Harmony » Blog » 

10+ Cara Mengembangkan Usaha Yang Perlu Anda Coba

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 31, 2021

Jika bisnis Anda sudah berjalan bertahun - tahun, kini penting bagi Anda untuk menyiapkan berbagai cara mengembangkan usaha. Nah, tentunya cara mengembangkan usaha ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan bukan?

Cara mengembangkan usaha bisa dilakukan banyak pedoman salah satunya dengan memperhatikan pembukuan usaha Anda.Click to Tweet

Ada banyak metode yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan pengembangan bisnis. Salah satunya Anda bisa gunakan metode research gap dalam riset pasar.  Mengapa riset pasar penting? Agar Anda bisa mengetahui kembali kondisi target pasar dalam bisnis selama ini. Apakah semuanya sudah tepat sasaran atau belum?

Jika belum, Anda perlu mengevaluasinya dan melakukan improvement atas kegiatan selama ini. Dengan begitu Anda akan menemukan cara mengembangkan usaha yang tepat sehingga bisnis akan lebih sukses dan menguntungkan. Sudah tahu apa saja strategi atau cara mengembangkan usaha yang sangat optimal dan menguntungkan bagi bisnis Anda? Simak pembahasan di bawah ini.

Perhatikan Tahapan atau  Cara Mengembangkan Usaha

Anda masih bingung dalam melakukannya? Yuk, perhatikan berikut ini beberapa langkah pengembangan usaha yang bisa diterapkan.

  1. Tentukan Modal Bisnis

    Sebagai langkah pengembangan usaha yang paling krusial yaitu menentukan modal bisnis Anda sudah cukup atau tidak, karena usaha yang menguntungkan merupakan modal yang sudah diatur dan jelas alirannya.

    cara mengembangkan usaha modal

    Sehingga ketika modal dialokasikan dengan tepat dan sudah ditentukan modalnya, maka Anda bisa melakukan penggajian pegawai dan melakukan inovasi bisnis.

  2. Mengenali Pesaing Bisnis

    Ada kalanya ketika menjalankan usaha, sebaiknya Anda mengenali pesaing atau kompetitor. Karena Anda memerlukan positioning yang tepat untuk mengembangkan bisnis serta mengetahui strategi pesaing Anda.

    Kegiatan ini merupakan hal wajar bagi seorang pebisnis, sehingga Anda perlu mengetahui strategi maupun kelemahan produk pesaing Anda. Supaya bisnis Anda bisa menjadi yang lebih baik dari pesaing.

  3. Mengetahui Jenis Usaha Yang Dilakukan

    Langkah pengembangan usaha berikutnya, sebaiknya Anda harus mengetahui jenis usaha apa yang Anda lakukan. Cobalah untuk memilih jenis bisnis yang tidak terlalu banyak atau memiliki kemampuan dibidang tersebut.

    Cara mengembangkan usaha ini berguna untuk membantu Anda dalam menguntungkan bisnis, serta Anda bisa dengan mudah menggunakan keahlian dalam bisnis.

    Dengan mengetahui jenis bisnis Anda ini akan membantu pebisnis bisa melihat gambaran apakah bisnis tersebut menguntungkan atau rugi.

    Baca Juga: Penjelasan Dan Cara Menghitung BEP (Break Even Point) Dalam Bisnis

  4. Melakukan Peningkatan Promosi

    Selanjutnya mempunyai bisnis tentu harus mendapatkan konsumen tetapnya, sehingga Anda harus melakukan promosi agar bisnis Anda semakin sukses dan bisa meningkatkan laba.

    Supaya bisnis Anda semakin sukses dan mendapatkan keuntungan yang besar, maka Anda sebaiknya lakukan promosi secara rutin. Kemudian bisa diposting melalui media massa, media cetak atau internet.

    Siapkan pemasaran yang menarik di kalangan masyarakat agar bisa meningkatkan konsumen dan promosi berjalan secara efektif.

  5. Mengembangkan Kinerja Setiap Harinya

    Memiliki bisnis online atau offline dalam cara mengembangkan usaha bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kinerja usaha setiap saat.

    Di mana sebagai pebisnis perlu melakukan inovasi supaya kinerja bisnis tidak menurun, maka dari itu sebaiknya buatlah peningkatan kinerja terhadap karyawan dan diri sendiri sebagai kualitas usaha.

    Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online Dengan Mudah Dan Cepat

  6. Mendahulukan Pelayanan Kepada Konsumen

    Saat Anda melakukan cara mengembangkan usaha yang perlu diperhatikan yaitu mendahulukan pelayanan konsumen, supaya pelanggan bisa puas dan menjadi konsumen yang tetap.

    Cara Mengembangkan Usaha Pelayanan Konsumen

    Carilah produk yang hampir sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda, dan perhatikan perilaku konsumen Anda untuk melakukan promosi serta pelayanan yang baik.

  7. Melakukan Strategi Operasional Secara Tepat

    Cara mengembangkan bisnis online atau offline secara optimal, sebaiknya Anda menyiapkan strategi operasional secara tepat. Di mana sebagai pebisnis perlu memberikan SOP bagi karyawan, dan langkah pengembangan usaha produk.

    Adanya SOP ini dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam mengembangkan usaha yang tepat dan efektif.

  8. Rutin Melakukan Inovasi Produk

    Sebagai upaya mengembangkan usaha, maka hal yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan secara rutin inovasi produk sebagai suatu keharusan.

    Karena biasanya pebisnis yang jarang melakukan inovasi sering kali ketinggalan perubahan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

    Maka dari itu sebaiknya Anda terus melakukan inovasi secara rutin supaya konsumen Anda tetap menjadi pelanggan tetap, dan penjualan semakin meningkat.

    [elementor-template id="26379"]

  9. Membangun Relasi Bisnis

    Demi mencapai cara mengembangkan bisnis yang sukses, maka Anda juga bisa membangun relasi yang luas dengan pebisnis lainnya, di mana cara ini dapat menguntungkan usaha Anda.

    Langkah pengembangan usaha ini juga memberikan kerja sama supaya bisnis yang dijalani semakin berkembang. Misalnya Anda bekerjasama dengan distributor atau reseller di jaringan franchise.

  10. Memanfaatkan Sumber Daya

    Cara mengembangkan bisnis online atau offline juga bisa dengan memanfaatkan sumber daya yang ada misalnya menggunakan aset dalam perusahaan supaya bisnis menjadi lebih maju.

    Biasanya sumber daya ini bisa kinerja karyawan, penawaran produk, gedung, peralatan, dan aset lainnya agar bisa digunakan dengan baik.

  11. Rutin Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan Bisnis

    Memiliki bisnis yang berkembang tentunya Anda pasti akan memperhatikan pengeluaran serta pemasukan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

    Oleh karena itu catatlah pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda supaya Anda memiliki pembukuan yang rapi dan tidak merugikan bisnis Anda.

Itulah beberapa cara mengembangkan usaha yang mudah agar bisa diterapkan ke dalam bisnis Anda. Dengan memahami strateginya, maka bisnis yang Anda jalani bisa lebih menguntungkan.

Anda pun juga bisa mengevaluasi produk yang bisa menghasilkan pendapatan tertinggi. Karena adanya pendapatan merupakan indikator penting dalam mendukung bisnis Anda menjadi lebih berkembang.

Namun memiliki pendapatan yang banyak saja tidaklah cukup, karena Anda harus memperhatikan pembukuan atas transaksi perusahaan. Nah, seperti apa pembukuan Anda? Jika masih manual, Anda perlu melakukan inovasi dalam teknologi.

Salah satunya yaitu dengan melakukan daftar untuk uji coba pada software pembukuan Harmony. Apa sih Harmony itu? Harmony adalah cara mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha Anda mudah dikelola karena terdapat 20 lebih jenis laporan keuangan secara real time.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram