Harmony Blog

User Generated Content (UGC) : Ketahui Peran Penting dan Tips Memaksimalkannya

Diposting Sep 6th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

User Generated ContentPin

Lewatlah sudah hari-hari ketika semua konten yang ditampilkan dibuat oleh para fotografer, videografer, atau desainer profesional. Sekarang, adalah zamannya user generated content atau UGC. User generated content adalah konten yang dibuat oleh masyarakat umum sendiri berbekal smartphone dan dibagikan secara online.

Bagi pemasar dan bisnis era kekinian, user generated content adalah strategi pemasaran yang harus dimaksimalkan. Sebab, dikombinasikan dengan konsep pemasaran holistik yang tepat, UGC bisa memengaruhi branding awareness dan loyalitas pelanggan.

UGC bisa mewakili brand untuk memperkenalkan sejauh mana fitur dan manfaat yang diberikan kepada konsumen.Click to Tweet

UGC adalah singkatan dari user-generated content. Menurut pengertian umum, user generated content adalah segala bentuk konten seperti teks, gambar, video, ulasan, testimoni, atau postingan yang dibuat individu (bukan brand) untuk dipublikasikan ke jaringan online atau media sosial.

User Generated Content Adalah Content Marketing

Katakanlah, Diana sedang liburan akhir pekan dan menginap di hotel ternama yang bagus. Kemudian, Diana memposting beberapa foto-foto selama menginap dan membagikannya ke medsos, seperti Facebook atau Instagram.

Selanjutnya, para pengikut atau followers akan melihat geotag dan nama hotel yang ditampilkan tadi. Melihat betapa keren dan bagus hotel tersebut, para followers akhirnya juga ikut-ikutan mencoba menginap di hotel tersebut. Inilah salah satu strategi content marketing pada UGC yang mendukung penjualan Anda.

Apa itu user generated contentPin

Uniknya lagi, semua konten, foto, video, dll, dibuat sendiri oleh Diana sebagai pengguna medsos. Tindak lanjutnya, pihak hotel akan menjumpai konten atau foto Diana tadi, dan memposting ulang di akun medsos resmi hotel.

Artinya? Di sini user generated content (UGC) atau content marketing sudah berjalan, dan pihak hotel sebagai pemilik brand sudah memanfaatkan user generated content (UGC) dalam strategi pemasaran.

Peran Penting User Generated Content Adalah

Bisnis mulai memperhatikan UGC sejak tahun 2005, saat jejaring sosial mulai naik daun. Potensi UGC juga sangat besar dalam content marketing dan menambah keterlibatan audiens.

Peran penting UGC adalah sebagai berikut:

  1. User Generated Content (UGC) Berdampak Pada Branding

    Setiap hari content marketing dibuat oleh para pengguna medsos. Setidaknya ada 350 juta foto yang diunggah ke Facebook, 95 juta foto dan video dibagikan di Instagram, serta lebih dari 500 juta tweet diposting di Twitter.

    UGC bisa mewakili brand untuk memperkenalkan sejauh mana fitur dan manfaat yang diberikan kepada konsumen. Ditambah lagi, kini membuat UGC juga cukup berbekal smartphone, membuat content marketing makin mudah dibuat.

    Data menunjukkan bahwa user generated content menjadi sumber content marketing yang paling terpercaya, mudah diingat, dan berpengaruh bagi keseimbangan pasar.

  2. User Generated Content (UGC) Menginspirasi Loyalitas Pelanggan

    Brand yang memanfaatkan user generated content (UGC) dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebab, antara brand dan audiens bisa saling berinteraksi dan menjalin hubungan yang dekat.

    UGC memungkinkan konsumen merasa seperti bagian dari brand, bukan sekadar penonton saja. Hasil dari lebih banyak UGC dalam pemasaran, berarti tingkat antusiasme dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi.

  3. User Generated Content (UGC) Memengaruhi Konsumen

    Semakin banyak brand memakai user generated content (UGC), semakin menginspirasi orang untuk membeli produk/ jasa. Sekitar 80% konsumen membeli karena terpengaruh user generated content (UGC).

    Sebagai perbandingan, hanya 8% konsumen yang mengatakan bahwa content marketing dipengaruhi oleh influencer atau selebriti medsos. Jadi, UGC jauh lebih berpengaruh 10x lipat ketimbang influencer media sosial.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tips User Generated Content (UGC) Yang Menarik

Agar user Generated Content (UGC) bisa lebih efektif untuk branding, mari coba ikuti beberapa tips berikut:

  • Tentukan tujuan yang jelas. Jenis konten apa yang akan dibuat atau apa yang ingin dipromosikan dalam content marketing tersebut.
  • Buat hashtag/ tagar unik. Ide tagar atau hashtag yang unik dan relevan bagi bisnis agar kampanye lebih menarik.
  • Berikan hadiah/ apresiasi. Penting memastikan hadiah atau apresiasi tersebut adalah sesuatu yang diinginkan audiens. Tetapi, pastikan juga hadiahnya masih relevan dengan bisnis Anda.
  • Putuskan platform media sosial mana yang ingin ditargetkan dan buat format content marketing dan kampanye relevan.
  • Berkolaborasi dengan Influencer untuk memperkuat kampanye UGC.
  • Lacak kinerja Anda secara konstan dengan tools analysis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan UGC tersebut.

UGC sebagai strategi pemasaran tentunya juga membutuhkan alokasi anggaran dan budget keuangan. Pastikan bisnis Anda sudah memakai Software Akuntansi Harmony untuk mengelola dan memantau keuangan usaha, ya.

Aplikasi Harmony sangat membantu manajemen keuangan bisnis dan bisa dipantau secara real time, kapanpun, dimanapun. Ingin buktikan fitur Harmony yang canggih? Klik tautan ini untuk GRATIS pakai 30 hari.

Share juga pengalaman Anda terkait strategi pemasaran UGC dengan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK