Segmentasi pasar adalah suatu rencana strategis yang dilakukan guna membagi pelanggan menjadi beberapa jenis atau grup. Pembagian ini biasanya dilakukan berdasarkan kualitas serta personalitas pelanggan secara umum. Segmentasi pasar begitu penting untuk diterapkan guna kelancaran strategi pemasaran.
Oleh karena itu tujuan dari segmentasi adalah sebagai upaya untuk menargetkan pelanggan secara mudah serta mampu menciptakan user experience yang lebih baik. Bagi yang hendak melakukan segmentasi pasar, berikut beberapa macam kategorinya serta keuntungannya.
Table of Contents
Segmentasi pasar juga memiliki sejumlah kategori. Tentunya bagi pebisnis harus tahu apa saja macam-macam kategorinya.
Mulai dari segmentasi demografis, geografis, behaviour, hingga psikografis. Inilah ulasannya.
Segmentasi demografis adalah segmen pasar yang dibedakan berdasarkan peta demografis, yaitu pembagian pelanggan berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status pernikahan, jabatan, agama, dan lain-lain.
Segmentasi demografis ini begitu populer dipilih dalam menerapkan segmen pasar. Hal ini disebabkan dalam proses pembagiannya terbilang paling mudah dan dapat diandalkan prosesnya.
Baca Juga: Rencana Strategis: Pengertian, Konsep Dan Tahapan Penerapannya
Segmentasi pasar geografis merupakan pembagian segmen pasar berdasarkan daerah. Mengingat segmentasi adalah pembagian berdasarkan jenis-jenis tertentu, daerah konsumen juga tidak boleh sampai terlewatkan.
Apabila skala bisnis sudah sampai ranah ekspor, tentunya segmentasi pasarnya sudah mencakup antar negara bahkan benua. Seperti contohnya ketika ada melakukan strategi pemasaran produk kerajinan.
Tentu akan sulit jika tidak menerapkan segmen pasar yang tepat. Anda dapat melakukan pembagian berdasarkan wilayah, kota, lingkungan dalam dan luar kota, desa, dan sebagainya.
Segmentasi pasar satu ini merupakan metode pembagian berdasarkan sifat pelanggan. Mulai dari bagaimana pelanggan mengunjungi sebuah situs, apa yang sudah diketahui tentang produk, pengetahuan akan kegunaan produk, hingga bagaimana proses membuat keputusan pembelian.
Strategi segmentasi pasar satu ini memuat tentang nilai, kepribadian, keyakinan, hingga gaya hidup pelanggan. Psikografis ini juga berkaitan dengan keputusan belanja calon pelanggan.
[elementor-template id="26379"]
Penerapan segmentasi secara tepat tentu sangat berpengaruh pada lancarnya pemasaran Anda. Sebuah studi mengatakan bahwa saat ini sebanyak 64% pelanggan daring menginginkan penawaran yang sesuai dengan personalitas.
Hal inilah yang membuat segmentasi pasar begitu penting. Adapun manfaat yang harus Anda ketahui dari adanya pembagian pasar ini antara lain sebagai berikut:
Manfaat yang pertama adalah dari segi biaya. Bayangkan sebuah pemasaran yang tidak tepat sasaran, tentu saja biaya yang diperlukan akan terbuang sia-sia tanpa adanya hasil yang optimal.
Biaya pemasaran sangat penting untuk dialokasikan. Pastikan segmentasi pasar tepat dibidik agar semuanya efektif. Bahkan waktu yang notabene begitu berharga dalam bisnis juga dapat dialokasikan seefektif mungkin.
Proses dari adanya segmentasi ini nantinya akan melibatkan tim pemasaran dalam mengenal pelanggan. Dalam proses tersebut akan tercipta hubungan yang baik. Tentu saja semakin banyak belajar tentang pelanggan, Anda akan menciptakan pengalaman belanja yang sempurna.
Adanya pengalaman yang mengesankan dalam belanja juga membuat konsumen melakukan repeat order. Selain itu, konsumen akan secara sukarela merekomendasikan produk maupun layanan Anda ke orang lain.
Setiap perusahaan pasti memiliki strategi pemasaran produk tersendiri. Pasar yang tersegmentasi dengan baik akan menghasilkan review yang lebih spesifik. Dari review inilah Anda dapat belajar mengenai titik kelemahan serta kelebihan dari strategi yang telah Anda lancarkan.
Dari ulasan di atas, dapat dipahami bahwa ada sejumlah kategori dalam segmentasi pasar beserta keuntungannya dalam bisnis Anda. Mulai sekarang, cobalah kategorikan konsumen secara tepat, agar proses pemasaran Anda lebih efektif.
Nah, untuk mempermudah proses pemasaran ataupun segmentasi pasar, hal yang tak kalah penting adalah pengelolaan keuangan usaha Anda.
Jadikan Software Akuntansi Harmony sebagai solusi pengelolaan keuangan dan pembukuan bisnis. Fitur Software Akuntansi Harmony dilengkapi smart invoicing, rekonsiliasi bank, hingga pengelolaan stok barang, dan 20 jenis laporan keuangan yang instan.
Mengelola pembukuan dengan Software Akuntansi Harmony, semudah beberapa klik saja. Tanpa ribet, tanpa menyita waktu dan tenaga Anda.
Yuk, tingkatkan sistem pembukuan bisnis Anda bersama Software Akuntansi Harmony. Coba GRATIS 30 hari aplikasi Harmony, dengan daftar di tautan ini. Pelajari fitur-fitur Aplikasi Harmony dan info terupdate lainnya, follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini.