10 Strategi Menjalankan Bisnis Makanan Yang Lagi Hits
Harmony Blog
Marketing
10 Strategi Menjalankan Bisnis Makanan Yang Lagi Hits
July 2, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Berbicara tentang bisnis kuliner pastinya akan sangat menggiurkan bagi selera Anda. Apalagi bagi Anda pecinta makanan yang lagi hits seperti salted egg chicken, sempol goreng, takoyaki, ayam geprek dan masih banyak lagi. Dari sekian makanan yang lagi hits tersebut pastinya sudah Anda menikmatinya dan bahkan sering kali Anda mencobanya dirumah.

Karena tidak dipungkuri makanan yang lagi hits tersebut akan menjadi tren 2020 dinilai mampu melengkapi gaya hidup masa kini. Seperti dilansir dari media berita online food.detik.com edisi 28 Juni 2020 mengutip dari The Balance (27/6) bisnis kuliner memiliki potensi besar untuk meraup keuntungan.

Menjalankan bisnis makanan memiliki resiko yang tak terlalu besar, namun dengan modal terbatas bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

Dan survey Nielsen Wire, bisnis makanan setidaknya memiliki potensi keberhasilan sebesar 10 persen. Sementara 90 persennya lagi dipengaruhi oleh strategi pemasaran produk makanan serta keunggulan produk makanan tersebut. Kali ini akan dibahas mengenai 10 strategi menjalankan bisnis makanan yang lagi hits. Simak terus artikel ini.

Bisnis Makanan Yang Lagi Hits

Sebelum membahas masalah strategi bisnis makanan paling ampuh, adapun beberapa jenis usaha rumahan bisnis makanan yang lagi hits, diantaranya sebagai berikut:

Bisnis Frozen Food

Bisnsi frozen fooad merupakan salah satu usaha makanan paling laris saat ini. Dan istilah frozen food sudah tidak asing lagi karena adanya kemudahan dalam penyajiannya. Makanan frozen food tersebut terbilang praktis dan banyak manfaatnya selain frozen food ini menjadi pilihan masyarakat modern terutama untuk ibu rumah tangga yang tak memiliki waktu banyak untuk memasak dan juga bisa disimpan untuk jangka waktu lama dari makanan biasanya.

Hal tersebut menjadi benefit untuk mengembangkan bisnis frozen food sekarang ini. Contoh bisnis frozen food seperti bisnis chicken nugget, daging ayam filet, daging ayam ungkep dan masih banyak lainnya.

Bisnis Katering Makanan Sehat

Saat ini sudah banyak permintaan masyarakat akan jenis bisnis makanan sehat karena dengan rutinitas yang padat membutuhkan energi padat dalam beraktivitas. Anda juga dalam usaha makanan rumahan ini bisa membuat makanan paleo diet yang tidak mengandung gula dan pemanis buatan atau MSG. Bisnis makanan sehat ini Anda bisa tawarkan pada pegawai kantoran.

Bisnis Fushion Makanan

Bisnis fushion makanan sudah menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan ini. Bisnis fushion makanan ini menawarkan dua konsep jenis makanan yang dipadukan menjadi inovasi baru makanan yang lagi hits nantinya. Perpaduan menjadikan bisnis fushion makanan ini sangat menarik perhatian pasar. Adapun beberapa contoh jenis makanan fushion seperti semangka goreng, ramen burger, oreo goreng, seblak seafood dan masih banyak lagi.

Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan atau lebih dikenal usaha makanan rumahan cemilan kekinian ini sangat populer saat ini. Jenis makanan yang pernah booming pada masa lalu ditambah dengan beberapa perubahan-perubahan baru yang lebih mengiurkan selera konsumen. Hal tersebut diimbangi dengan keuntungan yang diperoleh relatif besar sehingga bisa menjadi pilihan Anda dalam memulai bisnis makanan ringan. Adapun beberapa contoh bisnis makanan ringan seperti basreng, kerupuk seblak, mie lidi, usus crispy, tahu kremes, stik talas dan masih banyak lagi.

Bisnis Makanan Unik

Berbicara tentang makanan unik itu berkaitan dengan semakin unik dan kreatif membuat selera konsumen semakin meningkat. Hal tersebut bisa membuat pilihan bagi Anda bila akan memulai bisnis makanan yang lagi hits. Anda harus melakukan banyak riset dan menentukan segmen pasar yang tepat dengan produk makanan yang Anda akan tawarkan. Adapun beberapa contoh bisnis makanan unik seperti fishcake atau topping seafood, boba toast, martabak topping keju mozzarella, es Krim Cheetos dan masih banyak lagi.

Strategi Bisnis Makanan Yang Lagi Hits

Dari sekian jenis bisnis makanan yang lagi hits di atas agar tetap dapat meningkatkan konversi penjualan produk makanan yang Anda kembangkan, dibutuhkan konsep marketing communication yang kuat baik itu pemasaran secara langsung maupun tidak langsung melalui media communication.

Berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan dalam menjalankan bisnis makanan yang lagi hits, diantaranya sebagai berikut:

1. Pahami Produk

Strategi yang pertama adalah memahami produk Anda yang akan dijual. Dalam memahami produk Anda harus memiliki keunikan tersendiri atau ciri khas yang dimiliki dengan produk Anda tetapi tidak dimiliki oleh kompetitor. Hal tersebut dapat meningkatkan daya beli konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

2. Desain Produk

Strategi berikutnya pastikan produk yang Anda akan jual memiliki desain produk yang menarik atau mengunggah selera konsumen untuk membelinya. Karena faktor kemasan merupakan faktor penting dalam menentukan kesan pertama dalam menarik atau mengunggah minat pembeli. Jika produk yang Anda jual ternyata kemasannya rusak konsumen akan meminta ganti ulang dan bahkan bisa membatalkan untuk membeli barang tersebut.

custom-form-newsletter


3. Pahami Target Pasar

Setelah mempelajari keunikan produk mulai dengan Anda harus menentukan segmen pasar atau target pasar yang sesuai dengan kategori dari produk Anda yang dijual. Anda bisa mulai menggelompokan beberapa pelanggan baru, pelanggan exist dan pelanggan lama. Selain itu Anda juga bisa mulai mempelajari karakter dan psikolog pelanggan.

4. Buat Bisnis Plan

Dalam pembuatan konsep bisnis atau bisnis plan tidaklah asal-asalkan melainkan harus dibuatkan lebih konkret. Karena bisnis plan akan dijadikan pedoman dalam menjalankan bisnis dan menarik perhatian investor untuk dapat suntikan modal. Biasanya bisnis plan terbagi 2 jenis rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek.

5. Buat Rencana Anggaran

Anda harus mulai mempersiapkan dan memperhitungan anggaran yang akan dikeluarkan dalam bisnis makanan Anda yang lagi hits. Sehingga rencana anggaran biaya dapat meminimalisir resiko kerugian yang terjadi dikemudian harinya. Rencana anggaran biasanya terdiri dari bahan baku 30%, sumber daya manusia seperti gaji 25%, sewa tempata (jika ada) 10%, promosi iklan 25%, 10 biaya lain-lain.

6. Buat Strandar Operasional Prosedur (SOP)

Pentingnya pembuatan standar operasional prosedur bagi bisnis makanan yang lagi hits membuat bisnis lebih tersusun dan terorganisir dengan baik. Dengan adanya standar operasional prosedur membuat mudah dalam mengembang usaha bisnis makanan yang lagi hits karena Anda membutuhkan pengembangan usaha dengan regenerasi sehingga usaha Anda bisa dilepas.

7. Rekrut Pegawai

Dalam merekrut pegawai memang tidak semudah yang dibayangkan, Anda membutuhkan pegawai yang berkualitas dan berkomitmen dengan baik. Jika perekrutan sudah dilakukan dan Anda sudah mendapatkan pegawai yang sesuai dengan harapan. Barulah fungsi standar operasional prosedur dapat dijalankan.

8. Pemasaran Online

Sekiranya semua strategi diatas sudah diterapkan mulailah Anda dengan mencoba pemasaran online melalui medsos ataupun marketplace. Stategi ini merupakan salah satu konsep pemasaran efektif yang harus Anda ketahui. Ada banyak langkah langkah dalam memasarkan produk secara online seperti membuat konten dan buat jadwalnya, posting pada medsos dan respon komentar pengguna medsos, atau membuat iklan produk pada youtube.

9. Membuat Website

Pembuatan website sangat mempengaruhi kredibilitas bisnis makanan yang lagi hits, karena penggunaan website sama halnya media promosi bisnis Anda baik itu profile bisnis, visi misi bisnis, alamat yang bisa dituju sehingga memudahkan pengguna mengetahui semua informasi tentang bisnis Anda.

Selain website Anda bisa daftarkan bisnis makanan yang lagi hits Anda pada platfrom yang booming saat ini seperti GoFood atau GrabFood sehingga dapat memperbesar jangkauan bisnis Anda.

10. Gunakan Alat Bantu Pembukuan

Strategi yang terakhir adalah penggunaan alat bantu pembukuan seperti menggunakan software akuntansi. Dengan adanya software akuntansi Anda dapat bisa fokus pada pengembangan bisnis biar urusan pengelolaan keuangan dikerjakan oleh software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis Anda dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/