Harmony » Blog » 

Strategi Pemasaran Conversation Marketing Yang Harus Anda Ketahui

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 5, 2020

Dalam dunia marketing, pasti sangat di butuhkan yang berkaitan dengan conversation marketing, dengan kata lain conversation marketing merupakan suatu percakapan yang berkaitan dengan dunia pemasaran. Dengan begitu Anda bisa menciptakan suatu komunikasi terhadap konsumen dengan secara langsung, yang dalam percakapan tersebut membahas mengenai pemasaran yang ingin di jalankan antara konsumen dengan marketing.

“Conversation marketing adalah satu cara yang efektif ketika Anda ingin melakukan pemasaran terhadap pelanggan Anda, dan dengan conversation marketing, para pelanggan Anda akan lebih mengerti dan lebih mudah untuk memahami. “

Namun kapan percakapan antara konsumen tersebut bisa terjadi ? percakapan tersebut bisa terjadi ketika Anda memasarkan produk Anda, atau membuat sebuah postingan mengenai aplikasi atau apa pun yang ingin Anda pasarkan di media sosial, dan dari postingan tersebut pastinya banyak dari orang-orang lain yang mungkin tidak Anda kenal yang memberikan komentar atau pertayaan terhadap barang yang Anda pasarkan di postingan media yang Anda miliki.

Strategi Pemasaran Conversation Marketing bagi Pebisnis

Ada banyak strategi yang digunakan untuk para pebisnis memasarkan setiap usaha mereka, namun banyak cara bagi para pebisnis dalam melakukan pemasaran, baik mengacu pada media sosial ataupun tidak dengan cara media sosial. Berikut yang harus Anda ketahui mengenai strategi pemasaran conversation :

1. Email marketing

Merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan penjualan bisnis Anda. Cara nya mudah, hanya dengan mengirimkan informasi kedapa para pelangan melalui email. Anda bisa menyampaikan informasi mengenai apa yang ingin Anda pasarkan, menjelaskan bagaimana keuntungan dari setiap produk yang Anda tawarkan, ataupun menyampaikan promo yang sedang berlangsung. Semua informasi yang ingin Anda sampaikan mengenai bisnis Anda kepada konsumenn dapat Anda sampaikan melalui email marketing yang bisnis Anda miliki.

2. Live customer support

Hal ini juga merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan dalam conversation marketing bisnis Anda, sebab memberikan layanan customer support atau customer care yang merupakan suatu bentuk pelayanan Anda, bahwa Anda menghargai setiap pelanggan Anda. Melalui cara seperti ini Anda bisa menerima saran dan kritik yang membangun dari konsumen. Hal ini pun sangatla berpengaruh bagi bisnis Anda, ketika konsumen memberikan saran atau kritik kepada bisnis Anda, dari situ Anda dapat mengetahui kekurangan apa yang seharusnya perlu di perbaiki dalam bisnis Anda.

Baca Juga: Strategi Bisnis Paling Ampuh Untuk Mendatangkan Penjualan

3. Customer loyalty programs

Cara ini merupakan salah satu cara untuk memudahkan setiap para pelanggan terhadap informasi mengenai adanya promo yang akan dilaksanakan ataupun yang sedang dilaksanakan, hal ini membuat para pelanggan merasa bahwa Anda bisa bersikap loyal kepada mereka, asal yang Anda lakukan dengan penerapan yang tepat. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan penjualan Anda, ataupun mempromosikan produk terbaru kepada pelanggan Anda.

4. Iklan

Iklan adalah tempat tujuan komunikasi secara tidak langsung antar perusahaan terhadap pelanggan yang akan memasarkan produk yang disampaikan melalui berbagai media dengan biaya yang dikeluarkan perusahaan agar masyarakat tertarik membeli produk maupun menyetujui dan mengikuti.  Media ini merupakan salah satu media yang sudah banyak digunakan para pebisnis dalam membuat strategi pemasaran mereka, sebab dengan bertambah cangihnya teknologi, maka semakin banyak cara yang untuk digunakan dalam mempromosikan setiap barang yang ingin Anda pasarkan. Banyak kegunaan yang di dapat ketika Anda ingin menggunakan media iklan sebagai strategi pemasaran Anda, seperti :

• Membangun citra produk dan menjaga kemampuan posisi produk dalam pandangan pasar sasaran.

• Meningkatkan penjualan.

• Dapat mengarahkan bagaimana cara pemakaian produk yang Anda miliki, baik produk yang lama maupun produk yang baru kepada konsumen, sehingga dapat mempermudah para konsumen ketika mempelajarinya.

• Dapat lebih memperkenalkan identitas produk yang dipromosikan, baik dari segi manfaat dan kelebihanya.

• Membangun citra produk dan menjaga kemampuan posisi produk yang Anda miliki.

Membut sebuah content marketing

Strategi ini berfokus dalam menciptakan sebuah content yang mendukung pada aktivitas pemasaran. Content marketing merupakan suatu pendekatan terhadap strategi pemasaran yang tujuannya untuk membuat ditribusi content yang bernilai relevan, dan konsisten, agar content tersebut dapat menarik setiap para konsumen yang melihatnya dan mempertahankan audiens yang sudah ditetapkan. Di saat Anda membuat sebuah content marketing Anda menjadi lebih menarik, maka semakin banyak para konsumen yang melihat dan tertarik akan strategi produk yang Anda pasarkan. Sehingga semakin banyak keuntungan yang akan Anda dapat nantinya.

[elementor-template id="26379"]

Gunakan Chatbot

Chatbot merupakan sebuah program komputer yang dapat menjalankan intelligent conversation dengan pengguna melalui media suara ataupun teks, sering kali dilakukan dengan percakapan yang singkat. Chatbot juga bekerja dengan mengartikan pesan yang di berikan oleh pengguna, kemudian memproses maksud dari pesan tersebut, selanjutnya menentukan dan mengeksekusi apa yang perku chatbot lakukan berdasarkan perintah dari pengguna, dan terakhir menyampaikan hasil dari eksekusi program kepada pengguna.
Dalam dunia marketing, chatbot dapat membantu devisi pemasaran di perusahaan untuk memperkenalkan suatu produk yang ingin Anda jual secara lebih mudah dan dengan cara yang lebih sederhana untuk di kenal para konsumen. Namun, apa saja yang chatbot lakukan untuk menjalankan strategi conversation marketing ?

• Chatbot dapat Anda gunakan selama 24 jam, ini akan memantu Anda bagi para pebisnis untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap layanan bisnis Anda.

• Chatbot membuat Anda semakin cepat dalam berinteraksi dengan konsumen. Dan dengan pelayanan Anda yang begitu cepat, konsumen akan merasa puas karena segala kebutuhan yang pelangan inginkan terjawab dengan cepat, sehingga konsumen akan merasakan bahwa adanya kedekatan personal dengan kerja sama bisnis Anda.

• Layanan media sosial seperti chat sudah lama diunduh oleh para konsumen. Dengan Anda menggunakan chatbot yang dapat terhubung dengan layanan chat, maka para konsumen dapat lebih mudah mengakses bisnis Anda setiap saat, dan jangkauan terhadap para konsumen pun akan semakin luas karena dapat berinteraksi dengan banyak konsumen secara bersamaan kapanpun, dan dimanapun.

Banyak strategi pemasaran conversation marketing yang Anda lakukan untuk bisnis Anda, sudah berbagai macam cara para pebisnis melakukan strategi pemasaran untuk mengenalkan produk yang perusahaan miliki, dengan bertambahnya era teknologi di zaman sekarang, dalam memasarkan setiap produk sudah tidak sulit lagi untuk dilakukan.

Maka dari itu penting bagi para pebisnis untuk lebih update mengenai apa saja strategi yang dilakukan para pebisnis di era zaman sekarang ini. Dan keuangan perusahaan adalah termaksud dari kunci kesuksesan setiap pebisnis. Untuk itu Anda harus teliti dalam mengelola setiap keuangan bisnis Anda.

Kini Anda sudah tidak perlu repot lagi dalam mengelola bisnis Anda, kini sudah ada Software Akuntansi Harmony yang dapat membantu Anda baik dalam masalah transaksi, pembukuan, dan sistem akuntansi lainya. Harmony Accounting Software, solusi mengelola keuangan Anda yang mana dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba Gratis selama 30 hari Software Harmony disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram