Dengan semakin berkembangnya zaman, tentu teknologi sudah menjadi suatu solusi efektif untuk mengatasi berbagai masalah. Tidak terkecuali dalam bidang marketing. Webinar adalah salah satu media yang mulai digunakan untuk membagikan informasi.
Dalam dunia bisnis pada saat ini tentu sudah banyak sekali pesaing, ada beberapa hal yang harus diurus. Mulai dari setiap kualitas produk, harga produk, strategi marketing, dan sampai dengan customer service.
Namun meski begitu, sudah banyak bisnis yang bertumpu pada strategi marketing untuk memenangkan persaingan, salah satu strategi pemasaran yang sedang banyak dilakukan ialah webinar.
Jika Anda sedang mencari strategi marketing baru, Anda mampir ke tempat yang tepat. Webinar adalah strategi pemasaran produk yang paling banyak diminati oleh setiap kalangan pebisnis.
Di sini kami Anda merangkum semua hal yang perlu Anda ketahui mengenai webinar. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memahami lebih jelas mengenai webinar, simak artikel berikut ini.
Table of Contents
Arti webinar adalah singkatan dari kata web dan seminar, yaitu sebuah kegiatan seminar yang dilakukan melalui sebuah situs web ataupun aplikasi tertentu yang berbasis internet.
Webinar adalah salah satu dari rencana strategi pemasaran yang efektif di era digital pada saat ini. Selain itu webinar adalah salah satu media komunikasi yang personal dan interaktif.
Namun di saat yang sama, Anda juga melakukannya dengan begitu banyak orang. Sehingga strategi pemasaran Anda bisa mencakup kualitas dan kuantitas sekaligus.
Adapun fungsi yang terdapat dalam sebuah webinar, berikut fungsinya yaitu:
Sama halnya dengan mengumpulkan anggota yang memiliki satu kesamaan. Seperti halnya dengan leads yang sudah Anda kumpulkan merupakan orang-orang yang tertarik dengan tawaran webinar Anda.
Para peserta webinar adalah orang-orang yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi yang Anda tawarkan.
Apabila Anda ingin mengetahui seperti apa hasil promo atau campaign yang sudah dilakukan, maka langkah selanjuntnya adalah dengan membuat kuesioner melalui webinar.
Kemudian apabila Anda ingin membutuhkan suatu inovasi terbaru maka Anda bisa menyiapkan pertanyaan yang relevan sehingga peserta webinar Anda bisa memberikan jawaban mereka dengan cepat.
Jika Anda memilih alat pemasaran seperti webinar untuk memberikan sebuah informasi mengenai campaign terbaru atau peluncuran produk, maka hal yang harus Anda lakukan adalah memberikan sebuah kualitas materi yang bagus bagi peserta webinar Anda.
Sebab contoh webinar yang berkualitas adalah sebuah contoh webinar yang dapat memberikan manfaat maupun solusi untuk banyak orang, terutama bagi calon konsumen yang sedang mencari sebuah produk yang mereka perlukan.
Selain tujuan webinar dapat memberikan materi yang cukup bermanfaat bagi calon konsumen Anda. Selanjutnya fungsi dan tujuan webinar ialah bisa membagikan informasi mengenai keunggulan produk yang Anda miliki.
Hal ini tentu tidak ada masalah apabila Anda menyelipkan sebuah iklan di tegah materi. Terlebih jika Anda menggunakannya sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang ada pada calon konsumen Anda.
Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis
[elementor-template id="26379"]
Berikut di bawah ini terdapat beberapa tahap atau cara dalam menyusun webinar yang tepat dan berkualitas. Anda dapat mencoba menerapkan setiap langkah berikut.
Hal yang harus Anda lakukan dalam memulai webinar adalah menentukan topik dan tujuan dari pembuatan webinar terlebih dahulu. Pastikan bahwa topik yang akan Anda bahas merupakan topik yang sedang trending dan banyak di bahas akhir-akhir ini.
Kemudian Anda juga harus melakukan riset mengenai target user yang nantinya akan Anda tuju, agar setiap topik dan tujuan yang sudah Anda rencanakan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh user.
Hal tersebut dikarenakan webinar adalah sebuah strategi pemasaran yang dapat meningkatkan brand awareness produk Anda. Maka dari itu pastikan untuk selalu mempersiapkan segala hal agar pelanggan tertarik untuk menggunakan produk Anda, seperti contoh pada pemasaran produk kerajinan atau jasa bisnis Anda .
Selanjutnya Anda juga harus menentukan media apa yang nantinya akan Anda gunakan dalam melakukan webinar. Misalnya Anda dapat menggunakan aplikasi zoom, google meet, atau aplikasi webinar lainnya.
Peserta webinar atau calon konsumen akan nyaman apabila contoh webinar yang diselenggarakan tepat pada waktunya dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.
Apabila peserta yang sudah masuk masih dalam jumlah yang sedikit, itu tidak menjadi suatu masalah. Anda bisa memulai webinar dengan mengisi waktu dengan menyapa peserta webinar satu per satu dan bercerita tren bisnis terbaru. Hal tersebut Anda lakukan sekaligus menunggu peserta lainnya untuk masuk dalam sesi webinar Anda.
Sebab jika webinar yang Anda lakukan terlambat dan tidak tepat waktu dikarenakan menunggu peserta yang lainnya masuk dalam sesi webinar Anda. Maka hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya awareness pada konsumen mengenai produk atau webinar Anda.
Hal terakhir yang Anda lakukan adalah menyedikan sesi tanya jawab kepada peserta webinar Anda. Sebab tujuan webinar dalam menyiapkan sesi tanya jawab ini, tentu mampu menciptakan komunikasi yang baik antara pebisnis dan calon konsumen untuk berbagi informasi mengenai produk Anda dan menjaga agar sesi webinar bisa berkualitas.
Itulah pembahasan mengenai manfaat webinar dalam melakukan strategi pemasaran. Bukan saja perkembangan teknologi untuk pemasaran saja yang kini sedang berkembang pesat.
Kini juga sudah ada perkembangan teknologi yang hampir merambah ke seluruh bagian di dalam perusahaan. Termasuk bagian akunting atau keuangan perusahaan Anda yang tidak bisa dilepaskan dari teknologi.
Software akuntansi Harmony merupakan teknologi terbaru untuk membantu divisi keuangan dalam membuat laporan keuangan, pembukuan, jurnal transaksi, neraca, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan keuangan usaha.
Fitur-fiturnya sangat mudah dimengerti sehingga sangat cocok untuk setiap orang yang menggunakan. Daftarkan diri Anda di sini sekarang juga, untuk menikmati promo FREE Harmony Accounting Software selama 30 hari. Untuk info lebih lanjut, Anda juga bisa update melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.