Harmony Blog

Visual Merchandising, Strategi Pemasaran yang Perlu Dilakukan Dalam Ritel

Diposting Sep 16th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

visual merchandisingPin

Bagi pebisnis ritel, visual merchandising adalah strategi pemasaran dasar yang perlu dipahami. Siapapun yang pernah masuk ke toko ritel atau minimarket, pasti pernah melihat contoh visual merchandising secara langsung.

Visual merchandising adalah praktik pemasaran yang menggunakan elemen seperti denah lantai, warna, pencahayaan, tampilan, teknologi, dan elemen lainnya agar menarik perhatian pengunjung. Tujuan utama visual merchandising adalah membuat toko atau bisnis ritel menghasilkan lebih banyak penjualan.

Visual merchandising merupakan strategi menarik perhatian konsumen yang datang ke toko atau usahaClick to Tweet

Maka itu, bisa dikatakan visual merchandising adalah keajaiban kreativitas secara komunikasi non verbal. Dengan perpaduan teknik pemasaran, pengetahuan bisnis ritel, serta kreativitas agar tata ruang dan interior bisnis ritel bisa menyajikan stok barang secara atraktif.

Contoh Visual Merchandising Adalah

Anda bisa melihat contoh visual merchandising secara langsung pada beberapa elemen tata ruang bisnis ritel. Seperti:

  • Instalasi jendela
  • Tata letak di dalam toko
  • Layar interaktif
  • Rak barang
  • Tata letak di meja kasir
  • Poster
  • Tampilan monitor promosi/ event
  • Patung manekin, dll

Apa Saja Manfaatnya?

Semua jenis toko atau bisnis ritel bisa memperoleh keuntungan dari visual merchandising. Di antaranya:

  • Meningkatkan Branding Bisnis Ritel

    Tampilan visual merchandising yang unik, bisa mencerminkan nilai dan budaya brand Anda. Sehingga, lebih mudah diingat dan dikenal konsumen.

  • Melibatkan Pembeli

    Toko atau bisnis ritel yang ramah pembeli mencerminkan kesan positif. Pengunjung akan senang berkunjung lagi di masa mendatang.

  • Meningkatkan Penjualan

    Inilah tujuan utama visual merchandising. Pengunjung bisa dibantu mendapatkan produk atau solusi kebutuhannya. Misalnya, patung manekin diberikan model pakaian yang sedang trend untuk menginspirasi gaya pakaian pembeli. Bahkan, bisa saja menarik minat pembeli untuk pre-order barang.

Bisnis ritelPin

Strategi Visual Merchandising Yang Paling Umum Dalam Bisnis Ritel

Tentunya Anda sudah sering melihat beberapa hal yang menarik perhatian Anda ketika datang sebuah toko. Mungkin Anda ingin menerapkan hal tersebut pada bisnis Anda. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini strategi yang perlu Anda perhatikan.

  • Warna

    Warna dianggap sebagai komponen kunci dari visual merchandising yang dapat mempengaruhi pilihan konsumen.

    Toko atau bisnis ritel akan terlihat lebih menarik secara visual, dan mendorong pengunjung untuk segera masuk ke toko. Contoh visual merchandising adalah warna merah dan oranye di pintu masuk. Kedua warna ini bisa menarik pengunjung untuk segera masuk ke toko.

    Sedangkan, warna biru dan hijau membuat toko atau bisnis ritel terasa sejuk dan tenang.

  • Signage

    Alat peraga seperti signage bisa bertindak sebagai salesman. Tampilkan layar running text untuk menginformasikan denah lokasi atau rak barang sesuai kategori.

    Hal ini bisa menambah kenyamanan pengunjung yang belum paham atau pertama kali berkunjung ke lokasi bisnis ritel Anda.

    Pasang papan atau layar signage yang tepat agar mampu menarik perhatian pelanggan dalam waktu 10 detik sejak memasuki toko.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Pencahayaan

    Lampu atau pencahayaan juga menjadi aspek penting dari tampilan visual merchandising. Terutama, toko atau bisnis ritel yang kebanyakan indoor.

    Usahakan agar proporsi cahaya dan bayangan yang tepat dalam segi visual. Sebab, dapat menonjolkan atau menyembunyikan detail produk, bahkan bisa mengubah warna produk.

  • Tampilan Jendela

    Jendela toko atau bisnis ritel di bagian depan adalah magnet untuk mendatangkan pelanggan. Biasanya, dipakai untuk menampilkan produk yang baru tiba, produk terlaris, produk promosi, atau menciptakan citra merek/ image brand.

    Buatlah agar lebih fokus pada sudut pandang visual dan selalu update secara berkala untuk meningkatkan penjualan. Contoh visual merchandising adalah menampilkan cerita atau tema berbeda sesuai trend yang berlangsung.

  • Musik

    Banyak bisnis ritel yang tidak memerhatikan elemen strategi visual yang satu ini. Padahal, menurut para pakar, musik yang berirama cepat, akan membuat pengunjung juga antusias untuk membeli atau mengambil keputusan saat berbelanja.

    Sedangkan, musik irama lambat, lebih menenangkan dan menciptakan suasana santai di dalam toko. Beberapa lagu juga dapat meningkatkan mood pengunjung dalam waktu singkat.

Dalam mempersiapkan strategi pemasaran apapun, bisnis juga perlu menyediakan alokasi anggaran dana sesuai rencana strategis. Untuk itu, pastikan agar pengelolaan keuangan bisnis sudah berjalan rapi dan sistematis.

Percayakan software akuntansi online dari Harmony yang mendukung manajemen keuangan bisnis Anda. Harmony accounting software dapat menjadi solusi pembukuan bisnis dan pengelolaan keuangan tanpa ribet.

Telah dipercaya ribuan pebisnis dalam berbagai bidang untuk mendapatkan laporan keuangan dengan cepat dan mudah serta Anda selaku pemilik bisnis bisa memantau pengelolaan keuangan secara real time dan dimanapun.

Cobalah GRATIS aplikasi Harmony selama 30 hari tanpa biaya apapun, klik di sini. Dapatkan inspirasi bisnis menarik lainnya, dengan follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK