Harmony Blog

5 Tips Menulis Deskripsi Produk Yang Efektif dan Menarik

Diposting Jun 23rd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Deskripsi ProdukPin

Ketika Anda berbisnis online, baik itu melalui marketplace ataupun website. Tentu ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya adalah menulis deskripsi produk yang baik.

Deskripsi produk adalah sebuah informasi yang menjelaskan produk Anda, baik itu berupa spesifikasi produk, cara penggunaan, hingga kelebihan produk.’Click to Tweet

Contoh deskripsi produk ini tentu sangatlah penting untuk diterapkan, sebab tujuannya agar produk yang Anda jual secara online dapat laku secara cepat dan pembeli tentu akan menjadi lebih yakin terhadap produk yang Anda tawarkan.

Selain itu bukan hanya produk saja yang dapat terjual cepat, menulis deskripsi produk ini juga dapat meningkatkan strategi positioning pemasaran Anda.

Deskripsi produk adalah hal yang yang perlu untuk diperhatikan dalam dunia bisnis selain foto produk. Sebab contoh deskripsi produk ini merupakan sebuah penjelasan secara lengkap mengenai produk yang dijual.

Untuk menuliskan deskripsi produk ini juga tidak boleh asal-asalan. Nah, karena itulah kita butuh tips terbaik untuk menulis deskripsi produk.

Ingin mengetahui tips apa saja yang perlu dilakukan pada saat menulis deskripsi produk? berikut akan kami jelaskan dalam artikel di bawah ini.

Kenali Konsumen Anda

Cara membuat deskripsi produk pertama ialah kenali terlebih dahulu target konsumen Anda. Hal ini dilakukan dengan cara mencari tahu terlebih dahulu bagaimana karakter ataupun perilaku konsumen Anda.

Kenali konsumen andaPin

Hal tersebut bisa Anda mulai dari memperhatikan apa yang konsumen Anda butuhkan, seberapa sering konsumen Anda mengunjungi website atau sosial media bisnis Anda, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan gaya bahasa apa yang tepat untuk membangun komunikasi dengan calon konsumen Anda.

Biasanya, gaya bahasa tersebut dapat disesuaikan dengan usia target konsumen, selera humor, dan bahkan brand image yang ingin Anda ciptakan di mata konsumen.

Baca Juga: Prinsip Etika Bisnis : Penjelasan Dan Penerapannya Dalam Bisnis

Pahami Produk Anda

Setelah Anda memahami target konsumen Anda, maka cara membuat deskripsi produk selanjutnya adalah dengan memahami produk yang Anda jual.

Memahami semua produk yang Anda jual adalah suatu hal utama dalam menulis deskripsi produk, sebab apabila Anda sudah memahami semua hal tentang produk Anda, maka Anda bisa membuat deskripsi produk yang lebih maksimal.

Agar memudahkan Anda dalam mengenali produk bisnis Anda, maka Anda dapat melakukan cara dengan teknik 5W 1H. Berikut cara membuat deskripsi produk yang maksimal yaitu:

  • Siapa target konsumen produk Anda? Anda harus memahami untuk siapa produk ini ditujukan. Di sini Anda harus menentukan audiens dari target pasar Anda. Selain itu target pasar Anda juga harus tepat agar penjualan produk bisa maksimal.
  • Apa saja dasar dari produk yang Anda jual? Anda bisa menentukan detail atribut dasar dari produk Anda seperti dimensi, bahan, fitur, dan fungsi dari produk Anda.
  • Di mana konsumen bisa menggunakan produk Anda? Hal ini menjelaskan mengenai dimana produk tersebut dapat digunakan oleh konsumen, apakah penggunaannya di dalam ruangan atau diluar ruangan, dll.
  • Kapan konsumen harus menggunakan produk Anda? Di sini Anda harus dapat mengetahui kapan produk tersebut dapat langsung digunakan oleh konsumen dan dalam jangka berapa lama produk tersebut dapat dimanfaatkan.
  • Mengapa produk Anda lebih baik dari pada produk kompetitor lainnya? Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi nilai plus produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor lainnya. Jelaskan juga fitur dan juga manfaat yang di dapat dari produk Anda.
  • Bagaimana cara kerja produk? Hal ini tentu harus Anda terapkan dalam deskripsi produk Anda, agar konsumen Anda juga mengetahui bagaimana cara kerja produk tersebut.

Dengan adanya kombinasi 5W 1H ini tentu dapat membantu Anda dalam menyusun deskripsi barang jualan Anda. Pertanyaan-pertanyaan di atas juga sangat bagus untuk Anda gunakan sebagai template deskripsi barang agar menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: Inilah Tujuan Dan Manfaat BEP (Break Even Point) Bagi Bisnis Anda

Membuat Deskripsi Produk yang Pendek dan Menarik

Hindari membuat deskripsi produk yang panjang, sebab hal tersebut dapat membuat calon konsumen akan menjadi bosan dan kebingungan karena banyak membaca.

Membuat deskripsi produk yang pendek dan menarikPin

Anda dapat menggunakan kalimat yang mudah dibaca oleh konsumen, menarik perhatian orang, sopan, dan perhatikan penempatan tanda baca agar mudah dipahami.

Sebaiknya jangan terlalu menuliskan penjelasan panjang, cukup berikan informasi penting seputar barang maupun jasa tersebut saja.

Anda juga dapat menerapkan teknik copywriting untuk menyusun deskripsi produk Anda. Copywriting tersebut tentu akan membantu Anda dalam menulis deskripsi yang maksimal agar dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

Anda hanya tuliskan deskripsi produk Anda sesuai dengan format deskripsi yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Selanjutnya Anda tinggal menyusun dan menempatkan paragraf copywriting pada deskripsi produk Anda.

Menambahkan Kalimat yang Sifatnya Sensorik

Menambahkan kalimat yang sifatnya sensorik tentu bertujuan untuk menggugah minat para konsumen ataupun pembacanya untuk membeli produk tersebut. Contoh deskripsi produk sebuah cemilan sehat, maka cobalah sisipkan kata seperti, crunchy atau kriuk, garing, dan lainnya.

Ataupun ketika Anda sedang menjual barang berupa pakaian maka Anda dapat menggunakan kata seperti lembut, halus, nyaman untuk dipakai dan lainnya. Manfaat deskripsi produk di atas tentu bertujuan untuk menarik minat pembeli Anda.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Menggunakan Kata Kunci SEO

Apabila Anda menjual sebuah produk secara online, maka dengan menggunakan kata kunci SEO tentu dapat memudahkan calon pembeli untuk menemukan produk Anda di mesin pencari.

Menggunakan kata kunci seoPin

Maka dari itu jangan lupa untuk meletakkan keyword di setiap deskripsi produk yang Anda tuliskan di website, sebab hal tersebut sangat berpengaruh di mesin pencari.

Selain itu dalam menulis keyword Anda juga perlu berpikir sebagai seorang konsumen yang akan membeli produk tersebut. Misalnya apabila Anda menjual dan mendeskripsikan produk online berupa jam tangan pria.

Maka keyword yang perlu dan sering Anda gunakan adalah jam tangan. Selain itu, Anda juga dapat membuatnya secara lebih spesifik, contoh seperti “jam tangan pria terkini”. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan calon konsumen menemukan produk yang mereka cari.

Itulah beberapa tips yang perlu untuk Anda lakukan dalam menulis deskripsi barang Anda agar menjadi lebih efektif dan menarik untuk dilihat oleh konsumen.

Manfaat deskripsi produk ini juga sangat mempengaruhi penjualan produk Anda. Sebab apabila deskripsi produk menarik, maka secara tidak langsung Anda juga akan mendapatkan konsumen yang lebih banyak lagi, dan mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda.

Namun Anda juga harus mampu menghitung laba dan rugi secara tepat untuk memastikan keuntungan perusahaan. Untuk lebih memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan tersebut, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Apa itu Harmony? Harmony yang dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.

Penasaran? Yuk, registrasi data diri Anda di sini, dan dapatkan Gratis selama 30 Hari untuk bisa menikmati segudang fitur, layanan dan manfaat yang diberikan pada bisnis Anda hanya di Harmony.

Harmony juga senantiasa menghadirkan info-info dan aktivitas terupdate di akun media sosial, follow Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK