Harmony Â» Blog Â» 

10 Strategi Pemasaran Bisnis Frozen Food Yang Mudah Dilakukan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 18, 2020

Saat ini bisnis frozen food sedang naik daun karena meningkatnya permintaan terhadap produk-produk yang dibekukan dan dikemas. Produk-produk frozen food itu antara lain nugget, ayam potong, bakso, bakmi, donut dan lain sebagainya. Agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini maka Anda harus tau bagaimana strategi pemasaran bisnis frozen food yang efektif.

Untuk sukses berbisnis frozen food maka ketahui strategi pemasaran bisnis frozen food yang efektif.

Strategi pemasaran bisnis frozen food memiliki sedikit perbedaan dengan strategi pemasaran produk makanan biasa. Jika makanan biasa tidak mengutamakan waktu yang cepat dalam pengiriman produknya, sebaliknya untuk pemasaran bisnis frozen food dipengaruhi oleh faktor kecepatan pengiriman. Hal ini karena frozen food tidak bisa terlalu lama berada diluar alat pendingin seperti kulkas atau freezer, ini juga merupakan kelemahan bisnis frozen food.

Bisnis frozen food didominasi oleh pebisnis UKM yang menjalankan usahanya dari rumah. Berkembangnya bisnis frozen food sekarang ini juga tak lepas dari faktor pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas masyarakat membeli makanan diluar sangat terbatas. Hal ini menyebabkan rumah tangga memilih menyediakan makanan yang cepat saji dan praktis, maka frozen food menjadi pilihan utama.

Sebelum baca lebih lanjut, saksikan video sukses Ibu Lurina dibawah ini. Ibu Lurina adalah pemilik restoran Waroeng Sunda dalam mengelola bisnisnya. Semoga bisa menginspirasi Anda yang mau memulai usaha dibidang kuliner.

Anda juga bisa sukses seperti Ibu Lurina dalam mengembangkan usahanya. Strategi yang digunakan Ibu Lurina adalah fokus pada keuangan usaha dengan menggunakan aplikasi akuntansi Harmony. Untuk Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa dalam membuat laporan keuangan dan analisanya, bisa menggunakan Harmony Accounting Service.

Berikut adalah 10 strategi pemasaran bisnis frozen food yang mudah dilakukan.

1. Tentukan Target Market

Langkah awal dalam pemasaran bisnis frozen food adalah tentukan target marketnya. Buatlah secara spesifik untuk segmentasi dan targeting customer Anda seperti gender, umur, wilayah, pekerjaan dan berapa anggota keluarganya. Tujuannya agar Anda bisa menentukan produk frozen food apa yang cocok untuk mereka.

2. Cari Supplier yang Terbaik

Jika sudah memutuskan produk apa yang mau Anda jual maka carilah supplier terbaik yang bisa menyediakan produk atau bahan bakunya. Bandingkan beberapa supplier yang ada dan lihat bagaimana kualitas produk atau bahan baku, kemasan, harga dan lokasi supplier dari tempat Anda.

3. Buat Keunikan pada Produk Frozen Food Anda

Usahakan produk frozen food Anda memiliki keunikan yang tidak mudah ditemukan dipasaran. Keunikan itu bisa rendah lemak, rendah kalori, dari bahan nabati atau bentuknya bisa dicustom seperti permintaan customer. Membuat keunikan untuk produk frozen food Anda merupakan penerapan dari bisnis plan frozen food agar bisa sukses.

Baca juga : Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal

[elementor-template id="26379"]

4. Buat Konsep Branding yang Efektif

Langkah lain dalam strategi pemasaran bisnis frozen food adalah membuat konsep branding yang efektif. Lakukan branding secara konsisten baik secara offline maupun online. Logo, tagline atau kemasan dibuat secara menarik dan konsisten digunakan untuk mendapatkan brand image yang kuat di benak customer.

5. Gunakan Media Sosial Marketing

Saat ini media sosial tidak bisa dilepas dari kehidupan masyarakat, oleh karena itu media sosial marketing wajib dipakai dalam memasarkan produk frozen food. Buatlah akun di media sosial populer seperti Instagram dan Facebook. Anda harus memposting konten-konten yang bagus yang berhubungan dengan frozen food agar bisa menarik perhatian orang yang melihatnya.

6. Terapkan Strategi SEO

Terapkan teknik Search Engine Optimazation (SEO) agar produk frozen food Anda mudah dicari di mesin pencari seperti Google. Karena sekarang ini calon customer mencari rekomendasi tentang produk yang dibelinya di internet. Buatlah artikel tentang bisnis dan produk frozen food dengan artikel yang tepat serta postinglah konten yang menarik dan hastag yang tepat. Anda bisa menggunakan jasa konsultan SEO jika merasa diperlukan.

7. Beriklan di Platform Online

Budgetkan biaya promosi untuk beriklan agar pemasaran bisnis frozen food bisa berhasil. Pasanglah iklan di platform online seperti Instagram, Facebook, Youtube dan portal berita dan artikel yang memiliki traffic tinggi. Dengan konsisten beriklan maka brand image produk Anda akan semakin bagus. Beriklan secara online juga banyak dilakukan oleh bisnis lain seperti rumah makan, makanan ringan, hotel sampai ke produk software.

8. Menggunakan Reseller

Salah satu cara konvensional dalam pemasaran bisnis frozen food adalah menggunakan reseller. Buatlah program reseller yang menarik agar mudah dalam merekrut orang untuk menjadi reseller. Reseller terbukti efektif dalam memasarkan produk sehingga juga banyak digunakan oleh bisnis lain.

9. Buat Sistem Waralaba

Sistem waralaba atau franchise sering digunakan untuk pengembangan bisnis makanan, minuman, properti dan lain sebagainya. Sistem ini juga bisa diterapkan untuk bisnis frozen food. Buatlah paket investasi yang menarik agar franchisee tertarik membeli sistem waralaba Anda. Sistem waralaba akan membantu pemasaran bisnis frozen food Anda berkembang dengan cepat karena menggunakan sumber daya (modal, tenaga dan network) orang lain juga.

10. Jual produk Anda di Aplikasi Marketplace

Marketplace sekarang ini merupakan platform menjual dan membeli yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Traffic untuk marketplace ternama seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak bisa mencapai puluhan juta pengunjung setiap bulan, sehingga potensi pemasaran bisnis frozen food Anda untuk berhasil sangat besar.

Itulah 10 strategi pemasaran bisnis frozen food yang mudah dilakukan. Tetapi agar sukses dalam bisnis frozen food, Anda bukan hanya harus fokus kepada pemasaran saja tapi juga harus mengelola keuangannya dengan baik. Gunakan Harmony dalam mengelola keuangan bisnis frozen food Anda.

Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa Anda gunakan untuk memonitor keuangan perusahaan.  Cari tau lebih lanjut tentang Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn . Bagi Anda yang mau menggunakan Harmony dapat mencobanya GRATIS selama30 hari disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram