Harmony Blog

5 Cara Melunasi Hutang Menumpuk dengan Mudah

Diupdate Mar 16th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

cara melunasi hutangPin

Hutang seringkali dicap sebagai sesuatu yang buruk dikarenakan banyak orang yang tidak tahu cara melunasi hutang yang menumpuk. Namun apabila Anda dapat mengelola hutang dengan baik, maka akan mendatangkan keuntungan finansial, seperti kredit usaha, pinjaman modal, dll.

Lunasilah hutang dengan nominal terendah. Setelah itu lunasi hutang dengan suku bunga yang tinggi.Click to Tweet

Walaupun begitu, Anda harus bijak dalam berhutang. Seringkali orang-orang tidak berpikir panjang sebelum berhutang. Sehingga, mereka tidak menemukan cara melunasi hutang yang menumpuk. Oleh karena itu, sebelum Anda berhutang, ketahui dulu cara melunasi hutang yang menumpuk di artikel berikut ini.

Catat dan Rekap Seluruh Hutang

Cara melunasi hutang yang pertama adalah dengan menghitung semua hutang dan catat mulai dari awal, lalu rekap seluruh tagihan hutang yang Anda punya. Catatan hutang ini membantu Anda untuk melihat bunga serta tanggal jatuh temponya. Dengan begitu Anda dapat menentukan prioritas hutang yang harus dilunasi terlebih dahulu.

Sedikit tips cara melunasi hutang menurut rekapan, lunasilah hutang dengan nominal terendah. Setelah itu lunasi hutang dengan suku bunga yang tinggi. Kedepannya ambillah cicilan dengan bunga yang cenderung stabil.

Sesuaikan Gaya Hidup

Jika Anda sudah membuat rekapan hutang, cara melunasi hutang yang kedua adalah memangkas gaya hidup. Bila selama ini Anda gemar berbelanja barang branded, atau sering nongkrong, mulai saat ini Anda harus mengurangi kegiatan tersebut. Ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih sederhana, seperti membatasi volume belanja, mengurangi jajan di luar, serta beralih ke produk lokal yang lebih murah.

Setelah Anda memangkas gaya hidup, kelola anggaran keuangan Anda dengan baik. Alokasikan maksimal 30% gaji Anda untuk gaya hidup, 50% untuk kebutuhan operasional sehari-hari, dan sisanya disisihkan sebagai cara melunasi hutang.

Baca Juga : 7 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Yang Mudah Diterapkan

Mencari Penghasilan Sampingan

Cara melunasi hutang selanjutnya adalah dengan mencari penghasilan sampingan diluar penghasilan utama. Tambahan penghasilan ini dapat Anda lakukan mulai dari hal yang sederhana, seperti menyewakan barang-barang Anda, menjual barang yang sudah tidak digunakan, sampai menjual jasa Anda.

Kenali diri Anda, skill apa yang dapat Anda ‘jual’ di era digital lalu buatlah portofolio sebagai representasi diri.

Hindari Kebiasaan ‘Gali Lubang, Tutup Lubang’

Cara melunasi hutang bisnisPin

Ketika Anda sedang berkomitmen melunasi hutang, hindari membuat hutang baru untuk melunasi hutang yang lama. Terlebih lagi, saat ini sangat mudah melakukan pinjaman online  cukup dari HP dan hanya bersyarat KTP. Meski mudah dan cepat, pinjaman online bisa menambah jumlah beban hutang yang menumpuk.

Cara melunasi hutang seperti ini hanya akan menambah masalah baru, dan sebaiknya tidak dilakukan. Dahulukan melunasi pinjaman online yang lama sebelum berhutang lagi. Jika tidak ingin membuat masalah di kemudian hari.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelola Keuangan Pribadi dan Bisnis dengan Cermat

Ketika Anda berhasil memangkas gaya hidup, artinya Anda telah berhasil mengelola keuangan menjadi lebih baik. Cara mengelola keuangan yang baik tidak hanya soal memangkas biaya hidup, namun juga melatih kontrol diri.

Cara mengelola keuangan untuk kebutuhan sehari-hari yang paling mudah adalah membandingkan harga di beberapa tempat, serta jeli melihat tanggal diskon dan promo. Uang kembalian belanja sebaiknya dimasukkan tabungan.

Selain rutin menabung, bagi Anda yang mengembangkan bisnis, sangat penting membuat pembukuan keuangan dengan modern dan rapi. Kini, tak perlu repot membuat pembukuan sendiri secara manual. Sebab, kini sudah hadir Software Akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony adalah solusi berbasis teknologi keuangan yang dapat menyederhanakan tugas pembukuan dengan cepat, modern, dan otomatis. Terjangkau untuk setiap pemilik UMKM. Klik di sini sekarang untuk menggunakan Software Akuntansi Harmony GRATIS (30 days). Atau, dapatkan info dan penawaran terupdate setiap hari lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Harmony juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony