4 Tanda Anda Perlu Pembukuan Bisnis Profesional
Harmony Blog
Accounting
4 Tanda Anda Perlu Pembukuan Bisnis Profesional
October 30, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Ketika sebuah perusahaan semakin berkembang maka sudah dapat dipastikan pembukuan bisnis profesional akan semakin kompleks. Walaupun belajar akuntansi itu mudah namun bukan berarti owner harus mengerjakan secara terus menerus. Pembukuan bisnis profesional dapat menciptakan peluang untuk mendapatkan inovasi dan memperbesar volume bisnis.

Pencatatan setiap transaksi keuangan bisa memperbesar peluang mengembangkan bisnis.

Artinya perhitungan Excel dan kerja lembur yang dilakukan oleh owner tidak bisa lagi menjangkau tenggat waktu dari pelaporan keuangan. Pembukuan bisnis profesional sangatlah penting apalagi bila ada 4 tanda ini dalam perusahaan Anda.

Tanda 1: Pencatatan Keuangan Mulai Berantakan

Bukti kas keluar merupakan salah satu bukti transaksi yang dimanfaatkan untuk meminimalisir terjadinya kebocoran arus kas. Namun seiring berjalannya waktu perusahaan startup akan memiliki banyak sekali bukti kas keluar untuk menunjang kinerja usaha.

Selain itu bukti-bukti transaksi yang lain juga tidak kalah menumpuk. Pencatatan bukti ini jika dilakukan oleh pemilik perusahaan sendiri akan dirasakan tidak efektif. Bahkan peluang dari tidak tercatatnya bukti tersebut akan semakin tinggi. Inilah alasan kenapa pembukuan bisnis profesional sangat dibutuhkan.

Ambil saja contoh, A seorang pebisnis membuka perusahaannya dengan beberapa karyawan yang membantu produksi. Selang 2 tahun bisnisnya berkembang pesat. Namun sangat disayangkan pencatatan masih dilakukan oleh pemilik sendiri.

Hal ini berakibat, pencatatan keuangan berantakan. Bahkan tercampur dengan keuangan pribadi. Selain itu pemilik tidak bisa menentukan laba bersih sebenarnya.

Kasus diatas adalah salah satu contoh perusahaan memerlukan seorang tenaga profesional untuk me-manage transaksi keuangan sehari-hari.

Tanda 2: Rekonsiliasi Bank Tidak Dilakukan Berkala

Pembukuan akuntansi tidak boleh diabaikan, begitu pula dengan pencocokan dengan laporan dari bank. Dalam pembukuan bisnis profesional biasanya rekonsiliasi bank akan dicocokkan setiap akhir periode pencatatan keuangan bulanan.

Ketika perusahaan tidak melakukan pencocokan tersebut atau ada keterlambatan bisa dipastikan adanya kesulitan di dalamnya. Pencatatan dan pengecekan harus dilakukan secara berkala agar jika terjadi kesalahan bisa segera ditemukan.

Pencocokan dengan bank statement akan memberikan kejelasan dan validasi dari pihak ketiga. Manfaatnya laporan keuangan yang disajikan telah benar, baik waktu transaksi maupun jumlah nominal yang tersaji. Selain itu nominal yang benar bisa memberi perusahaan kesempatan untuk mendapatkan kompensasi pajak.

Tanda 3: Laporan Arus Kas Bermasalah.

Perusahaan jasa pembukuan profesional biasanya akan dibutuhkan ketika laporan arus kas bermasalah. Tanda yang paling terlihat adalah arus kas perusahaan yang negatif. Dampak pelaporan arus kas yang tak maksimal akan menyebabkan:

1. Perusahaan tidak bisa menghitung burn rate perusahaan.

2. Kesulitan untuk mengcover laporan gaji

3. Gambaran proyeksi hutang terhambat karena perusahaan tak mengetahui aliran kas sesungguhnya.

4. Perusahaan akan kehilangan kesempatan mendapatkan investor. Hal ini karena para investor tidak bisa memperkirakan berapa acid-test ratio.

Memperbaiki laporan arus kas ini perusahaan bisa mulai untuk membenahinya. Memfokuskan pada akun hutang dan piutang. Cara yang mudah adalah mulai menerapkan term pembayaran baik untuk hutang dan piutang.

Dalam pembukuan bisnis profesional kegiatan penagihan dilakukan secara berkala sehingga pembayaran piutang bisa membuat arus kas berjalan lancar. Namun terkadang hal ini tersendat akibat kelalaian atas tenggat waktu. Solusinya bisa mulai menggunakan aplikasi pembukuan.

custom-form-newsletter

Tahap 4: Kategori Akun Tidak Sesuai

Fungsi akuntansi sebenarnya adalah memudahkan dalam penyelesaian pelaporan transaksi keuangan. Atas fungsi akuntansi ini mengkategorikan sesuai dengan kategorinya harus dilakukan secara teliti. Selain itu perusahaan tidak akan salah dalam melakukan pencatatan atas transaksi-transaksi tersebut.

Mendesain kategori atas akun-akun perusahaan disesuaikan dengan sifat akun tersebut. Dalam pembukuan bisnis profesional akun-akun yang berkaitan dengan Aset, Liabilitas, Ekuitas, Pendapatan dan biaya-biaya harus dimasukkan ke dalam akun yang bersangkutan. Penomoran bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah ini.

Contoh penomoran:

• Aktiva Penomoran mulai dari 100-199

• Liabilitas penomoran dimulai dari 200-299

• Equity bisa dilakukan penomoran mulai dari 300-399

• Revenue/pendapatan penomoran bisa mulai dari 400-499

• Expense atau biaya bisa dilakukan mulai dari 500-599

Penomoran akun diatas hanyalah contoh saja. Bisa saja penomoran di atas dikurangi atau ditambah. Perusahaan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

Pembukuan bisnis profesional memerlukan pihak-pihak yang berkompeten. Misalnya saja mempekerjakan akuntan secara kontinyu atau pun menyewa akuntan. Jangan lupa untuk memanfaatkan kemajuan teknologi agar pencatatan transaksi pembukuan lebih mudah.

Pembukuan bisnis profesional yang ditunjang dengan penggunaan Harmony Accounting Software akan membuat kegiatan pembukuan Anda lebih cepat dengan perhitungan yang akurat. Anda bisa menggunakan software akuntansi ini secara GRATIS selama 30 HARI dengan cukup membuat akun disini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/