Harmony » Blog » 

Tips Membuat Action Plan Agar Target Bisnis Tercapai

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 27, 2021

Sedang membuat rencana untuk mewujudkan visi perusahaan secara nyata? Kalau iya, persiapkan action plan yang baik. Action plan adalah suatu daftar pemeriksaan tentang langkah-langkah atau tugas yang perlu diselesaikan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

Action plan merupakan rencana taktis yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis.Click to Tweet

Action plan adalah bagian penting dari proses manajemen proyek dan membantu kinerja tim seperti sales force atau tim penjualan. Bukan hanya manajemen proyek, tetapi juga bisa dipakai sales force untuk mempersiapkan strategi penjualan lebih optimal.

Contoh Action Plan Adalah

Kita bisa melihat penerapan lebih langsung melalui contoh action plan berikut:

  • Pertama, contoh action plan adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai secara jelas.
  • Kemudian, mempersiapkan tugas/ langkah yang diperlukan dalam mencapai tujuan tersebut.
  • Melaksanakan tugas dengan tanggung jawab.
  • Menentukan tenggat waktu dan pencapaian.
  • Mendukung dengan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Terakhir, evaluasi dan analisis kemajuan yang dihasilkan.

Membuat Action Plan

Apa Saja Manfaatnya?

Keunggulan dari action plan adalah memudahkan dalam pelacakan kemajuan dan merencanakan berbagai hal secara efektif. Beberapa manfaatnya sebagai berikut:

  • Memberikan arah yang jelas dan langkah apa yang harus diambil.
  • Memiliki tujuan yang direncanakan agar tetap termotivasi sepanjang proyek dikerjakan.
  • Anda bisa melacak kemajuan sejauh mana proyek berjalan.
  • Semua langkah dicantumkan dalam daftar periksa atau action plan, sehingga Anda bisa memprioritaskan tugas sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Action Plan

Sekilas, cara membuatnya tampak mudah. Namun, ada beberapa langkah yang harus diikuti secara cermat. Berikut adalah cara membuatnya dalam langkah-langkah mudah:

  1. Tentukan Tujuan Akhir Anda

    Cara membuat rencana yang pertama adalah buat tujuan akhir yang jelas. Mulai dengan menentukan atau menganalisis solusi, kemudian tuliskan tujuan Anda. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, tentukan tujuan dengan metode SMART, yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely.

    Berikut ini contoh action plan dengan metode SMART:

    SMART Action Plan

    Spesifik – terdefinisi dengan baik dan jelas.

    Measurable/ Terukur – sertakan indikator terukur untuk melacak kemajuan.

    Attainable/ Dapat dicapai – realistis dan dapat dicapai dalam sumber daya, waktu, uang, pengalaman, dll. yang Anda miliki.

    Relevant/ Relevan – selaraskan dengan tujuan Anda yang lain.

    Timely/ Tepat waktu – memiliki tanggal penyelesaian.

  2. Buat Daftar Langkah Yang Harus Diikuti

    Cara membuat action plan selanjutnya adalah buat daftar cek untuk mencantumkan tugas yang harus diselesaikan, tanggal jatuh tempo/ deadline, dan siapa yang bertanggung jawab. Penting memastikan seluruh tim terlibat dalam proses ini dan memiliki akses ke dokumen yang sama. Jadi, setiap orang dalam tim akan menyadari peran dan tanggung jawab dalam proyek.

  3. Prioritaskan Tugas Dan Tambahkan Tenggat Waktu

    Saatnya mengatur ulang daftar rencana nyata dengan memprioritaskan tugas. Bila perlu, tambahkan tenggat waktu atau deadline yang realistis. Diskusikan dengan anggota tim yang bertanggung jawab untuk memahami perannya sebelum membuat tenggat waktu.

    [elementor-template id="26379"]

  4. Waktu Pengerjaan

    Waktu pengerjaan dapat menjadi cara membuat action plan yang membantu tim kerja tetap termotivasi dan bersemangat meskipun deadline masih jauh. Biasanya, waktu pengerjaan proyek mulai dari seminggu, dua minggu, dan lainnya.

  5. Sumber Daya Yang Dibutuhkan

    Sebelum memulai proyek, sangat penting memastikan Anda sudah memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Jika tidak ada, Anda harus membuat rencana terlebih dulu untuk membuat anggaran dan alokasi biaya yang dibutuhkan. Seperti halnya keuangan, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi sebagai action plan.

Kegiatan rencana seperti ini adalah proses penting dalam manajemen proyek apapun. Di dalamnya, termasuk pengelolaan keuangan dan anggaran usaha. Pakai Software Akuntansi Online dari Harmony untuk mempermudah tugas administratif dan pembukuan.

Aplikasi Harmony adalah perangkat lunak didukung teknologi Cloud agar Anda bisa mengakses secara real time, di mana pun berada. Pengelolaan keuangan dan melacak transaksi penjualan semudah menggerakkan jari, lewat smartphone, atau perangkat desktop. Yuk, follow, like, dan comment di akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info detailnya.

Penasaran dengan kecanggihan aplikasi Harmony? Mari coba GRATIS 30 hari, daftar di tautan ini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram