Harmony » Blog » 

5 Contoh Iklan Digital Yang Perlu Anda Ketahui

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 5, 2021

Jika dulu iklan identik ditemukan di media cetak, radio, hingga billboard maka saat ini sudah banyak yang beralih ke digital ads. Iklan digital adalah iklan atau promosi yang menggunakan internet sebagai media penyampaian pesan. Contoh iklan digital ini bisa Anda temukan di PC (komputer desktop), laptop dan juga perangkat mobile lain.

Berbeda dengan iklan konvensional, Anda bisa menggunakan fitur-fitur pilihan untuk menyesuaikan siapa yang bisa melihat digital ads yang ditayangkan.

Contoh iklan digital pertama yang muncul adalah banner ads di majalah online HotWire pada Oktober 1994 lalu. Dari contoh iklan digital pertama itu, akhirnya lambat laun iklan digital mulai masuk dan populer. Popularitas iklan digital saat ini semakin meningkat karena penggunaan teknologi di hampir semua sektor.

Dalam bisnis, eksistensi digital ads bisa dibilang sangat penting. Apalagi sekarang hampir setiap orang bisa mudah mengakses internet dari perangkat mobile mereka. Secara umum bisa dilihat bahwa selain media promosi, penggunaan iklan digital adalah untuk strategi pemasaran dan memperluas target pasar dengan efisien dan efektif.

Baca juga: 10 Ide Strategi Pemasaran Usaha Makanan Ringan Agar Cepat Laku

Nah, Anda perlu tahu ada setidaknya 5 contoh iklan digital yang masing-masing memiliki plus-minus tersendiri. Yuk cek kelima contoh iklan digital berikut karena siapa tahu Anda bisa mempertimbangkan contoh iklan internet mana yang cocok dengan bisnis Anda.

1. SEM (Search Engine Marketing)

Contoh iklan internet yang pertama adalah Search Engine Marketing atau dikenal juga dengan nama paid search. Tentunya Anda sendiri paham, eksistensi mesin pencarian begitu penting. Anda bisa mencari segala macam barang, jasa atau informasi apapun melalui mesin pencarian ini.

Tanpa disadari, manusia sangat bergantung pada mesin pencarian. Anda akan mencari informasi terlebih dahulu di search engine sebelum membeli barang, benar kan? Contoh populer untuk SEM adalah Display Ads dan Google Shopping Ads. Biasanya Display Ads lebih fokus untuk meningkatkan brand awareness.

2. SMA (Social Media Advertising)



Selanjutnya adalah Social Media Marketing atau dikenal juga dengan nama paid social. Di mana tempat terbaik untuk membuat iklan digital?

Tempat terbaik itu haruslah memiliki banyak pengguna dan jawaban yang paling tepat adalah media sosial. Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram bisa jadi pilihan yang oke. Hal ini karena lebih dari 87,13% pengguna internet di negara ini mengakses layanan medsos (data riset APJII).

Contoh iklan digital di medsos juga bisa lebih spesifik dan tersegmentasi karena Anda bisa memilih kategori usia, gender, wilayah, penghasilan, pendidikan, minat, hobi dan lain sebagainya. Ketiga media sosial yang kita sebut tadi sama-sama memiliki layanan iklan yaitu Facebook Ads, Instagram Ads dan Twitter Ads.

3. Remarketing / Retargeting Advertising

Tujuan dari iklan ini adalah mempertahankan ketertarikan dan keinginan membeli si calon pelanggan. Contoh iklan digital yang satu ini merupakan salah satu layanan dari Google. Iklan Anda akan ditampilkan kembali kepada pengguna yang telah mengunjungi situs atau menggunakan aplikasi Anda.

Kondisi ini berlaku untuk semua pengguna meskipun mereka tidak melakukan pembelian. Jadi seperti berjejak di mana pengguna akan diikuti iklan yang sama di situs lain.

 4. Video Marketing Sebagai Contoh Iklan Digital

Kemudian ada video marketing yang digadang-gadang sebagai contoh iklan digitalpaling efektif untuk semua jenis dan lini usaha saat ini. Anda bisa melakukan berbagai hal untuk dijadikan konten video. Sebut saja seperti vlog, live stream, video tutorial, promosi produk makanan, pengenalan produk baru, webinar dan lain sebagainya.

Keragaman isi video tentunya membuat pebisnis berlomba-lomba menghadirkan konten terbaik dan kreatif untuk menarik mminat calon pembeli.

[elementor-template id="26379"]

5. Email Marketing

Email marketing bisa dikatakan sebagai salah satu contoh iklan digital yang cukup efektif meskipun paling murah. Bahkan efektifitas email marketing ini lebih tinggi dibandingkan media sosial menurut penelitian McKinsey and Company. Biasanya pemilik bisnis akan mengirimkan pesan komersial melalui newsletter dan iklan berisi promosi khusus.

Untuk memilih contoh iklan digital mana yang cocok dengan usaha Anda, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa faktor ya. Budget dan tujuan iklan menjadi dua poin penting yang harus dilihat sebelum membuat keputusan. Sayang kan kalau Anda sudah mengeluarkan banyak dana tapi ternyata iklannya tidak sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan?

Oleh karena itu, perlu lakukan perencanaan dahulu sebelum memulai pemasaran produk Anda. Salah satunya adalah memperhatikan iklan digital yang efektif bagi bisnis Anda. Seiiring Anda memilah media iklan, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya yang akan keluar dari biaya promosi Anda. Jangan sampai melebihi budget yang ada saat ini. Perhatikan juga apakah media yang dipilih akan mempengaruhi target penjualan secara positif.

Selanjutnya ketika sudah menetapkan alokasi biaya, sebaiknya Anda mencatat biaya tersebut dengan benar dan tepat. Untuk mengurangi kesalahan input dalam pembukuan, Anda bisa menggunakan teknologi pembukuan berbasis cloud seperti Harmony.

Sistem ini memudahkan Anda mencatat segala transaksi bisnis baik biaya atau pun omzet bisnis. Tak hanya itu, rekonsiliasi bank otomatis dan laporan keuangan realtime juga dapat mendukung perkembangan bisnis Anda. Sekarang Anda bisa menikmati Gratis 30 Hari Harmony Accounting Software dengan mendaftarkan akun Anda di sini.

Lalu, bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk dan belum sempat untuk melakukan pembukuan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pembukuan yang membantu pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau dan dikerjakan oleh profesional di bidang akuntansi.

Untuk mendapatkan referensi bacaan seputar bisnis, keuangan, akuntansi, pajak dan marketing Anda bisa kunjungi halaman sosial media Harmony seperti Facebook, Instagram dan Linked in.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram