Harmony » Blog » 

Unique Selling Proposition (USP) : Kenali Apa itu dan Peran Pentingnya Bagi Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juli 8, 2021

Agar lebih mudah memahami unique selling proposition atau usp marketing, Anda perlu mengingat dulu, pernahkah Anda membeli suatu barang meski harganya jauh lebih mahal daripada merek lain?

Kalau pernah, bisa jadi Anda sudah termasuk dalam pelanggan target unique selling proposition atau usp marketing. Secara singkat, usp marketing atau unique selling proposition adalah suatu strategi pemasaran produk yang menonjolkan sisi keunikan dari suatu produk. Keunikan fitur atau manfaat produk inilah yang membedakan dari kompetitor.

Anda perlu meningkatkan penjualan produk secara efektif melalui iklan dengan menonjolkan unique selling proposition atau keunikan produk.Click to Tweet

Jadi, unique selling proposition adalah salah satu siasat ampuh untuk mendorong pembeli agar memiliki produk tersebut, walaupun mungkin harganya lebih mahal daripada produk lainnya.

Mengenal Pengertian Unique Selling Proposition

USP marketing atau unique selling proposition adalah konsep yang sangat penting dipakai ketika perusahaan menerapkan strategi pemasaran positioning brand. Terutama di media elektronik atau media cetak yang bersaing dengan jutaan merek lainnya.

Bagaimana pelanggan bisa mengenali dan mengidentifikasi produk Anda di tengah serbuan iklan kompetitor? Jawabannya, dengan Unique Selling Proposition atau USP marketing.

Peran Penting Unique Selling Proposition

Kuncinya, Anda perlu meningkatkan penjualan produk secara efektif melalui iklan dengan menonjolkan unique selling proposition atau keunikan produk Anda.

Setiap produk itu harus memiliki unique selling proposition sendiri. Karakteristik atau ciri khas inilah yang membuat produk berbeda dari yang lain dalam kategori serupa.

Peran Penting Unique Selling Proposition

Dalam bisnis, peran penting unique selling proposition adalah membedakan produk dengan pesaing. Sebagai contoh, ada restoran yang menjual makanan cepat saji.

Tetapi, ia ingin menonjolkan sandwich berbahan organik yang jauh lebih sehat sebagai unique selling proposition dan USP marketing. Nah, dari sini, pelanggan akan lebih tertarik.

Di mana mereka mendapatkan manfaat ganda. Yaitu, sandwich cepat saji, enak, serta jauh lebih sehat dan aman dikonsumsi dengan harga terjangkau.

Sebuah inovasi yang akan menggoda konsumen untuk membeli, benar? Maka itu, USP marketing adalah salah satu strategi marketing yang sangat ideal untuk melejitkan omset Anda.

Berikut beberapa manfaat USP marketing adalah:

  1. Menawarkan Pelanggan Keuntungan Yang Jelas

    Saat fitur atau manfaat produk Anda didukung USP marketing, audiens target akan belajar menghargai keunikan bisnis Anda. Misalnya, Anda menghadirkan layanan dukungan pelanggan 24/7 atau layanan home service selama pandemi.

    [elementor-template id="26379"]

  2. Meningkatkan Penghasilan

    Produk USP marketing yang kuat dapat meningkatkan pemasaran dan penghasilan. Sebab, memberikan pasar alasan yang jelas kenapa mereka harus membeli produk atau jasa Anda.

    Dikombinasi dengan manfaat fitur produk dan harga terjangkau, USP marketing akan sangat memperkuat posisi bisnis Anda di pasar.

  3. Kesetiaan Konsumen

    Buat apa berpaling ke produk lain, jika produk Anda mampu memenuhi kebutuhan pelanggan? Inilah yang coba dibangun dengan adanya unique selling proposition atau USP marketing.

Dengan USP marketing yang kuat, Anda bisa menentukan kondisi pasar dan memahami keinginan pelanggan. Sehingga, menambah loyalitas konsumen terhadap brand Anda.

Sudah paham kan, betapa pentingnya unique selling proposition atau USP marketing dalam rencana strategis pemasaran Anda? Jika USP marketing sukses, bisnis Anda akan lebih menonjol dan lebih mudah meningkatkan keuntungan bisnis.

Untuk mengelola profit dan pengelolaan keuangan bisnis, lengkapi sistem pembukuan usaha Anda dengan software akuntansi Harmony. Katakan selamat tinggal dengan sistem pembukuan manual yang repot berbasis kertas.

Sebab, aplikasi Harmony hadir dengan fitur dan modul akunting berbasis Cloud yang mudah dipakai, real-time, dan otomatis. Tak perlu ribet mencatat di buku besar atau spreadsheet yang menyita waktu berharga Anda.

Apa itu Harmony? Harmony yang dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.

Kini, dengan aplikasi Harmony, tugas akunting dapat diselesaikan semudah beberapa klik saja. Belum yakin apakah Software akuntansi Harmony cocok untuk bisnis Anda? Silakan COBA GRATIS selama 30 hari, daftar melalui tautan ini dan buktikan keunggulan fiturnya.

Dapatkan informasi terupdate lainnya, dengan follow dan like Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang juga.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram