Strategi Mencapai Target Penjualan Menggunakan Software Akuntansi
Harmony Blog
Marketing
Strategi Mencapai Target Penjualan Menggunakan Software Akuntansi
September 23, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam suatu perusahaan, divisi penjualan selalu berusaha keras agar mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan sehingga berbagai action plan untuk mencapai target tersebut dilakukan. Strategi mencapai target penjualan yang umum dibuat adalah melakukan promosi dan memberikan diskon. Tetapi tahukah Anda bahwa software akuntansi juga bisa menjadi strategi pemasaran untuk mencapai target penjualan? Mari baca artikel ini sampai selesai ya.

Asal Anda tahu caranya maka software akuntansi juga bisa digunakan untuk strategi dalam mencapai target penjualan perusahaan.

Strategi mencapai target penjualan dengan menggunakan software akuntansi sangat mungkin diterapkan oleh perusahaan kecil, menengah dan besar. Ada 3 jenis software akuntansi yang sering digunakan tetapi yang paling cocok untuk dipakai dalam strategi mencapai target penjualan adalah yang berbasis cloud atau disebut juga software akuntansi online.

Tujuan utama software akuntansi memang untuk melakukan pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan. Tetapi seiring perkembangan ide, kebutuhan dan teknologi maka software akuntansi bisa digunakan untuk membantu perusahaan dalam bidang penjualan sehingga juga berfungsi sebagai strategi mencapai target penjualan.

Sebelum memahami bagaimana software akuntansi bisa menjadi strategi mencapai target penjualan, sebaiknya Anda mengetahui dulu apa saja manfaat software akuntansi untuk bisnis.

Manfaat SoftwareAkuntansi untuk Bisnis

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk mengelolah dan memonitor keuangan bisnis antara lain:

1. Pembuatan Laporan Keuangan Lebih Cepat

Karena otomatisasi sistem yang ada pada software akuntansi maka akan menghasilkan data atau laporan yang cepat. Kecepatan pembuatan laporan keuangan akan lebih maksimal jika menggunakan software akuntansi berbasis cloud karena bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

2. Menghindari Risiko Salah Hitung

Dengan menggunakan software akuntansi maka semua data diproses dan dikerjakan oleh sistem, jadi sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi human error. Anda hanya fokus pada penginputan, sedangkan proses dan output dikerjakan oleh program dalam software tersebut.

3. Membantu Mengetahui Kondisi Keuangan Perusahaan Secara Real Time

Kondisi keuangan perusahaan bisa dipantau secara real time lewat laporan yang disediakan oleh software akuntansi. Tetapi pemantauan real time ini terjadi jika menggunakan software akuntansi online, apabila menggunakan software akuntansi offline pengguna masih membutuhkan beberapa tindakan untuk penyediaan laporan keuangan perusahaan.

Baca juga : Apa Yang Membedakan Software Akuntansi Online dan Offline?

custom-form-newsletter

4. Laporan yang Dihasilkan Sangat Akurat

Karena software akuntansi terdiri dari banyak program yang sudah tersistem maka data atau laporan yang dihasilkan sangat akurat. Penggunanya tidak perlu pusing menghafalkan rumus akuntansi yang ada karena semuanya dikerjakan oleh program tersebut.

5. Keseluruhan pencatatan akuntansi berjalan otomatis.

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh softwareakuntansi adalah keseluruhan pencatatan akuntansi berjalan otomatis. Maksudnya adalah bahwa proses penjurnalan, rekonsiliasi bank dan lain sebagainya dikerjakan otomatis oleh sistem. Hal ini merupakan salah satu perbedaan mendasar software akuntansi dengan sistem akuntansi manual.

Salah satu aplikasi yang berhubungan dengan data penjualan otomatis adalah aplikasi kasir POS. Perusahaan yang bergerak di bidang retail dan restoran bisa memanfaatkan aplikasi kasir POS yang terkoneksi dengan software akuntansi agar pencatatan penjualannya bisa otomatis masuk ke pembukuan untuk pembuatan laporan keuangan.

Software Akuntansi Digunakan Dalam Strategi untuk Mencapai Target Penjualan

Tentunya setiap perusahaan mempunyai target masing-masing untuk penjualannya. Target tersebut bisa diambil dari data penjualan bulan atau tahun sebelumnya. Dengan menggunakan software akuntansi maka untuk mengetahui data penjualan masa lalu merupakan sesuatu yang sangat mudah. Pengguna hanya perlu memasukan periode penjualan yang dikehendaki kemudian program akan menampilkan hasilnya.

Berdasarkan hasil yang ditampilkan maka target penjualan perbulan atau pertahun sangat mudah ditetapkan. Perusahaan bisa menetapkan apakah target penjualan turun, sama atau naik dibandingkan dengan penjualan bulan atau tahun lalu. Karena software akuntansi menyajikan data yang akurat dan real time maka hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui penjualan di bulan berjalan.

Jika sudah mengetahui penjualan di bulan berjalan berarti perusahaan bisa tahu berapa nilai penjualan yang masih dibutuhkan untuk mencapai target penjualan. Apabila perusahaan sudah tahu nilai penjualan yang dibutuhkan untuk mencapai target maka perusahaan bisa membuat strategi mencapai target penjualan yang efektif.  Strategi tersebut misalnya promosi, bundling, diskon, cuci gudang dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan lain menggunakan software akuntansi adalah perusahaan bisa mengetahui dengan cepat berapa jumlah stok produk yang ada digudang. Melalui data stok produk tersebut, perusahaan bisa memutuskan produk mana yang harus dipromosikan, dijual lebih cepat atau dibundling dengan produk lainnya. Metode ini bisa membuat strategi mencapai target penjualan perusahaan terlaksana tetapi tetap memperhatikan inventory perusahaan.

Saat ini pilihan software akuntansi sangat banyak, pastikan Anda memilih Harmony yang merupakan salah satu software akuntansi online terbaik di Indonesia. Harmony sangat praktis dan mudah digunakan, dengan menggunakan Harmony maka pembukuan akan menjadi menyenangkan dan pelaksanaan strategi mencapai target penjualan usaha Anda akan maksimal. Gunakan Harmony GRATIS 30 hari dengan mendaftar disini.

Harmony juga menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan dan analisanya. Bagi pebisnis yang memerlukan jasa tersebut bisa melihatnya di Harmony Accounting Service. Ikuti update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/