Harmony Blog

Surat Utang Negara: Ketahui Jenis dan Penjelasan Lengkapnya

Diposting Apr 7th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Surat Utang NegaraPin

Surat utang adalah salah satu alternatif investasi yang aman untuk dijajal para investor pemula. Pasalnya surat utang negara menawarkan jaminan bebas resiko gagal bayar dari negara, berikut persen bunga yang ditawarkan.

Surat utang adalah invoice atau kupon yang diterbitkan oleh negara untuk mendapatkan kucuran dana dari investor. Pinjaman dana dari para investor ini akan diputar kembali terutama untuk mengurangi defisit APBN.

Sederhananya negara menawarkan hutang pada investor dalam bentuk surat utang negara pada jangka waktu yang ditentukan. Pembayaran hutang pokok beserta bunganya dijamin negara melalui UU nomor 24 tahun 2002 tentang surat utang negara.

Surat utang negara akan diterbitkan setelah DPR menyetujui dan mengesahkan APBN, dengan menimbang nasehat dari Bank Indonesia.Click to Tweet

Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Utang Negara (SUN) merupakan bagian dari Surat Berharga Negara (SBN). SBN diterbitkan saat negara akan menutup defisit anggaran dari APBN. Jika APBN terus membengkak sementara pendapatan tidak stabil, akan timbul permasalahan ekonomi. Oleh karena itu, SBN hadir sebagai kepanjangan tangan lembaga keuangan negara untuk mencegah inflasi.

Terdapat berbagai macam jenis SBN, namun yang akan dijelaskan dalam artikel ini hanya Surat Utang Negara, dan obligasi. Umumnya obligasi atau surat utang adalah terbitan perusahan atau pemerintah, sedangkan SBN khusus diterbitkan pemerintah pusat.

SBN juga hadir dalam versi Syariah yang dikenal sebagai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Terdapat dua jenis SBSN, yaitu dapat diperdagangkan dan tidak dapat diperdagangkan. Sukuk Dana Haji Indonesia (SDHI) termasuk dalam kategori tidak dapat dijualbelikan.

Tujuan Penerbitan Surat Utang Negara

Surat utang negara akan diterbitkan setelah DPR menyetujui dan mengesahkan APBN, dengan menimbang nasehat dari Bank Indonesia. Tujuannya diterbitkan antara lain untuk membiayai defisit APBN, sehingga kas negara dapat tercover. Selain itu diterbitkan untuk mengelola administrasi dan portfolio utang negara.

Tujuan surat utang negaraPin

Diharapkan penerbitan membawa manfaat sebagai instrument fiskal, instrument investasi, dan instrument pasar keuangan. Sebagai instrument investasi, SUN menjanjikan keuntungan dan keamanan berinvestasi di pasar sekunder.

Sedangkan, sebagai instumen pasar keuangan, penerbitan surat utang ini memperkuat kestabilan sistem ekonomi liberal didukung oleh berbagai institusi finansial dan peran BUMN keuangan.

SUN dapat dibeli di pasar perdana maupun pasar sekunder, melalui kegiatan penawaran dan penjualan SUN. Semua orang baik investor perorangan maupun institusi boleh membelinya, untuk memilikinya cukup membawa KTP dan NPWP saat transaksi jual beli.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Jenis Surat Utang Negara

Contoh surat utang negara diterbitkan dalam bentuk warkat atau tanpa warkat. Umumnya SUN diterbitkan berbentuk tanpa warkat. Saat investor membeli tanpa warkat, negara akan mengeluarkan bukti pembelian berbentuk invoice, yang dapat dipakai untuk mencairkan dana sesuai periodenya.

Contoh lainnya diatur dalam UU no.24 tahun 2002 yang menjelaskan dua jenis, yaitu Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan Obligasi negara (ON).

SPN atau T-Bills merupakan SUN dengan jangka waktu 12 bulan dan bunga dibayarkan secara diskonto. Sedangkan ON memberi jangka waktu yang lebih lama dari SPN, namun pembayaran kupon dijadwalkan secara periodik.

Contoh surat utang negara ON memiliki tingkat bunga yang berbeda, yaitu obligasi berbunga tetap yang menghadirkan tingkat bunga tetap, dan obligasi berbunga mengambang dengan tingkat bunga yang ditentukan berdasarkan acuan tertentu. Penerbitannya dapat dilakukan oleh negara maupun korporasi.

Setelah membeli SUN pastikan strategi investasi Anda tetap stabil dengan rutin mengecek laporan keuangan. Untuk itulah software Harmony hadir sebagai tangan kanan Anda dalam mengatur laporan keuangan.

Software Akuntansi Harmony adalah solusi berbasis teknologi keuangan yang dapat menyederhanakan tugas pembukuan dengan cepat, modern, dan otomatis. Terjangkau untuk setiap pemilik UMKM. Tersedia 400+ fitur akuntansi mudah yang siap membantu Anda dan juga 20+ laporan keuangan realtime untuk Anda. Sistem ini mudah digunakan walau tidak memiliki backgroud akuntansi.

Ingin memiliki laporan keuangan rapi dan siap untuk dianalisis? Yuk, Klik di sini sekarang untuk menggunakan Software Akuntansi Harmony GRATIS (30 days). Atau, dapatkan info dan penawaran terupdate setiap hari lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony