Harmony » Blog » 

Syarat Pinjaman UMKM dan Cara Mengajukannya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 18, 2021

Pinjaman UMKM biasanya seringkali dilakukan pebisnis untuk memulai usahanya. Sebelumnya, UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan usaha bisnis yang dijalankan oleh rumah tangga atau badan usaha kecil. Lebih khususnya UMKM dijalankan oleh badan usaha yang menghasilkan profit kurang dari 200 juta rupiah per tahun.

Pemerintah mendukung pinjaman UMKM untuk mendorong pertumbuhan bisnis kecil.Click to Tweet

Walaupun begitu UMKM memegang peranan penting dalam kemajuan perekonomian Indonesia. Contohnya UMKM membuka peluang kesempatan kerja dengan syarat yang tidak berat, sehingga mengurangi jumlah pengangguran.

Pinjaman Modal Usaha

Namun semenjak virus covid-19 menjangkiti Indonesia, banyak UMKM lokal yang tumbang karena kurangnya omzet untuk mengelola keuangan ataupun melanjutkan usahanya. Kondisi penjualan yang lesu serta tidak adanya modal membuat UMKM gulung tikar.

Untuk mendorong roda perekonomian UMKM lokal, bank BRI mengucurkan layanan pinjaman UMKM. Nantinya pinjaman atau hutang jangka pendek ini digunakan sebagai modal untuk menghidupkan kembali usahanya.

Pengertian hutang atau pinjaman di sini mengacu pada kredit UMKM dari layanan bank BRI. Terdapat tiga kategori pinjaman UMKM, yaitu pinjaman mikro, pinjaman retail menengah, dan pinjaman program.

Pinjaman modal usaha mikro dari bank BRI dibagi menjadi dua macam, antara lain Kredit Usaha Mikro (KUR) dan Kupedes. KUR merupakan kredit UMKM khusus untuk usaha mikro, kecil ataupun koperasi yang melayani pinjaman hingga 500 juta.

Syarat Kredit Pinjaman UMKM

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kredit UMKM ini, antara lain: mempunyai usaha produktif yang sudah berjalan minimal enam bulan, tidak sedang menerima kredit apapun seperti kartu kredit, serta membawa dokumen pendukung seperti surat izin usaha, KTP, dan KK.

program pinjaman umkm

Sedangkan kupedes merupakan pinjaman modal usaha untuk semua nasabah, baik usaha mikro, perusahaan, maupun individu. Syarat untuk mendapatkan pinjaman UMKM ini hampir mirip seperti KUR, yaitu membawa identitas diri, surat keterangan usaha serta berpengalaman minimal satu tahun.

Jenis Pinjaman Modal

Pinjaman modal usaha retail menengah dibagi menjadi dua macam, yaitu Kredit Modal kerja dan Kredit Investasi. Keduanya tidak memiliki batas nominal kredit UMKM, tetapi harus memperhatikan kemampuan peminjam untuk mengangsur.

  • Kredit Modal Kerja

    Pinjaman UMKM kredit modal kerja dikhususkan untuk pelaku UMKM yang butuh modal tambahan supaya biaya operasional usaha tercukupi.

  • Kredit Investasi

    Sedangkan, kredit investasi adalah fasilitas hutang jangka panjang untuk belanja barang modal.

[elementor-template id="26379"]

Jenis Pinjaman Program

Pinjaman UMKM berikutnya adalah pinjaman program, yang terbagi dalam tiga jenis yaitu Kredit Pangan, Resi Gudang, dan Kredit kemitraan.

  • Kredit Pangan

    Pinjaman modal usaha kredit pangan dikhususkan untuk pelaku UMKM bidang pangan. Syarat untuk mengajukan pinjaman antara lain membawa dokumen pendukung seperti akta pendirian usaha, dan identitas diri. Serta telah melewati dua kali siklus tanam selama kurang lebih satu tahun.

  • Resi Gudang

    Pinjaman modal usaha resi gudang dikhususkan untuk petani, kelompok tani, serta koperasi dengan jaminan resi Gudang. Kredit UMKM ini mematok waktu cicilan maksimal enam tahun dengan plafon maksimal 70% nilai Resi Gudang.

  • Kredit Kemitraan

    Sedangkan, kredit kemitraan merupakan pinjaman yang membiayai pembelian aktiva atau modal agar meningkatkan produksi penjualan.

Pinjaman UMKM Online

Selain melalui bank pemerintah, pengajuan pinjaman UMKM juga dapat dilakukan secara online melalui berbagai fintech. Prosesnya yang mudah dan cepat memberi kemudahan tersendiri bagi para pelaku UMKM.

Untuk mengajukan pinjaman UMKM online memiliki beberapa syarat umum seperti data diri, berusia diatas 21 tahun, memiliki rekening bank, memiliki NPWP, dan tidak sedang terikat kredit UMKM di fintech lain.

Saat Anda mengajukan pinjaman, artinya proses mengelola keuangan bisnis akan mengalami perubahan. Namun, tidak perlu khawatir karena Software Akuntansi Harmony siap membantu Anda mengelola laporan keuangan perusahaan. Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda gunakan dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

Laporan keuangan dan pembukuan menjadi lebih praktis, otomatis, dan mudah diintegrasikan. Siklus keuangan juga lebih mudah terkontrol untuk mendukung kelancaran kinerja tim administrasi dan finance.

Yuk, coba keunggulan Software Akuntansi Harmony GRATIS (30 hari trial) klik di sini. Info lebih lanjut silakan follow akun Facebook, Instagram dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram