Harmony Blog

10+ Cara Mempertahankan Pelanggan Yang Bisa Diterapkan Dalam Bisnis

Diposting Mei 18th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Cara Mempertahankan PelangganPin

Masih bingung cara mempertahankan pelanggan? Sebagai pebisnis, ini merupakan suatu hal yang perlu Anda kuasai dalam berbisnis.

Cara mempertahankan pelanggan yang tepat akan membantu Anda menjaga loyalitas pelanggan dan pendapatan yang lebih stabil.Click to Tweet

Bicara tentang pelanggan, tentunya menemukan pelanggan baru juga membutuhkan lebih banyak usaha dan biaya dibandingkan mempertahankan pelanggan yang sudah Anda miliki sekarang.

Nah, agar pelanggan Anda tidak berpindah tempat ke toko lain, Anda juga harus mampu membuat mereka tetap merasa puas pada produk dan layanan yang Anda berikan.

Sebab apabila tingkat kepuasan pelanggan semakin tinggi maka kemungkinan besar konsumen akan terus datang untuk melakukan pembelian di toko Anda. Karena kepuasan dan loyalitas pelanggan merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan dalam bisnis.

Selain itu dalam mempertahankan pelanggan, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara Anda memasarkan suatu produk Anda kepada konsumen. Baik pemasaran produk kerajinan, produk makanan, dan lainnya.

Untuk menarik minat pelanggan dalam membeli produk Anda secara berulang, maka Anda perlu menerapkan strategi pemasaran STP. Dengan begitu strategi pemasaran Anda akan lebih efektif dan lebih terkontrol.

Lalu, bagaimana caranya? bagi Anda pebisnis yang mungkin sudah memiliki konsumen. Ingin mempertahankan loyalitas pelanggan Anda? Berikut ini akan dibahas lebih lengkap mengenai cara mempertahankan pelanggan pada bisnis Anda.

  1. Pastikan Produk Anda Lebih Unggul

    Dengan membuat produk Anda lebih unggul dari kompetitor lain tentu bisnis Anda akan mendapatkan pelanggan baru. Sehingga loyalitas pelanggan akan terwujud dan akhirnya melakukan pembelian kembali di toko Anda.

    Pastikan jika produk anda lebih unggulPin

    Hal ini harus Anda perhatikan di awal, sebab sebagus apapun pelayanan yang Anda tawarkan, jika produk yang Anda miliki kurang dan tidak memiliki keunggulan dari kompetitor lain.

    Maka kemungkinan pelanggan Anda akan berpindah tempat ke kompetitor lain yang memiliki kualitas produk lebih unggul dan bagus.

  2. Follow Up Konsumen Anda

    Cara mempertahankan pelanggan agar tetap kembali untuk membeli produk Anda ialah melakukan follow up kepada konsumen.

    Jika konsumen Anda sudah melakukan pembelian pada toko Anda, maka Anda tidak boleh mengabaikan konsumen setelah mereka melakukan pembelian.

    Cara mempertahankan pelanggan tersebut dapat Anda lakukan dengan tetap terhubung pada konsumen Anda, misalnya menanyakan bagaimana dengan produk yang ia beli. Apakah cocok dengannya atau tidak, adakah kritik untuk menciptakan produk baru yang lebih baik lagi.

    Dengan adanya rencana strategi seperti inilah Anda dapat membangun loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan akan tetap terjaga dan Anda tidak akan kehilangan konsumen.

  3. Buat Program Loyalitas Konsumen

    Cara mempertahankan pelanggan selanjutnya adalah dengan membuat sebuah program loyalitas pada konsumen Anda. Program loyalitas ini tentu sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis di  Indonesia.

    Tujuan dari program ini ialah untuk memberikan hadiah kepada konsumen yang telah setia membeli produk-produk Anda. Di sini Anda dapat menawarkan kartu keanggotaan dan memberikan poin setiap kali mereka melakukan pembelian.

    Poin ini nantinya dapat ditukarkan dengan voucher atau diskon. Anda juga bisa menawarkan program loyalitas bertingkat, misalnya mereka yang berstatus VIP atau gold bisa mendapatkan lebih banyak diskon dan akses lebih cepat ke produk-produk khusus.

  4. Memberikan Kesan yang Baik Pada Pelanggan

    Bisnis yang diingat oleh pelanggan adalah bisnis yang berkesan. Caranya dapat Anda lakukan dengan :

    • Menampilkan sebuah visual yang menarik pada website, media sosial, atau email bisnis Anda.
    • Pastikan bahwa website bisnis Anda memiliki kecepatan loading yang tinggi, sehingga konsumen dapat lebih mudah untuk mengunjungi website Anda.
    • Pastikan bahwa website Anda responsif. Artinya, tampilannya harus tetap bagus walaupun konsumen Anda membuat website tersebut melalui perangkat mobile.
    • Navigasi website harus dibuat semudah mungkin, tujuannya agar konsumen Anda tidak akan bingung saat mencari apa yang mereka inginkan.

    Menampilkan sebuah visual yang menarik pada website, media sosial, atau email bisnis Anda.

  5. Mendekatkan Bisnis Anda dengan Pelanggan

    Apabila Anda tidak mendekatkan diri dengan pelanggan, maka hubungan Anda dengan mereka tentu hanya sebatas hubungan jual beli saja.

    Mendekatkan bisnis dengan pelangganPin

    Namun berbeda halnya jika bisnis Anda berhasil membangun hubungan personal dengan konsumen.

    Untuk mendekatkan bisnis Anda kepada pelanggan, Anda dapat menanyakan pada mereka produk apa yang sedang mereka butuhkan dan inginkan.

    Dengan diawali pertanyaan tersebut, maka Anda akan mendapatkan berbagai informasi penting untuk mendapatkan hati konsumen.

    Maka dengan adanya pelayanan yang baik seperti itulah, konsumen akan merasa senang dan akan melakukan pembelian kembali di toko Anda.

  6. Menyediakan Saluran Informasi yang Lengkap

    Cara mempertahankan pelanggan agar selalu membeli produk jualan Anda ialah dengan memastikan bisnis Anda menyediakan saluran komunikasi dan informasi melalui platform seperti email, website, akun media sosial seperti Instagram, Facebook dan lainnya, live chat, serta telepon.

    Dengan adanya saluran informasi tersebut maka bisnis Anda akan semakin terhubung dengan para pelanggan. Anda juga bisa dengan mudah untuk menyampaikan berbagai informasi penting seperti update produk atau info promo.

    Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis

  7. Memberikan Bonus Pada Konsumen

    Cara mempertahankan pelanggan selanjutnya ialah dengan menawarkan bonus pada mereka. Sebab siapa yang tidak tertarik dengan kata ‘’gratis’’ dalam melakukan pembelian?

    Apabila Anda rutin menawarkan bonus yang sesuai dengan minat pelanggan, pasti pelanggan akan tertarik untuk mengunjungi bisnis Anda dari waktu ke waktu.

    Lalu apa saja jenis bonus yang dapat ditawarkan pada konsumen? Berikut contoh seperti:

    • Potongan harga.
    • Gratis ongkir.
    • Promo seperti beli 1 gratis 1.
    • Mendapatkan produk gratis, apabila pelanggan sudah melampaui batas pembelian yang sudah ditetapkan pebisnis.
  8. Keuntungan Timbal Balik

    Melakukan penjualan tidak hanya semata-mata mencari keuntungan perusahaan saja, tetapi juga salah satu cara mempertahankan pelanggan melalui pemberian keuntungan bagi konsumen yang membelinya.

    Apabila kedua belah pihak merasakan keuntungan, maka kemungkinan seseorang konsumen untuk meninggalkan usaha Anda juga lebih sedikit.

    Sebab baik pembeli dan juga penjual merasa saling membutuhkan dan akan setia sama sama lain.

  9. Kemudahan dalam Bertransaksi

    Seperti sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang bersaing untuk memperebutkan hati seorang konsumen dengan cara mempertahankan pelanggan melalui mempromosikan produk dalam berbagai cara.

    Kemudahan dalam bertransaksiPin

    Namun untuk mempertahankan pelanggan dan menambah loyalitas pelanggan tersebut, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara bertransaksi di toko yang Anda miliki.

    Buatlah sistem transaksi semudah mungkin dan sesederhana mungkin agar pelanggan merasa nyaman.

    Selain itu sediakan juga alat pembayaran yang bisa diterima, dan buatlah loket pembayaran dalam jumlah yang cukup agar pembeli tidak perlu mengantri lama. Maka konsumen akan merasa nyaman berbelanja.

  10. Penawaran Menarik

    Dengan adanya penawaran yang menarik juga sangat diperlukan untuk mencari cara mempertahankan pelanggan yang setia.

    Cobalah dengan menawarkan produk limited edition kepada pelanggan terlebih dahulu baru kemudian ditawarkan pada konsumen umum.

    Pelanggan yang mendapatkan sebuah penawaran menarik tersebut maka akan merasa lebih dipentingkan sehingga mereka juga akan lebih mementingkan perusahaan Anda, dan pelanggan Anda akan tetap bertahan pada bisnis Anda.

  11. Meningkatkan Performa Karyawan

    Apabila bisnis retail Anda memiliki toko fisik, maka sangat penting bagi Anda untuk melakukan cara ini. Sebab staf merupakan sebuah cerminan dari brand yang Anda miliki.

    Apabila brand Anda dikenal baik oleh publik, maka tunjukkanlah bahwa orang-orang yang berada di baliknya juga sama baiknya.

    Maka latihlah karyawan Anda untuk bersikap ramah, sopan dan bekerja secara profesional kepada pelanggan.

  12. Membuat Komunitas Pelanggan

    Cara mempertahankan pelanggan adalah dengan membuat komunitas yang berisikan orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap sebuah produk Anda.

    Selain itu Anda juga bisa mengajak pelanggan baru untuk bergabung ke grup yang berisi pelanggan yang sudah loyal.

    Hal ini bisa membangun loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk ikut loyal juga dengan produk Anda. Strategi ini tentu sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis lainnya.

Itulah beberapa cara mempertahankan pelanggan yang perlu Anda terapkan dalam bisnis Anda. Lalu manakah yang sudah Anda terapkan dalam bisnis Anda?

Teruslah mengeksplorasi berbagai cara yang dapat Anda lakukan dalam mempertahankan pelanggan Anda agar bisa memperoleh hasil terbaik. Selain itu pastikan bahwa Anda memiliki perencanaan yang matang untuk penganggaran biaya bisnis dalam mendapatkan hasil yang optimal.

Ingin tahu software yang dapat membantu Anda? Inilah Harmony Accounting Software, merupakan software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan secara realtime.

Memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda serta mudah dalam penggunaan, lalu tunggu apa lagi?

Yuk gunakan teknologi akuntansi Harmony sekarang juga. Dapatkan pelatihan video tutorial secara online, lifetime customer support dan Gratis 30 Hari untuk software Harmony dengan mendaftarkan akun Anda di sini.

Ikuti perkembangan dunia bisnis, perpajakan, keuangan, dan lainnya, melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony