Harmony » Blog » 

Sales Force Automation (SFA): Manfaatkan Otomasi Untuk Meningkatkan Penjualan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 30, 2021

Dalam perkembangan industri dimanapun itu, dengan jenis perusahaan yang berbeda-beda, pastinya sebuah perusahaan memiliki tujuan organisasi yang sama yakni menghadirkan pelayanan terbaik seperti customer relationship management sehingga menciptakan kepuasan tersendiri bagi pelanggannya.

Namun perlu diketahui, perusahaan juga harus dapat mengelola sales force automation melalui tim penjualan atau tim pemasaran untuk mewujudkan pelayanan terbaik itu.

Mengapa? Karena sales force automation dari staf penjualan atau salesman biasanya yang berhadapan langsung dengan pelanggan, jadi dibutuhkan customer relationship management yang baik.

Sales Force Automation adalah software yang dirancang membantu tugas-tugas tertentu supaya penjualan perusahaan lebih sederhana, mudah dan cepat.Click to Tweet

Oleh karena itu, perlu strategi khusus untuk membantu tugas-tugas dari tim penjualan yakni dengan software atau aplikasi yang akan memudahkan tugas mereka. Untuk itu, perusahaan dapat menggunakan SFA (Sales Force Automation) untuk membantu manajemen operasi terutama kinerja salesman atau tim pemasaran di lapangan sekaligus meningkatkan customer relationship management.

Apa itu SFA?

SFA atau Sales Force Automation adalah sebuah aplikasi atau software yang dirancang untuk membantu tugas-tugas tertentu supaya penjualan di perusahaan menjadi lebih sederhana, mudah dan cepat. Sales force automation adalah salah satu solusi dalam membantu sales force untuk melakukan tugas repetitive sehingga mempercepat terjadinya close deal.

Apa itu SFA

Jadi dapat dikatakan sales force automation adalah strategi terbaik dalam mendorong efisiensi dalam proses penjualan perusahaan Anda. SFA ini dapat digunakan oleh manajer untuk mengelola jalur penjualan, melacak pelanggan, menghasilkan laporan dan menyesuaikan penawaran.

Untuk memahami lebih baik dan dapat mengimplementasikan SFA dengan tepat, berikut beberapa komponen SFA yang perlu Anda ketahui:

  • Contact management, berfungsi sebagai manajemen kontak dalam memperbarui daftar kontak, berbagi, membuat janji temu, melacak tugas, mengatur waktu hingga membuat daftar aktivitas.
  • Pipeline management, bertujuan untuk menyimpan segala informasi tentang siklus penjualan seperti mengelola prospek, meramalkan penjualan, memperkirakan potensi hingga mengidentifikasi prospek.
  • Sales management, komponen ini berfungsi untuk hal-hal yang berhubungan dengan pelaporan manajemen penjualan hingga ke dalam sistem yang sudah terintegrasi.

Manfaat SFA

Tentu setiap sistem memiliki manfaat bagi bisnis, salah satunya SFA. Terdapat beberapa manfaat jika Anda menggunakan sistem otomasi ini dalam penjualan bisnis

  • Efisiensi dalam jam kerja

    Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari sales force automation adalah dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga tim penjualan. Jika dulunya butuh waktu yang lama untuk menyajikan laporan data pelanggan, mencatat laporan kunjungan harian, kini dengan sales force automation Anda sudah bisa menyajikan data secara real time dan bisa diakses melalui smartphone Anda.

    Tugas-tugas penjualan yang dulunya dilakukan secara manual dan memakan waktu yang cukup lama sehingga sering terjadi kesalahan dalam data. Namun dengan SFA, staf penjualan dapat lebih mudah untuk update data tersebut kapanpun dan dimanapun karena berbasis cloud.

    [elementor-template id="26379"]

  • Berbasis cloud

    Seperti yang dijelaskan di atas, teknologi berbasis cloud di SFA sangat membantu tim penjualan dalam mengakses data. Jadi, Anda tidak perlu susah payah untuk berkomunikasi secara manual untuk bertanya mengenai nominal bon penagihan atau mengetahui ketersediaan stok dengan tim manajemen inventaris di gudang. Semua orang dapat mengakses semua data yang dibutuhkan secara online dan real time 24/7.

  • Memperkirakan trend penjualan

    Anda dapat memanfaatkan sales force automation untuk membandingkan data penjualan dahulu dengan data penjualan sekarang. Ini akan membantu dalam memperkirakan peluang bisnis di masa depan. Dengan bekerja sama dengan tim pemasaran, pola penjualan dan promosi dapat diperkiraan sesuai dengan minat pelanggan.

Software Akuntansi Harmony adalah salah satu software yang dapat mendukung SFA agar kinerjanya semakin produktif dan optimal. Dilengkapi fitur dan modul fungsional yang menyederhanakan tugas tim keuangan untuk membuat pembukuan lebih praktis, cepat, dan modern.

Berbasis cloud, Software Akuntansi Harmony dirancang untuk melakukan sistem pembukuan secara cloud, termasuk rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan transaksi keuangan, hingga pengelolaan aset dan penagihan.

Software Akuntansi Harmony akan membantu proses penyusunan laporan penjualan dan invoice secara otomatis. Dapatkan aplikasi Harmony versi trial untuk 30 hari secara gratis dengan mendaftar akun di sini.

Info lengkap dan penawaran menarik lainnya juga bisa dicek melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram