Ingin mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan? Atau permohonan kredit ke perbankan? Kalau betul, sebaiknya Anda ketahui dulu apa itu SLIK OJK. Sebab, Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan ini sekarang sudah berubah menjadi SLIK OJK yang akan kita bahas sekarang.
Dulu, apa itu SLIK OJK lebih dikenal sebagai BI Checking atau SID (Sistem Informasi Debitur). Meski, sekarang sudah berganti istilah menjadi SLIK OJK, namun dari segi fungsi dan peranannya masih sama. Yaitu, untuk mengetahui sejauh mana riwayat pinjaman dari nasabah atau debitur.
Mengapa nasabah harus diperiksa riwayat pinjamannya melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan atau SLIK OJK? Sebab, dari riwayat inilah dapat diketahui informasi sejauh mana ia mampu solvent atau sanggup membayar setiap pinjaman dan melunasi tepat waktu.
Jika sampai masuk daftar hitam BI Checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK), maka perbankan tentunya juga akan mempertimbangkan risiko gagal bayar.
Table of Contents
Jadi, sebenarnya apa itu SLIK OJK? Dalam sistem ekonomi pancasila, ekonomi dan keuangan dikelola secara adil dan merata.
SLIK OJK adalah sistem layanan informasi keuangan yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan mengenai riwayat pinjaman debitur atau nasabah yang memiliki utang ke pihak bank/ lembaga keuangan.
Pada sekitar 2018, istilah BI Checking sudah diganti menjadi sistem yang sekarang kita sebut dengan apa itu sistem layanan informasi keuangan OJK. Sesuai namanya, sistem layanan informasi keuangan ini berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan.
Setelah memahami apa itu SLIK OJK, Anda juga perlu mengetahui fungsi dari SLIK OJK. Berdasarkan Surat Edaran dari OJK Tahun 2017 Nomor 50, SLIK OJK bisa difungsikan sebagai sistem yang melancarkan prosedur pembiayaan atau pendanaan, serta mengurangi risiko gagal bayar.
Termasuk menambah disiplin industri keuangan dan membantu dalam mengevaluasi atau menilai kesanggupan debitur melunasi utangnya. Berikut adalah beberapa fungsi penting sistem layanan informasi keuangan OJK:
Perbankan sebagai kreditur bisa memberikan penilaian yang jauh lebih mendalam dengan melihat informasi riwayat utang si debitur. Nantinya, pihak bank bisa menilai risiko gagal bayar dengan lebih baik.
Fungsi SLIK OJK selanjutnya adalah pihak perbankan atau kreditur juga bisa menganalisis dan menafsirkan informasi yang ada untuk menentukan berapa besaran batas dana yang akan diberikan.
Baca Juga: Apa Saja Peran BUMN Terhadap Perekonomian Indonesia
Informasi sistem layanan informasi keuangan OJK juga dapat membantu mengidentifikasi apakah si debitur memiliki risiko gagal bayar atau justru solvent (sanggup melunasi semua utangnya).
Fungsi lainnya sistem layanan informasi keuangan OJK, peminjam bisa lebih disiplin untuk melunasi utang-utangnya agar tidak masuk daftar hitam/ blacklist dari Bank Indonesia.
Saat memberikan pinjaman, kreditur atau lembaga keuangan juga turut mempertaruhkan reputasinya. Jadi, informasi sistem layanan informasi keuangan OJK akan sangat berperan penting bagi BUMN keuangan untuk menjaga credit score dalam industri keuangan.
[elementor-template id="26379"]
Lalu, bagaimana sih cara mengecek SLIK OJK? Caranya, mudah kok. Mari ikuti langkah-langkah cara mengecek SLIK berikut:
Seperti itulah gambaran mengenai apa itu SLIK OJK, fungsi, serta cara mengecek sistem layanan informasi keuangan OJK. Jika Anda memiliki kendala untuk mengajukan pendanaan karena penilaian sistem layanan informasi keuangan OJK yang kurang bagus, tak perlu khawatir.
Masih banyak cara lain untuk memperoleh suntikan dana segar. Seperti berkolaborasi dengan kemitraan, bootstrap, atau menemukan investor. Kemudian, selalu monitoring dan kelola pengeluaran keuangan bisnis secara rapi dan sistematis, agar kredibilitas bisnis Anda meningkat di mata investor.
Untuk mempermudah manajemen keuangan bisnis dan pembukuan, gunakan Software Akuntansi Online dari Harmony.
Aplikasi akuntansi berbasis teknologi cloud yang sudah membantu ribuan klien yang terdiri dari perusahaan, lembaga, instansi, serta klien personal dari berbagai bidang bisnis. Anda akan lebih terbantu dalam pencatatan transaksi jual beli, rekonsiliasi bank otomatis, pengaturan stok, sampai laporan keuangan yang real time.
Silakan buktikan dan coba GRATIS terlebih dulu aplikasi Harmony selama 30 hari, klik tautan ini. Cek juga detail info fitur-fitur selengkapnya dengan follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook.