Software Akuntansi Online dan Offline, Apa Perbedaannya?
Harmony Blog
Accounting
Apa Yang Membedakan Software Akuntansi Online dan Offline?
April 3, 2018
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Dalam sebuah bisnis, biasanya terjadi transaksi jual beli dalam jumlah yang banyak, ditambah dengan tambahan dana operasional yang mana semuanya membutuhkan perhitungan yang benar, teliti dan cepat. Untuk mendukung kebutuhan itu, pada era digital saat ini telah hadir inovasi baru dalam bidang akuntansi yaitu munculnya software akuntansi yang dapat membereskan pembukuan bisnis Anda. Software ini merupakan sebuah aplikasi yang dibuat secara khusus untuk memudahkan dan juga mempercepat proses penyajian neraca, buku besar dan juga beberapa jenis laporan keuangan lainnya. Jika dilihat dari jenisnya, software akuntansi saat ini terdapat dua tipe yaitu online dan offline.

Software akuntansi menjadi sebuah alat yang penting untuk mengelola laporan keuangan dalam bisnis. Seringkali para pebisnis tidak menyadari pentingnya software akuntansi, sehingga sampai saat ini masih saja belum memahami betul perbedaan membuat laporan keuangan bisnis secara manual maupun aplikasi. Namun, sebelum membahasnya lebih jauh, ada baiknya jika kita mengetahui dan memahami jenis software akuntansi yang banyak digunakan saat ini, yakni:


1. Software Akuntansi Online

Seiring perkembangan zaman, software akuntansi sudah mengikuti kemajuan teknologi dengan memanfaatkan teknologi berbasis cloud system. Dengan teknologi ini, sebagai seorang akuntan, Anda bisa dengan mudah mengelola segala transaksi yang diperlukan untuk menyajikan laporan keuangan kapanpun dan dimanapun secara real time serta up to date. Selain itu, software ini bisa diakses melalui browser tanpa perlu melakukan instalasi sehingga sangat praktis, ringan dan tidak memerlukan spesifikasi gadget/komputer yang tinggi.


2. Software Akuntansi Offline

Merupakan software akuntansi yang terpasang secara permanen di dalam komputer perusahaan. Software ini memiliki performa yang baik karena berjalan berdasarkan spesifikasi komputer, selain itu tidak memerlukan koneksi internet untuk menjalankannya sehingga Anda tetap bisa menggunakannya di luar jaringan. Dengan spesifikasi komputer yang sesuai, software bisa berjalan dengan baik tanpa ada gangguan.

Adapun kekurangannya dimana software ini tidak dapat digunakan dari jarak jauh dan jika Anda memiliki keperluan untuk monitoring maka Anda diwajibkan untuk melakukan back-up data secara manual lagi.

Meski tergolong dalam teknologi yang masih baru pada dunia akuntansi, keberadaan software akuntansi memiliki peran penting untuk membantu mengembangkan sebuah bisnis. Itulah penjelasan mengenai software akuntansi online dan offline, sekarang saatnya bagi Anda untuk beralih dari pekerjaan yang manual dan konvensional dengan menggunakan teknologi yang mampu memudahkan pekerjaan Anda dengan software akuntansi.

Harmony adalah software akuntansi berbasis cloud yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola bisnis dimanapun dan kapanpun. Serta dapat membuat laporan keuangan secara otomatis dan real time. Tunggu apalagi, gunakan Harmony untuk membantu Anda dan daftarkan bisnis Anda disini untuk Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/