Harmony Blog

Tips Menjadi Market Leader dan Keuntungannya Bagi Bisnis

Diupdate Apr 7th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

Market LeaderPin

Menjadi seorang market leader adalah suatu mimpi terbesar bagi setiap pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Seperti halnya sudah kita ketahui, bahwa tidak sedikit para pebisnis rela mengeluarkan budget untuk biaya pemasaran yang cukup besar, tujuannya agar mimpi menguasai pasar bisa tercapai.

Market leader adalah kemampuan atau tindakan yang dilakukan oleh pemimpin untuk mempengaruhi atau mengarahkan pasar.Click to Tweet

Namun menjadi seorang market leader adalah bukan suatu yang mudah. Selain itu menjadi market leader bukan hanya menguasai pasar saja, melainkan Anda juga harus memiliki karakter pemimpin yang baik agar menjadi contoh untuk setiap anggota yang Anda miliki.

Jika saat ini contoh market leader di Indonesia seperti Indomie, Aqua, Coca-cola dan lainnya telah berhasil memperluas pasarnya ke level global di bidang bisnisnya masing-masing.

Namun dari contoh market leader di Indonesia di atas itu semua tidak terlepas dari perjuangan para pendiri dan timnya yang memiliki tekad dan strategi yang jitu untuk menghadapi persaingan pasar.

Maka tidak heran jika kerja keras mereka berhasil mengantarkan bisnisnya menjadi perusahaan besar yang menjadi para panutan pesaing. Banyak strategi atau cara sukses berbisnis yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda, namun hal tersebut tidak terlepas dari seorang pemimpin pasar (market leader).

Lalu Apa Keuntungan Market Leader Dalam Bisnis?

Menjadi pemimpin pasar pastinya mempunyai beragam keuntungan yang mempengaruhi keberadaan bisnis Anda. Berikut penjelasan berbagai keuntungannya.

Keuntungan market leaderPin

  • Dapat Meningkatkan Distribusi Perusahaan

    Adanya market leader dapat membuat produk perusahaan memiliki posisi yang baik di saluran distribusi. Para distributor ataupun pengecer suka dengan produk pemimpin pasar dikarenakan permintaannya yang tinggi di pasaran.

    Maka dari itu mereka tertarik untuk menempatkan produk market leader pada posisi utama dan juga bersedia untuk mempromosikan produk market leader tersebut.

    Baca Juga : Cara Menghitung BEP Dalam Bisnis

  • Posisi Penawaran yang Kuat Terhadap Pemasok

    Sebagian pemasok banyak melakukan kerjasama dengan pemimpin pasar (market leader) dikarenakan dapat menjual input pada volume yang lebih tinggi. Maka agar dapat mempertahankan kerja sama, pemasok akan menawarkan diskon atau persyaratan kredit untuk setiap produk yang ingin dipasarkan.

    Bagi seorang market leader, tentu penawaran semacam ini sangat memberikan keuntungan bagi bisnis karena dapat mengurangi biaya pada bisnis.

  • Dapat Menjadi Materi Utama dalam Promosi

    Perusahaan dapat menggunakan klaim sebagai pemimpin pasar dalam melakukan kampanye iklan dan meteri promosi lainnya. Dengan adanya klaim seperti ini maka dapat membuat calon konsumen menjadi lebih yakin dengan produk perusahaan. Sehingga dapat mempengaruhi lebih banyak konsumen untuk membelinya.

Strategi Market Leader

Adapun strategi market leader yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda, berikut beberapa tips strategi market leader.

Strategi market leaderPin

  1. Menciptakan Produk yang Inovatif

    Sebagian merek produk yang sekarang ini menjadi market leader di pasaran adalah jenis produk yang menawarkan inovasi baru pada konsumennya. Baik itu inovasi yang terdapat dari jenis produk, proses produksinya, maupun inovasi pada strategi pemasarannya.

    Maka dari itu jadilah inovator bagi produk bisnis Anda, sebab apabila semakin inovatif produk yang Anda tawarkan, maka semakin besar juga peluang yang akan Anda dapatkan nantinya.

  2. Menjadi Solusi Terbaik Bagi Konsumen

    Untuk menjadi seorang market leader, sebaiknya tawarkan sebuah keunggulan yang menjadi solusi untuk para pelanggan Anda. Maka Anda harus menentukan apa saja solusi yang nantinya akan Anda tawarkan kepada mereka.

    Setelah itu Anda dapat fokus untuk mengembangkan keunggulan produk tersebut, hingga produk tersebut dapat digunakan oleh konsumen sesering mungkin dan menjadi salah satu solusi terbaik bagi para konsumen.

    Sebab menjadi market leader Anda juda harus memikirkan setiap kepuasan pelanggan ketika membeli sebuah produk Anda.

    Apabila pelanggan merasa puas dan mendapatkan solusi yang baik ketika membeli produk Anda, maka bisa saja konsumen Anda akan menjadi pelanggan tetap Anda, dan selalu melakuakn pembelian berulang kali di bisnis Anda.

    Dengan begitu pelanggan Anda akan menjadi pelanggan yang loyal, sehingga omzet yang bisnis Anda dapatkan pun semakin banyak dan dapat membuat bisnia Anda juga semakin berkembang.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Menambahkan Nilai Lebih Pada Bisnis

    Menjadi seorang market leader adalah harus dapat menjaga dan juga meningkatkan kualitas maupun pelayanan yang Anda berikan kepada calon konsumen.

    Dengan keberhasilan yang Anda dapat dalam menciptakan peluang pasar tentu akan memungkinkan para kompetitor tertarik untuk mengikuti keberhasilan Anda.

    Sehingga dengan menjadi seorang market leader banyak resiko yang akan Anda hadapi salah satunya menghadapi para pesaing yang berusaha untuk menduplikasi atau membuat produk sejenis dengan produk Anda.

    Maka oleh karena itu, sebagai market leader Anda juga harus memberikan tambahan nilai lebih pada produk Anda secara berkala, menjaga konsumen agar tidak bosan dengan produk yang Anda miliki, sekaligus dapat memperkecil peluang bagi para kompetitor dalam mengikuti perkembangan produk-produk Anda.

  4. Perhatikan Pemasaran Produk

    Kelancaran pemasaran produk menjadi hal yang penting bagi Anda yang ingin menguasai pasar. Usahakan agar produk yang Anda miliki dapat di pasarkan hingga ke berbagai daerah, dari mulai wilayah perkotaan sampai pendesaan.

    Sebisa mungkin apabila Anda menjadi market leader, Anda dapat mengupayakan produk Anda dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, sehingga dapat dengan mudah diperoleh konsumen di berbagai daerah.

  5. Meningkatkan Strategi Pemasaran

    Dalam bisnis, keberadaan konsumen adalah suatu hal yang sangat penting bagi pemasaran bisnis Anda. Maka dengan begitu Anda harus melakukan strategi pemasaran yang dapat mendekatkan produk Anda dengan konsumen.

    Seperti contoh, Anda dapat mengadakan kegiatan seperti memberikan promosi produk yang secara langsung kepada calon konsumen. Sehingga dapat membuat konsumen memiliki ikatan tang lebih kuat dengan produk Anda, dan loyalitas konsumenpun semakin terjaga.

Menjadi seorang market leader bukan hanya dapat menguasai pemasaran bisnis saja, melainkan Anda juga harus dapat menguasai setiap laporan keuangan Anda dengan baik dan benar. Sebab laporan keuangan juga merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dilakukan untuk setiap bisnis.

Mengelola laporan keuangan secara manual tentu akan membuat Anda menjadi kesulitan dalam menghitung setiap pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda. Namun kini Anda tidak perlu repot lagi untuk melakukan pembukuan tersebut, kini sudah ada software akuntansi yang dapat membantu setiap laporan keuangan Anda, seperti Harmony.

Harmony adalah sistem pembukuan online yang bisa membantu Anda mengelola keuangan usaha dengan cepat dan tanpa repot. Harmony praktis dan mudah digunakan dengan berbagai fitur praktisnya serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Silahkan coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow juga akun Facebook, Instagram dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony