Harmony Blog

Apa Itu Aplikasi Kasir POS? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

aplikasi kasir posPin

Jika Anda memulai bisnis, Anda mungkin berpikir untuk berinvestasi dalam sistem aplikasi kasir point of sale (POS). Namun, jika Anda hanya pernah berada di sisi lain konter selama transaksi penjualan, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang apa itu sistem POS, bagaimana cara kerjanya, dan apakah bisnis Anda membutuhkannya atau tidak.

Transaksi dalam bentuk aplikasi Kasir POS dapat terjadi secara langsung atau online, dengan penerimaan yang dihasilkan dalam bentuk cetak atau elektronik. Sistem POS berbasis cloud menjadi semakin populer di kalangan pedagang.

Apa saja penjelasan mengenai aplikasi kasir Point Of Sale (POS)? berikut adalah berbagai penjelasan tentang Aplikasi Kasir Pos di bawah ini :

Pengertian Aplikasi Kasir POS

Point of Sale (POS) bisa disebut aplikasi kasir modern yaitu software yang digunakan oleh toko untuk membantu transaksi layaknya mesin kasir pada toko retail namun kegunaannya lebih canggih disbanding mesin kasir biasanya, POS digunakan untuk mencatat order, membantu menghitung profit per item yang ter jual, perhitungan stok, dan lain sebagainya.

Aplikasi Kasir POS sering digunakan guna membantu pengelola bisnis atau pemilik usaha dalam hal mempermudah transaksi dengan pelanggannya.

Perbedaan Mesin Kasir dengan Aplikasi Kasir Pos

Hanya beberapa dekade yang lalu, sistem point of sale adalah, dalam bentuk paling dasar, yaitu dalam bentuk sebuah mesin kasir. Mesin kas/kasir paling awal bahkan tidak akan tahu berapa harga produk. Orang yang mengoperasikan kasir akan secara manual memasukkan harga barang yang dibeli, seringkali dengan bantuan tiket harga. Kasir kemudian akan mengambil uang pembayaran tersebuut, dan meletakkannya di laci kas dan menyerahkan kwitansi kepada pelanggan. Dalam beberapa kasus, satu-satunya catatan transaksi adalah salinan kertas kasir.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Sedangkan pada saat sistem of sale berevolusi, maka sistem tersebut menjadi lebih terkomputerisasi, menyimpan database produk di server komputer. Seringkali, mereka akan menyertakan pembaca barcode sehingga tidak perlu untuk entri harga manual, sementara juga menyimpan detail transaksi secara elektronik. Saat ini, banyak hal yang jauh lebih canggih. Sementara beberapa pengecer masih menggunakan sistem seperti dijelaskan di atas, banyak yang beralih ke sistem POS berbasis cloud yang canggih di mana data disimpan secara online.

Baca Juga : Pembukuan Tradisional VS Aplikasi Pembukuan, Mana Yang Lebih Akurat?

Fungsi Dan manfaat Point Of Sale

1. Terintegrasi dengan sistem stok barang (inventory), sehingga mengontrol kekurangan bahan baku dan ketersediaan produk lebih mudah.

2. Mencatat data transaksi secara lengkap dan memprosesnya menjadi laporan sederhana yang mudah dianalisa.

3. Memberikan laporan penjualan usaha Anda secara langsung atau online

4. Segala macam bentuk perubahan terhadap data menu seperti harga dapat dilakukan dengan cepat.

5. Mencetak struk pembelian bagi pelanggan, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan kertas nota/kwitansi secara manual.

6. Dengan kalkulasi otomatis, kasir tidak perlu repot menghitung kembalian dan mempercepat proses transaksi, sehingga dapat mengurangi antrian.

7. Menerima berbagai metode pembayaran baik itu tunai, non tunai, kartu debit dan kartu kredit, dll.

Komponen Utama dari Sistem POS

Perangkat keras dan perangkat lunak membentuk dua bagian utama dari sistem POS yang bekerja bersama-sama untuk melakukan transaksi penjualan:

Perangkat keras

Perangkat keras sistem POS terdiri dari pengaturan fisik seperti mesin kasir yang terhubung ke PC atau server, atau bahkan perangkat portabel seperti tablet atau ponsel pintar yang terhubung ke sistem yang di-hosting-cloud. Ini mungkin berisi add-ons seperti pemindai barcode, printer penerimaan, printer label, laci uang, skala untuk barang-barang tertimbang dan mesin kartu untuk memproses pembayaran melalui kartu debit atau kredit.

Perangkat lunak

Perangkat lunak POS menyimpan informasi dan menyimpannya dalam basis data. Perangkat lunak POS yang kaya fitur menyediakan sejumlah besar kemampuan seperti penagihan dan pemrosesan pesanan, pemantauan dan pelaporan penjualan, pelacakan inventaris, pengembalian, analisis, konektivitas seluler, manajemen data pelanggan, manajemen karyawan, dan program loyalitas. Banyak perangkat lunak POS dapat diintegrasikan ke perangkat lunak pihak ketiga seperti perangkat lunak akuntansi untuk pembukuan, solusi pemasaran email, dan platform e-commerce untuk penjualan online.

Sudahkah Anda memahi mengenai aplikasi kasir POS yang sudah di jelaskan di atas ? aplikasi kasi Point Of Sale (POS) sangatlah di butuhkan bagi setiap pembisnis, Jika bisnis Anda ingin berjalan dengan baik dan terutama bisnis Anda terkelola dengan rapi, baik masalah transaksi, manajemen produk, pembukuan dan sistem akuntansi lainya, maka sistem POS ini merupakan sistem yang tepat.

Kini Anda sudah tidak perlu repot lagi dalam mengelola bisnis Anda, kini sudah ada Software Akuntansi Harmony yang dapat membantu Anda baik dalam masalah transaksi, pembukuan, dan sistem akuntansi lainya. Harmony Accounting Software, solusi mengelola keuangan Anda yang mana dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba Gratis selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony