Harmony Blog

5 Cara Menjaga Aset Perusahaan Agar Tetap Maksimal

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

menjaga asetPin

Apa yang Anda ketahui ketika aset khususnya aset tetap yang selama ini susah payah kerja keras Anda dapatkan dari hasil keuntungan maupun pembelian aset mendapatkan pinjaman dari pihak ketiga. Aset tersebut mengalami revaluasi aset karena harga saat ini cenderung menurun atau mengalami penyusutan sehingga dapat mempengaruhi arus kas pada perusahaan Anda? Maka dari itu Anda harus mampu menjaga aset perusahaan agar tetap maksimal karena itu dapat mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan Anda. Kali akan dibahas mengenai 5 cara menjaga aset perusahaan agar tetap maksimal.

Menjaga aset dengan baik adalah salah satu bagian dari manajemen aset yang dapat menunjang kondisi keuangan perusahaan Anda.

Berikut 5 Cara Menjaga Aset Perusahaan Agar Tetap Maksimal :

1. Pahami History Aset

Dalam menjaga aset Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengetahui sejarah perkembangan aset perusahaan Anda itu sendiri. Berawal dari tahap perencanaan (perusahaan mengidentifikasi permintaan atas aset itu), tahap pengadaan (perusahaan mulai membeli atau membangun aset tersebut), tahap pemeliharaan (perusahaan mulai menggunakan aset tersebut), dan yang terakhir tahap penghapusan (perusahaan harus mengetahui umur ekonomis telah habis dan kebutuhan aset tersebut telah hilang). Dengan Anda memahami history dari tahapan-tahapan aset tersebut itu salah satu bentuk upaya Anda dalam menjaga aset agar tetap utuh dan maksimal.

2. Ketahui Depresiasi Aset

Seperti yang Anda ketahui depresiasi aset adalah kondisi menyusutnya penurunan nilai aset Anda, hal ini dikarenakan nilai ekonomi dan fungsi manfaat aset tersebut menurun. Adapun aset tetap yang bisa mengalami depresiasi seperti motor, mobil, mesin industry. Sedangkan aset yang tidak bisa mengalami depresiasi itu adalah tanah, karena tanah secara nilai manfaat akan bertambah dari tahun ke tahun. Adapun faktor-faktor yang sangat mempengaruhi nilai depresiasi aset, sebagai berikut:

a. Harga perolehan, biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh aset.

b. Nilai sisa atau residu, nilai diperkiraan ketika aset itu dijual.

c. Umur ekonomis aset, taksiran umur pemakaian aset tersebut.

3. Menjaga Aset dengan Proteksi Asuransi

Anda tidak ingin jika aset mengalami resiko misalnya gempa bumi, kebakaran, tanah longsor, pencurian dan lain-lain. Maka dari itu Anda harus memproteksikan aset Anda dengan asuransi, sehingga aset Anda akan aman dan merupakan bagian dari manajemen resiko aset Anda.

Pihak asuransi biasanya akan menawarkan paket asuransi untuk aset Anda itu paket asuransi all-risk untuk non industri seperti kantor, rumah sakit dan sekolah. Dan untuk paket asuransi all-risk untuk industri seperti pabrik, Gudang dan mal. Asuransi all-risk biasanya mengcover resiko kerusuhan, resiko banjir, resiko gempa bumi, resiko tanah longsor, sehingga agar aset Anda tetap maksimal segeralah untuk memproteksi dengan asuransi.

 Baca juga : Menerapkan Manajemen Resiko Dalam Bisnis Anda

4. Lakukan Aset Tracking Secara Berkala

Anda pasti tidak mau mengalami kerugian bilamana pengecekan aset Anda tidak dilakukan secara berkala. Karena aset Anda tersebut dapat membebani pada pajak, asuransi, pembelian dan lain-lainnya. Pengecekan aset Anda bisa menggunakan teknologi kini dengan menggunakan barcode atau kode id pada setiap aset and, sehingga berapapun jumlah aset Anda akan terlacak dengan mudah. Kode barcode tersebut harus dicetak dan ditempelkan pada aset Anda sehingga dapat Anda lakukan scan barcode untuk mengetahui identitas dan histori aset tersebut.

5. Gunakan Teknologi Solusi Manajemen Aset Otomatis 

Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu karena dengan sistem manajemen aset Anda masih manual, dengan solusi manajemen aset otomatis akan mengoptimalkan Anda sebagai fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actualing dan controlling. Biarkan sistem teknologi cloud yang bekerja secara otomatis dari mulai monitoring aset, pengecekan depresiasi, penjadwalan kontrak, analisi biaya dan pembuatan laporan aset manajemen untuk laporan keuangan yang lengkap dan akurat.

Anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi Harmony, yang mana dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmonydisini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK