantau dan mengelola persediaan barang secara baik dan benar akan mencegah bisnis Anda dari kerugian.
Disaat Anda memastikan jumlah stok barang yang Anda miliki, Anda pastinya hanya akan belajar tentang cara memesan hanya jumlah barang pengganti yang tepat. Namun, dalam melakukan hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengelola manajemen stok barang dengan efesien.
Baca juga : Langkah Tepat Menerapkan Manajemen Resiko Dalam Bisnis Anda
Table of Contents
Jika bisnis anda merupakan sebuah bisnis yang harus memproduksi sebuah barang maka Anda harus memiliki bahan baku yang tepat untuk menciptakan prodak Anda. Namun jika untuk menjual barang jadi, Anda perlu membutuhkan pasokan bahan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan penjualan bisnis Anda, dan memastikan tempat untuk menyimpannya sudah diatur secara efesien, dengan menyediakan rak-rak khusus dan memisahkan sesuai kategori barang yang akan membantu Anda lebih mudah dalam menemukan dan menyimpan barang.
Selain itu, pastikan juga Anda mempunyai daftar (pembukuan) stok barang Anda, dengan adanya daftar tersebut akan memudahkan Anda untuk menilai persedian barang yang ada.
Bukan hal yang mudah bagi setiap pebisnis dalam melakukan penjagaan terhadap setiap stok barang yang dimiliki, meskipun sudah ada petugas yang menjaganya, namun ada saja barang-barang yang hilang, rusak atau dipindahkan tanpa pemberitahuan. Maka dari itu penting untuk melakukan stock opname bagi pembisnis, Tujuan dilakukannya stock opname adalah untuk mengetahui keakuratan catatan pembukuan yang berfungsi sebagai sistem pengendalian intern.
Melalui stock opname pembisnis dapat mengetahui keakuratan pembukuan stock persediaan dan jika terjadinya selisih pada stock barang Anda, bahkan kemungkinan Ada transaksi yang belum dicatat, atau terjadi kecurangan dalam persediaan.
Melakukan pemberian kode untuk setiap barang juga membantu mempermudah proses atau hasil-hasil catatan Anda, dengan kode akun yang efektif, maka semua pemrosesan data atau hasil-hasil daftar akan dapat dilaksanakan dengan lebih mudah dan jauh lebih terkontrol.
Bayangkan jika Anda tidak memberikan kode untuk setiap barang Anda, mungkin Anda akan kesulit dan kerepotan karena harus menghafal setiap nama barang yang panjang dan banyak, dan menyulitkan anda dalam mengontrol setiap pengecekan terhadap barang-barang Anda.
Mencampur setiap barang baru dan lama akan mempersulit Anda dalam melakukan pencatatan dan pengecekan. Alangkah baiknya Anda memisahkan setiap barang yang baru masuk ataupun barang yang sudah lama, agar Anda mudah dalam menemukan berapa jumlah setiap stok barang yang terjual, baik stok barang lama maupun baru. Sehingga setiap pembukuan Anda jelas dan tidak ada kesalahan dalam setiap pengontrolan barang.
Masih banyak pelaku usaha yang melakukan manejemen pengelolaan stok barang secara manual dan tidak menggunakan alat teknologi yang kini makin bertambah pesat, sebab jika perusahaan menggunakan aplikasi untuk mengelolanya, perusahaan akan menjadi lebih mudah dan praktis dalam mengontrol setiap barang yang ada. Keuntungan dalam menggunakan aplikasi untuk mengelola stok barang yaitu, Anda dapat menerima hasil dokumen dari segala aktivitas yang terjadi dan akan tercatat dalam sistem sehingga akan lebih mudah dan menghemat waktu, biaya, serta tenaga. Kebutuhan bisnis dan organisasi dari semua kelas harus bisa mengelola, mengendalikan, dan melacak inventaris kapan saja dan dari mana saja.
Itulah beberapa cara mengelola dan mengontrol persediaan barang secara efektif. Dengan mengaplikasikan beberapa tips tersebut maka secara otomatis aktivitas pengelolaan persediaan barang pada bisnis Anda akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi dan juga dapat berfokus pada hal lain yang dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Harmony yang sanggup mengelola seluruh bisnis di perusahaan Anda secara terintegrasi.
Dengan Harmony Accounting Software berbasis cloud atau online, Anda dapat mencatat segala jenis transaksi seperti uang masuk, stok barang, biaya keluar hingga laporan keuangan yang real time. Harmony juga membantu ribuan pembisnis untuk menikmati teknologi pembukuan yang terjangkau dan praktis. Tunggu apalagi, gunakan Harmony dan dapatkan Gratis 30 Hari dengan mendaftar akun Anda disini.