Harmony » Blog » 

10 Teknik Closing Sales Paling Efektif Yang Dapat Anda Terapkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Oktober 12, 2020

Apakah Anda seorang pebisnis yang sedang mencari cara agar untuk meningkatkan penjualan? Seorang pebisnis memang sangat konsen terhadap omset perusahaan, oleh karena itu mereka selalu berusaha meningkatkan ilmu teknik closing sales dalam memasarkan produk mereka.

Di zaman sekarang teknik closing sales tentu berbeda dengan zaman dulu, misalnya 10 tahun lalu. Perbedaan ini disebabkan oleh banyak faktor seperti perubahan segmen pasar, perubahan dalam budaya masyarakat, kemajuan teknologi dan juga munculnya jenis produk baru baik sebagai produk substitusi maupun produk komplementer.

Teknik closing yang tepat akan membuat customer membeli produk Anda dengan cepat.

Kalau cara approach customer 10 tahun lalu masih menggunakan metode seperti kunjungan ke tempat customer maka saat ini dilakukan lewat aplikasi percakapan, email marketing atau sosial media. Jadi sebagian besar teknik closing sales zaman dulu tidak bisa diterapkan di era sekarang ini. Para pebisnis dan marketer wajib mengupgrade pengetahuan tentang teknik closing sales mereka agar relevan dengan kondisi sekarang dan strategi pemasaran  yang diterapkan bisa berhasil.

Strategi pemasaran setiap produk memang tidak sama karena masing-masing produk memiliki target market yang berbeda. Tetapi pada umumnya proses penjualan suatu produk cenderung hampir sama, yaitu dari leads menjadi calon customer, lalu menjadi customer dan bisa menjadi customer loyal.

Sebelum membahas 10 teknik closing sales paling efektif, Anda harus tahu terlebih dahulu definisi dari closing tersebut. Closing adalah keberhasilan dalam menjual produk atau jasa. Closing merupakan tujuan akhir dari suatu penawaran produk atau jasa kepada customer, yang ditandai dengan adanya tindakan dari customer membeli produk atau jasa itu.

Baca juga : 5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran agar Sukses

Berikut 10 teknik closing sales yang paling efektif dan dapat diterapkan pada bisnis Anda :

1. Terapkan Metode No Pain No Sales

Cara yang sangat ampuh dalam menjual produk adalah menemukan pain (kesakitan, penderitaan) atau ketidaknyamanan customer jika dia tidak menggunakan produk Anda. Cari tau pain customer itu dengan bertanya kepada mereka tentang kerugian yang akan mereka alami jika tidak menggunakan produk yang Anda tawarkan. Tentunya dalam hal ini produk Anda memang harus memberikan manfaat untuk customer tersebut.

Misal jika Anda menjual mesin cuci kepada customer yang belum pernah menggunakannya maka cari tau tentang penderitaan yang dia alami. Penderitaan itu misalnya capek, kulit tangan jadi rusak, pinggang sakit dan habis waktu. Bandingkan jika customer tersebut mengunakan mesin cuci yang Anda jual maka semua pain itu akan hilang.

2. Berikan Solusi lewat Produk Anda

Pada prinsipnya menjual suatu produk merupakan menjawab permasalahan dari customer. Oleh karena itu teknik closing sales yang efektif adalah dengan memberikan solusi kepada customer terhadap permasalahan mereka lewat produk yang Anda jual. Misalnya jika Anda menjual bantal kesehatan maka Anda bisa memberitahukan kepada customer bahwa dengan memakai bantal tersebut dia akan tidur lebih nyenyak, tidak sakit leher dan peredaran darah  menjadi lebih lancar.

Contoh lainnya jika produk yang Anda jual adalah produk teknologi berupa aplikasi maka bisa mengikuti jejak Harmony yang memberikan solusi kepada para pebisnis yang sibuk. Solusi itu adalah dengan menyediakan Harmony Accounting Service untuk jasa pembuatan laporan keuangan dan analisanya.

3. Gunakan Teknik Now or Never

Anda juga bisa menggunakan Teknik Now or Never yaitu menginformasikan kepada customer bahwa promo atau harga yang didapat hanya berlaku jika membeli sekarang, tidak bisa besok atau dikemudian hari. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi agar customer segera membeli produk tersebut. Misalnya dengan memberitahukan bahwa stok produk yang dijual tinggal 1 dan Anda tidak menjamin customer itu bisa mendapatkannya jika tidak membeli sekarang.

4. Mengasumsikan Customer

Mengasumsikan customer maksudnya adalah berasumsi saja bahwa customer Anda akan membeli produk yang ditawarkan. Sehingga saat Anda berkomunikasi dengan mereka jadi lebih percaya diri untuk melakukan closing ataupun mengarahkan mereka untuk melakukan pembayaran. Disini dibutuhkan keberanian dalam mengeluarkan kalimat seperti “mau ambil berapa pcs?“ atau “beli yang merah atau biru?” atau “saya bantu proses pembayarannya ya”.

[elementor-template id="26379"]

5. Memuji

Semua orang suka dipuji, oleh karena itu pujilah customer Anda. Tentunya dalam memuji jangan terlalu berlebihan dan waktunya harus tepat agar terkesan natural. Hal ini akan menyenangkan customer Anda dan memberikan efek positif untuk komunikasi yang sedang Anda lakukan.

6. Buatlah Customer Merasa Spesial

Lakukan teknik closing sales lainnya dengan memberitahukan bahwa dengan membeli atau menggunakan produk Anda maka customer tersebut sangat spesial atau istimewa. Misalnya dengan mengatakan bahwa produk yang Anda jual hanya diproduksi 10 unit di Indonesia atau dengan memberitahukan bahwa layanan pengantaran produk ini hanya untuk customer tertentu yang dipilih oleh manajemen perusahaan.

7. Mencoret Harga Normal

Terkadang teknik pencoretan harga efektif dalam membuat customer segera melakukan pembelian terhadap produk yang dijual. Ini merupakan psikologis marketing yaitu dimana customer membeli dengan emosinya untuk mendapatkan harga yang murah setelah mengetahui harga normal dicoret. Contohnya harga Rp 600.000 dicoret dan ditampilkan harganya hanya Rp 199.000 jika membeli produk itu sebelum tanggal tertentu.

8. Membandingkan Harga atau Kualitas dengan Produk Pesaing

Secara psikologis customer sangat senang jika mendapat harga lebih murah atau kualitas lebih bagus, oleh karena itu teknik membandingkan ini juga bisa digunakan sebagai tips closing prospek Anda. Informasikan tentang harga yang lebih murah jika produk Anda kualitasnya sama dengan produk pesaing dan beritahukan tentang kualitas produk yang lebih baik jika harga Anda sama atau lebih mahal dari pesaing.

9. Menampilkan Testimoni Positif

Teknik closing sales berikutnya adalah dengan menampilkan testimoni dari customer Anda. Mintalah testimoni dari customer yang sudah menggunakan produk Anda lalu tampilkan di website dan sosial media. Tentu saja yang ditampilkan disini adalah testimony positif agar bisa mempengaruhi calon customer untuk membeli produk tersebut.

 10. Berempati kepada Customer

Berikan sikap empati kepada customer karena dengan menunjukkan sisi empati maka customer akan merasa Anda  memahami mereka dan memiliki kedekatan emosional. Posisikan seolah-olah Anda adalah customer dan ceritakan juga pengalaman yang mungkin sama dengan customer, misalnya jika ada customer yang menceritakan perlakuan yang kurang baik dari penjual lain saat bertransaksi.

Apabila pertemuan dengan customer dilakukan secara tatap muka atau video call tampilkan wajah dan gesture tubuh yang berempati karena komunikasi non verbal seperti ini juga sangat bisa dirasakan oleh customer. Dari mimik wajah dan gesture tubuh maka customer bisa melihat bahwa Anda sungguh tulus memberikan perhatian terhadap percakapan yang sedang terjadi.

Demikianlah penjelasan 10 teknik sales paling efektif yang bisa Anda terapkan, semoga bermanfaat. Selain penjualan untuk sukses menjalankan bisnis, maka sebaiknya Anda juga memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis tersebut. Untuk laporan keuangan perusahaan Anda percayakan pengelolaannya kepada Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang sudah digunakan oleh ribuan pebisnis dalam membantu usaha mereka. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan membantu agar usaha Anda semakin berkembang. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 Hari dengan mendaftar disini. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram