Harmony » Blog » 

Virtual Event Menjadi Strategi Marketing Kekinian Yang Perlu Dipertimbangkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 27, 2021

Akibat diterjang pandemi COVID19, banyak aktivitas masyarakat yang berubah. Termasuk, munculnya trend baru yaitu virtual event. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, virtual event adalah solusi bagi penyelenggara acara agar tetap bisa melaksanakan event tanpa harus melanggar protokol kesehatan.

Virtual event adalah acara online yang melibatkan banyak orang dengan interaksi secara virtual, tanpa kehadiran secara fisik di lokasinya.Click to Tweet

Utamanya dalam hal kerumunan serta tetap jaga jarak. Bahkan, virtual event dijadikan rencana strategis untuk menjangkau calon pelanggan secara nasional dan global.

Rupanya, dari hari ke hari, virtual event adalah salah satu strategi pemasaran yang menarik bagi banyak bisnis dan brand. Meskipun pandemi masih ada, namun dengan event secara virtual, kegiatan masih bisa dilangsungkan.

Sebagai contoh, ketika ingin launching produk. Kini, virtual event adalah strategi pemasaran produk yang menjadi favorit pebisnis. Terbukti pada 2020, sudah ada lebih dari 1 juta virtual event yang pernah diselenggarakan oleh platform Eventbrite. Angka ini tidak termasuk platform terkenal lainnya seperti Zoom atau Google Meet.

Apa Itu Virtual Event?

Sebelum membahas strategi pemasaran produk menggunakan virtual event, Anda perlu memahami apa itu virtual event. Jadi, virtual event adalah acara yang digelar secara online dengan melibatkan banyak orang.

Contoh virtual event adalah webinar, webcast, atau launching produk di Shopee Live. Definisi paling dasar virtual event adalah acara online yang melibatkan banyak orang dengan interaksi secara virtual, tanpa kehadiran secara fisik di lokasinya.

Kelebihan Virtual Event

Tak disangka, sekalipun virtual event itu tidak bertemu secara fisik. Namun, ternyata event secara virtual pada 2020, jumlahnya melesat hingga 1000%.

Selain komunikasi verbal yang lancar dan atraktif, komunikasi non verbal seperti ekspresi wajah ramah dan senyuman juga perlu ditunjukkan ketika terlibat dalam virtual event. Sebab, event secara virtual terkadang hanya menampilkan wajah secara close up para pesertanya.

Kelebihan Virtual Event Dalam Strategi Marketing

Ada banyak manfaat yang diambil dari terselenggaranya event secara virtual bagi penerapan strategi marketing. Apa saja? Simak ulasan berikut.

  1. Hemat Biaya

    Bayangkan betapa banyak biaya operasional ketika menggelar suatu acara pada umumnya. Menyewa gedung, sound system, tata panggung, hingga membayar pihak-pihak lain yang terlibat, seperti: catering, driver, dll.

    Namun, dengan event secara virtual semua biaya-biaya ekstra ini bisa dipangkas. Kelebihan virtual event dalam strategi marketing, terutama dari segi efisiensi biaya tentunya akan sangat membantu pengelolaan budget bisnis.

    Jika mungkin Anda ingin menggelar acara launching atau promo produk yang efisien biaya, ide event online adalah jawaban ideal.

    Baca Juga: 7 Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien

  2. Lebih Dekat dan Interaktif

    Ide event online lainnya yang bisa dicoba adalah alokasikan dana Anda untuk memberikan rewards seperti doorprize atau giveaway ke para peserta event virtual. Sudah pasti, hal ini akan semakin meningkatkan minat dan animo para penonton event secara virtual Anda.

    Selain itu, kelebihan virtual event pada poin kedua ini adalah pembicara atau pengisi acara bisa lebih dekat dan interaktif dengan penonton. Kenapa? Penonton menatap langsung pembicara secara close up di layar gadget masing-masing.

    Dengan begitu, para penonton event secara virtual juga lebih fokus dan merasa lebih dekat dengan pembicara webinar serta memahami materi yang disampaikan.

  3. Fleksibilitas Waktu dan Tempat

    Jika dulu penyelenggara seminar harus memesan hotel dan para peserta juga harus meluangkan waktu untuk datang, kini virtual event membuat terobosan baru.

    Menghadiri event secara virtual seperti webinar atau webcast, tidak perlu ribet! Cukup nyalakan laptop atau HP, Anda sudah bisa “hadir” dan mendapatkan ilmu tambahan dari pembicara.

    Hal ini akan sangat memudahkan kedua pihak, baik penyelenggara, pembicara, dan peserta. Fleksibilitas waktu dan tempat adalah salah satu kelebihan virtual event yang sangat layak dipertimbangkan.

    Bahkan, tidak aneh jika peserta webinar mengikuti event secara virtual yang digelar di belahan dunia lainnya. Contohnya, orang Indonesia mengikuti virtual event yang dilangsungkan di Swiss.

    [elementor-template id="26379"]

  4. Mendapatkan Relasi dan Jaringan Marketing

    Keikutsertaan dalam event secara virtual juga bisa menambah rekan bisnis serta jangkauan marketing yang lebih luas. Hampir lebih dari 70% peserta event secara virtual seperti webinar, menjalin koneksi agar bisa mendapatkan partner bisnis yang prospektif. Maka itu, seringkali event secara virtual banyak diminati masyarakat.

    Terlebih lagi, jika ide event online membahas bisnis atau UMKM. Di sini, peserta bisa saling berdiskusi atau bertanya untuk mendapatkan pencerahan terkait kendala yang dihadapi usaha. Kelebihan event secara virtual tidak hanya mendapatkan wawasan baru, namun juga menambah relasi dan jaringan pemasaran.

  5. Memperoleh Analisis Data

    Penyelenggara event secara virtual bisa mendapatkan data-data terperinci untuk dianalisis sebagai strategi pemasaran. Sebagai contoh, perusahaan A yang bergerak di bidang produk susu bayi, membuat seminar bertema tumbuh-kembang balita.

    Sasaran atau target pesertanya adalah kalangan orang tua, muda usia 20-35 tahun. Dari penyelenggaraan event secara virtual, nantinya bisa diperoleh data demografis para peserta yang menjadi bahan pengembangan strategi marketing selanjutnya.

    Data-data tersebut, meliputi: nama peserta, email peserta, usia, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi, dll.

    Sehingga, perusahaan akan lebih mudah mengidentifikasi siapa-siapa saja yang lebih potensial dijadikan konsumen.

Selain itu, perusahaan juga bisa mengetahui jenis produk atau layanan apa yang paling disukai, serta berbagai feedback penting dari peserta mengenai produk perusahaan.

Dengan virtual event, harapannya penjualan semakin meningkat dengan strategi marketing yang efektif sekaligus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Nah, jika itu semua sudah berjalan dengan baik, tentunya pencatatan atas penjualan produk perlu dilakukan secara teratur, modern dan praktis setiap harinya.

Yuk, manfaatkan Software Akuntansi Harmony untuk mendukung kelancaran sistem pembukuan dan laporan keuangan bisnis Anda.

Coba pakai Software Akuntansi Harmony sekarang, GRATIS 30 hari melalui tautan ini untuk membuktikan kemudahan fitur-fiturnya. Anda juga bisa mendapatkan update dan info menarik lainnya di media sosial kami, dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram