Harmony Blog

10 Strategi Promosi Diskon Yang Bisa Bantu Tingkatkan Penjualan

Diposting Agu 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Promosi DiskonPin

Tentunya bagi setiap konsumen sudah tidak asing lagi dengan istilah diskon. Dengan adanya diskon tentu dapat membuat konsumen bertindak lebih konsumtif. Namun sebagai pebisnis rencana strategi promosi diskon adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum menerapkan diskon pada beberapa produknya.

Adanya strategi promo diskon ini untuk meningkatkan traffic pelanggan dan meningkatkan angka penjualan dengan cepat.Click to Tweet

Banyak pelaku bisnis mulai dari level kecil hingga besar yang menggunakan strategi promosi diskon ini. Konsumen sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, namun dikarenakan terdapat label diskon membuat konsumen tersebut tertarik untuk membelinya.

Sebelum Anda menerapkan dan memotong harga produk hingga setengahnya dengan harapan dapat mendorong penjualan bisnis Anda, maka terlebih dahulu Anda harus memahami dan merencanakan strategi promosi diskon Anda.

Hal ini juga bertujuan untuk melindungi margin keuntungan bisnis Anda. Nah, bagi pebisnis yang belum mengetahui apa saja strategi promosi diskon yang dapat diterapkan dalam bisnis. Berikut ini akan kami bahas dalam artikel di bawah ini.

Apa Pengaruh Diskon Bagi Bisnis Anda?

Adapun beberapa pengaruh diskon yang dapat mempengaruhi bisnis Anda yaitu:

  • Dapat Menciptakan Kebahagian Konsumen Anda

    Siapa yang tidak senang jika pemilik bisnis dapat menciptakan kebahagian bagi setiap konsumen yang sudah melakukan pembelian pada tokonya? Tentu setiap pebisnis menginginkan hal tersebut.

    Dapat menciptakan kebahagiaan konsumen andaPin

    Untuk dapat menciptakan kebahagian konsumen Anda, tentu Anda dapat melakukan promosi diskon pada bisnis Anda. Maka dengan begitu setiap konsumen yang melakukan pembelian dapat merasa senang dikarenakan mendapatkan diskon yang menarik pada pembeliannya.

  • Meningkatnya Penjualan Bisnis

    Memberikan kupon belanja kepada konsumen tidak hanya memancing perasaan bahagia mereka saja, melainkan dapat mempengaruhi kenaikan jumlah penjualan bisnis Anda.

    Hal ini tentu memancing banyak perusahaan menambah kupon dalam upaya pemasaran mereka untuk meningkatkan setiap laba yang didapatkan.

    Agar semakin meningkatkan penjualan dan juga pemasaran bisnis Anda, maka Anda dapat menerapkan strategi STP agar dapat membuat strategi pemasaran Anda menjadi lebih efektif dan juga lebih terkontrol.

  • Mendorong Konsumen Untuk Mencoba Produk yang Ditawarkan

    Biasanya para calon konsumen akan cenderung berhati-hati dalam membeli produk baru yang belum mereka coba sebelumnya.

    Namun dikarenakan adanya promosi diskon, maka perilaku calon konsumen tersebut bisa diubah dan membuat calon konsumen dapat lebih tertarik untuk mencoba produk yang baru ditawarkan oleh perusahaan.

    Strategi promosi diskon juga dapat diterapkan pada perusahaan yang baru saja berekspansi dengan produk baru yang belum banyak dikenal oleh calon konsumen lainnya.

10 Strategi Promosi Diskon Untuk Meningkatkan Penjualan

Apabila Anda sudah mengetahui apa saja pengaruh katalog promo diskon pada bisnis Anda, berikut yang harus Anda pahami ialah strategi promosi diskon yang akan Anda terapkan dalam bisnis, yaitu:

  1. Memberikan Gratis Biaya Pengiriman

    Banyak pebisnis terutama yang memiliki bisnis online melakukan strategi promosi diskon ini. Sebab banyak customer yang meninggalkan keranjang belanja mereka pada saat ingin membeli produk tersebut.

    Memberikan gratis biaya pengirimanPin

    Salah satu penyebabnya yaitu ketika mereka di sudah di halaman pembayaran, namun mereka mendapatkan bahwa biaya pengiriman atau ongkos kirim lebih besar daripada harga produk yang akan mereka beli.

    Tentu hal tersebut dapat menurunkan minat konsumen untuk membeli produk Anda. Maka dari itu menerapkan strategi diskon seperti gratis biaya pengiriman atau free ongkir tentu akan meningkatkan minat daya beli konsumen dan mempengaruhi keuntungan bisnis Anda.

  2. Memberikan Free Gift (Hadiah Gratis)

    Free gifts atau hadiah gratis pada strategi diskon Anda merupakan cara yang bagus untuk menumbuhkan minat konsumen Anda. Apabila digunakan dengan benar, maka free gift dapat meningkatkan order produk dan membantu menjual produk yang stagnan atau barang yang kurang waktu.

  3. Memberikan Diskon di Awal Bulan

    Awal bulan merupakan waktu di mana kebanyakan setiap para pekerja mendapatkan gaji. Maka dari itu membuat strategi diskon di awal bulan tentu akan lebih efektif.  Karena uang dari gaji yang mereka dapatkan belum banyak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

  4. Berikan Diskon Pada Subscribe Anda

    Apabila Anda memberikan harga diskon pada setiap subscribe, maka Anda tidak hanya dapat meningkatkan konversi penjualan Anda, melainkan Anda juga mendapatkan alamat email pelanggan potensial Anda. Sebab daftar email pelanggan Anda merupakan suatu alat pemasaran yang kuat bagi bisnis Anda.

    Setiap subscribe merupakan seorang yang juga memasarkan produk dan penawaran baru, dan perlu Anda tahu juga mereka adalah orang yang sudah cukup siap untuk membeli produk Anda.

  5. Diskon untuk Setiap Pengguna Kartu Kredit

    Strategi memberikan harga promosi diskon bagi setiap pengguna kartu kredit sudah banyak digunakan oleh setiap pelaku bisnis lainnya. Sudah tidak heran lagi bahwa bagi setiap pengguna kartu kredit juga sering dimanjakan oleh promo-promo menarik setiap waktu.

    Diskon untuk setiap pengguna kartu kreditPin

    Hal tersebut juga banyak ditemui di berbagai tempat seperti mall, restoran dan toko online. Contohnya seperti, bagi setiap pengguna kartu kredit BCA dan Mandiri mendapatkan diskon 30% dengan minimal pembelian Rp. 500.000.

  6. Memberikan Diskon Bagi yang Berulang Tahun

    Sudah banyak bisnis yang menerapkan strategi diskon seperti memberikan harga diskon bagi setiap pengunjung yang sedang berulang tahun. Diskon ini tentu banyak ditemui di restoran, cafe, dan tempat lainnya. hal ini juga tentu dapat Anda manfaatkan dalam pemasaran produk makanan bisnis Anda.

    Biasanya pebisnis akan memberikan syarat bagi setiap pengunjung untuk menunjukan KTP mereka dan mengecek kebenaran apakah benar atau tidak konsumen sedang berulang tahun, jika iya maka bisnis akan memberikan mereka harga diskon pada setiap pembeliannya.

  7. Menawarkan Diskon Share di Sosial Media

    Apabila Anda mengalami masalah dalam mempromosikan bisnis Anda, maka Anda dapat mencoba memberikan pengunjung website dan customer yang sudah ada dengan penawaran khusus atau harga diskon pada mereka.

    Namun dengan syarat mereka harus share website ataupun akun sosial media dan produk Anda dengan teman-teman mereka di sosial media. Hal ini mungkin bukan merupakan strategi sosial media marketing yang dapat dilakukan secara gratis, namun cara ini sangat efisien untuk mempromosikan bisnis Anda yang bisa dikatakan dari mulut ke mulut.

    Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis

  8. Berikan Batas Waktu Diskon

    Anda dapat memberikan harga promosi diskon Anda pada waktu-waktu tertentu. Contoh seperti memberikan diskon belanja di tengah malam, atau memberikan diskon dengan batas waktu tertentu. Dengan Anda memberikan batas waktu tertentu pada setiap diskon Anda, maka hal tersebut akan membuat konsumen menjadi semakin lebih tertarik untuk melakukan pembelian secara cepat.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  9. Diskon Cashback

    Cashback ini tentu berbeda dengan diskon, sebab cashback adalah memberikan sebuah potongan harga kepada konsumen dengan bentuk uang kembalian, bukan lagi potongan harga seperti diskon.

    Dengan memberikan cashback bagi setiap pembeli yang datang juga tidak kalah menarik dengan diskon. Apalagi jika cashback yang Anda berikan adalah berbentuk uang tunai.

    Diskon cashbackPin

  10. Diskon Member

    Adanya strategi member ini yaitu bertujuan untuk mempertahankan konsumen agar tidak berpindah tempat, maka alasan inilah yang membuat member diperlakukan secara khusus. Untuk menjadi membership juga tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan kartu identitas atau KTP diri dan uang administrasi saja.

Itulah beberapa penjelasan mengenai strategi promosi diskon yang perlu untuk Anda ketahui. Jadi strategi promosi diskon mana yang akan Anda terapkan dalam bisnis Anda?

Apabila Anda sudah mendapatkan strategi promosi diskon tersebut, dan bisnis Anda berjalan dengan baik serta keuntungan yang di dapat besar. Maka Anda juga jangan lupa untuk memperhitungkan keuntungan yang Anda dapatkan, jangan sampai salah perhitungan dan akhirnya akan membuat bisnis Anda mengalami kerugian.

Jika Anda membutuhkan pertolongan dalam mengelola dan merapikan pembukuan bisnis Anda, Anda dapat menggunakan Harmony. Apa itu? Harmony adalah penyedia software akuntansi berbasis online untuk membantu membereskan pembukuan Anda dengan mudah dan otomatis.

Segala kebutuhan transaksi, bisa di input melalui software akuntansi online ini. Dengan teknologi cloud, Anda dapat mengakses software akuntansi Harmony di manapun dan kapanpun, Anda bisa mendaftar dan mendapatkan 30 Hari Gratis untuk mencoba Software Akuntansi Harmony, silahkan klik di sini.

Kunjungi juga halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!