Harmony Blog

Strategi Instagram Takeovers Sensasional yang Dapat Anda Terapkan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

instagram takeoversPin

Seiring perubahan zaman yang semakin canggih dengan adanya teknologi, semakin banyak pula para bisnis memanfaatkan peluang yang ada sebagai tempat untuk memasarkan produk nya tersebut.

Karena dalam memasarkan produk juga harus menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu kecanggihan teknologi yang sedang ramai dibicarakan oleh pebisnis adalah Instagram takeovers. Sehingga topik Instagram takeovers ini sangat menarik untuk dipahami.

Instagram takeovers ini adalah salah satu cara pemasaran yang menyenangkan diera digital saat ini.

Fitur Instagram takeovers saat ini menjadi familiar, walaupun sebenarnya fitur Instagram takeovers ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2012 dan dipopulerkan oleh brand-brand yang cukup ternama seperti General Electric, Burberry, dan Food Republic.

Pertama kali Instagram takeovers dimanfaatkan sebagai salah satu cara yang menyenangkan bagi brand dan instagrammer (khususnya influencer) untuk berkolaborasi. Dan tidak lupa Instagram takeovers pun pastinya menggunakan konsep pemasaran yang efektif.

Sementara saat ini dikarenakan semakin majunya perkembangan zaman dan teknolgi mayoritas telah beralih menjadikan instagram takeovers ini salah satu aspek yang penting dalam strategi pemasaran Instagram. Ada baiknya Anda harus mengenal strategi pemasaran STP untuk membuat strategi pemasaran yang lebih baik dan efektif.

Definisi Instagram Takeovers

Apa itu Instagram takeovers? Instagram takeover adalah suatu proses mengambil alih akun Instagram orang lain untuk sementara, dan membagikan konten dengan audiens mereka.

Hal ini adalah cara yang brilliant bagi brand, individu, dan influencer untuk berkolaborasi dengan mempromosikan suatu konten secara silang (cross-content).

Fitur ini berawal dari pengguna Instagram lain untuk mengirim foto saja. Kemudian Seiring dengan perkembangan teknologi, Anda dapat memposting berbagai jenis konten, mulai dari video, stories, dan video.

Strategi Dalam Melakukan Instagram Takeover

Melakukan Instagram takeovers adalah salah satu yang dapat meningkatkan konversi penjualan. Supaya proses dalam melakukan instagram takeovers ini berjalan dengan maksimal, lakukan beberapa langkah berikut:

1. Menentukan Target

strategi pertama yang harus Anda pikirkan adalah menentukan target dari aktivitas ini. Berikut beberapa target yang dapat dipertimbangkan:

A. Peningkatan Brand Awareness

apakah followersnya meningkat, dapatkah Anda menjangkau lebih banyak audiens, jumlah penonton lebih banyak, dan sebagainya.

B. Meningkatkan Engagement

 jumlah interaksi meningkat (likes, comments, views, atau direct message), jumlah penonton live, dan sebagainya.

C. Mempromosikan Produk atau Event

 Meningkatkan traffic ke website Anda, meningkatkan konversi, meningkatkan jumlah pengunjung, dan sebagainya. Tidak lupa dalam mempromosikan produk atau event Anda harus menentukan segmen pasar agar lebih terarah dan teratur.

2. Tentukan Siapa Tamu Anda

Umumnya ada 3 jenis tamu yang dapat Anda ajak kerja sama, yaitu:

A. Influencer

orang yang punya jumlah followers dengan jumlah tertentu, dapat memberikan pengaruh kuat bagi mereka.

B. Karyawan Atau Kolega

karyawan atau kolega ini adalah orang yang dapat memberikan gambaran kepada audiens tentang bagaimana bisnis Anda bekerja, dan terhubung secara personal dengan audiens.

C. Anggota Komunitas Atau Konsumen

Mereka adalah konsumen, anggota komunitas, ataupun brand ambassador Anda yang dapat membagikan pengalaman unik mereka yang relevan dengan bisnis dan audiens Anda.

3. Tentukan Jenis Konten Yang Akan Digunakan

Seperti halnya konten instagram pada umumnya, Anda dapat menggunakan 3 jenis konten dalam menjalankan Instagram takeovers, yaitu postingan berupa foto, stories, maupun live video.

Dengan menambahkan foto “tamu” di feed Anda akan memberikan warna baru yang dapat mengurangi kejenuhan audiens Anda. Instagram story takeovers dapat membuat audiens Anda merasakan pengalaman yang lebih personal.

Sementara live video membuat audiens Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan “tamu” yang Anda undang.

4. Promosikan Kapan Takeover Dilakukan

Tanpa adanya promosi, Instagram takeover Anda mungkin tidak akan berjalan dengan baik jika engagement rendah, jumlah penonton sedikit, dsb.

Jadi, pastikan Anda telah mempromosikan acara ini beberapa hari sebelumnya, baik di akun Instagram Anda sendiri maupun di akun Instagram tamu Anda.

Demikian pembahasan tentang Instagram takeover dan 4 tips dalam menjalankannya.

Manfaat Instagram Takeovers

Instagram takeovers merupakan solusi sangat cerdas untuk pihak-pihak yang terkait di dalamnya, baik itu brand pemilik akun, individu, ataupun influencer yang berkolaborasi dan mempromosikan konten secara silang.

Instagram takeovers selain menjadi sebuah kerja sama yang menyenangkan, Instagram takeover juga memberikan manfaat ke berbagai pihak ini, seperti :

Manfaat Bagi Brand

Berikut adalah manfaat bagi brand:

1. Mendapatkan Audiens Baru

Manfaat yang pertama bagi pemegang akun adalah mendapatkan audiens baru.

Anda akan mendapat audiens baru lebih mudah dengan cara Anda mengizinkan orang lain ataupun influencer mengambil alih akun Instagram

Oleh karena itu Anda harus memilih pihak yang punya audiens yang sejalan dengan brand agar mereka yang datang pada Instagram brand adalah yang berminat terhadap produk yang ditawarkan.

2. Konten Baru dan Segar

Mendapatkan orang baru untuk mengisi akun Instagram berarti juga mendapatkan konten yang lebih segar dan tidak pernah ada sebelumnya karena sesuai dengan preferensi si pembuat konten.

Apalagi jika bekerja sama dengan influencer yang biasanya sangat tahu bagaimana caranya untuk terhubung dengan audiens melalui konten.

3. Membangun Kepercayaan

Masyarakat mengikuti seseorang, khususnya influencer di Instagram bukan tanpa alasan. Mereka pastinya mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap hal-hal yang direkomendasikan sosok tersebut.

Instagram takeover ini bisa menjadi salah satu cara agar brand juga mendapatkan kepercayaan dari follower-follower tersebut.

4. Meningkatkan Minat dan Keterlibatan

Pengambil alihan bisa menjadi cara yang mendorong audiens memberikan perhatian khusus pada brand dan keterlibatan yang sebelumnya mungkin jarang dilakukan. Sehingga cara ini dapat Anda terapkan saat meluncurkan kampanye atau produk baru.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat Bagi Pemegang Akun

Selain manfaat bagi brand, berikut manfaat dari pemegang akun:

1. Mendapatkan Followers Baru

Sama halnya dengan manfaat yang didapatkan oleh brand sebagai pemilik akun, pihak yang mengambil alih akun pun akan lebih dikenal melalui akun brand dan tentu saja akan mendapatkan followers baru.

Ini merupakan kesempatan untuk memberikan kesan yang baik agar mereka pun mempunyai alasan mengapa harus mengikuti sang pemegang akun juga.

2. Mengembangkan Kredibilitas

Apapun konsen dari pemegang akun di Instagram, apabila bekerja sama dengan brand yang sesuai tentu akan meningkatkan kredibilitas mereka.

3. Menghasilkan Konten Untuk Akun Pribadi

Apapun yang dibagikan di akun brand biasanya bisa juga dibagikan di akun pribadi pihak yang mengisi konten. Konten tersebut ustru bisa menjadi posting-an yang bergengsi.

Dan setelah Anda lebih memahami strategi Instagram takeovers tidak lupa juga harus membuat laporan keuangan yang rapih dan dengan seiring perkembangan teknologi anda dapat dibantu dengan sebuah software akuntansi yang dapat mempermudah Anda untuk mencatat setiap keuangan pada bisnis Anda tersebut.

Jangan sampai bisnis Anda memiliki profit namun Anda tidak bisa menggunakan profit itu sendiri dan keuangan bisnis Anda menjadi acak-acakan.

Untuk mencatat keuangan dengan baik dan rapi perlu suatu sistem pencatatan keuangan yang tidak hanya sekedar mencatat saja, namun sistem tersebut mampu secara fleksibel bisa digunakan dan cocok pada bisnis yang Anda jalankan saat ini. Sistem pencatatan keuangan tersebut Harmony Smart Accounting Solution.

Berawal dari rumitnya membuat sebuah pencatatan keuangan yang dibutuhkan masyarakat, Harmony Smart Accounting Solution kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi pebisnis dinamis dalam membantu mereka melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan teknologi tinggi dan user friendly, Harmony menjadi salah satu pilihan para ribuan pebisnis yang telah terbantu dalam hal laporan keuangan, seperti yang diinformasikan melalui konferensi tahunan kami di  FinTax Fair 2019 .

Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda. Dan nikmati perkembangan dunia akuntansi dan laporan keuangan berbasis teknologi dalam genggaman Anda hanya di Harmony Smart Accounting Solution.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony