Harmony Blog

SLIK OJK, Pelajari Fungsi Layanan dan Panduan Lengkapnya

Diposting Jul 12th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

SLIK OJKPin

Ingin mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan? Atau permohonan kredit ke perbankan? Kalau betul, sebaiknya Anda ketahui dulu apa itu SLIK OJK. Sebab, Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan ini sekarang sudah berubah menjadi SLIK OJK yang akan kita bahas sekarang.

Dulu, apa itu SLIK OJK lebih dikenal sebagai BI Checking atau SID (Sistem Informasi Debitur). Meski, sekarang sudah berganti istilah menjadi SLIK OJK, namun dari segi fungsi dan peranannya masih sama. Yaitu, untuk mengetahui sejauh mana riwayat pinjaman dari nasabah atau debitur.

Pada sekitar 2018, istilah BI Checking sudah diganti menjadi sistem yang sekarang kita sebut dengan SLIK OJK.Click to Tweet

Mengapa nasabah harus diperiksa riwayat pinjamannya melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan atau SLIK OJK? Sebab, dari riwayat inilah dapat diketahui informasi sejauh mana ia mampu solvent atau sanggup membayar setiap pinjaman dan melunasi tepat waktu.

Jika sampai masuk daftar hitam BI Checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK), maka perbankan tentunya juga akan mempertimbangkan risiko gagal bayar.

Apa Itu SLIK OJK?

Jadi, sebenarnya apa itu SLIK OJK? Dalam sistem ekonomi pancasila, ekonomi dan keuangan dikelola secara adil dan merata.

SLIK OJK adalah sistem layanan informasi keuangan yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan mengenai riwayat pinjaman debitur atau nasabah yang memiliki utang ke pihak bank/ lembaga keuangan.

Pada sekitar 2018, istilah BI Checking sudah diganti menjadi sistem yang sekarang kita sebut dengan apa itu sistem layanan informasi keuangan OJK. Sesuai namanya, sistem layanan informasi keuangan ini berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan.

Fungsi SLIK OJK

Setelah memahami apa itu SLIK OJK, Anda juga perlu mengetahui fungsi dari SLIK OJK. Berdasarkan Surat Edaran dari OJK Tahun 2017 Nomor 50, SLIK OJK bisa difungsikan sebagai sistem yang melancarkan prosedur pembiayaan atau pendanaan, serta mengurangi risiko gagal bayar.

Fungsi silk ojkPin

Termasuk menambah disiplin industri keuangan dan membantu dalam mengevaluasi atau menilai kesanggupan debitur melunasi utangnya. Berikut adalah beberapa fungsi penting sistem layanan informasi keuangan OJK:

  1. Memberikan Informasi Debitur

    Perbankan sebagai kreditur bisa memberikan penilaian yang jauh lebih mendalam dengan melihat informasi riwayat utang si debitur. Nantinya, pihak bank bisa menilai risiko gagal bayar dengan lebih baik.

  2. Menentukan Plafon/ Batas Dana

    Fungsi SLIK OJK selanjutnya adalah pihak perbankan atau kreditur juga bisa menganalisis dan menafsirkan informasi yang ada untuk menentukan berapa besaran batas dana yang akan diberikan.

    Baca Juga: Apa Saja Peran BUMN Terhadap Perekonomian Indonesia

  3. Menilai Risiko Gagal Bayar

    Informasi sistem layanan informasi keuangan OJK juga dapat membantu mengidentifikasi apakah si debitur memiliki risiko gagal bayar atau justru solvent (sanggup melunasi semua utangnya).

  4. Disiplin Dalam Membayar Cicilan Utang

    Fungsi lainnya sistem layanan informasi keuangan OJK, peminjam bisa lebih disiplin untuk melunasi utang-utangnya agar tidak masuk daftar hitam/ blacklist dari Bank Indonesia.

  5. Meningkatkan Kredibilitas

    Saat memberikan pinjaman, kreditur atau lembaga keuangan juga turut mempertaruhkan reputasinya. Jadi, informasi sistem layanan informasi keuangan OJK akan sangat berperan penting bagi BUMN keuangan untuk menjaga credit score dalam industri keuangan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Mengecek SLIK

Lalu, bagaimana sih cara mengecek SLIK OJK? Caranya, mudah kok. Mari ikuti langkah-langkah cara mengecek SLIK berikut:

  • Untuk mengakses iDeb sistem layanan informasi keuangan OJK, kunjungi laman https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi.
  • Lengkapi formulir sistem layanan informasi keuangan OJK sesuai petunjuknya. Seperti nama, tanggal lahir, email, nomor telepon, dll.
  • Upload file digital dari KTP/ SIM/ PASSPORT. Bagi badan usaha, perlu mengunggah file digital identitas pemilik, NPWP badan usaha, serta izin pendirian badan usaha.
  • Verifikasi bukti pendaftaran antrian sistem layanan informasi keuangan OJK di email Anda.
  • Kemudian, nasabah atau debitur dapat menghubungi nomor Whatsapp sistem layanan informasi keuangan OJK yang tercantum di email untuk validasi.
  • Jika proses cara mengecek SLIK sukses, iDEB SLIK OJK akan terkirim via email.

Seperti itulah gambaran mengenai apa itu SLIK OJK, fungsi, serta cara mengecek sistem layanan informasi keuangan OJK. Jika Anda memiliki kendala untuk mengajukan pendanaan karena penilaian sistem layanan informasi keuangan OJK yang kurang bagus, tak perlu khawatir.

Masih banyak cara lain untuk memperoleh suntikan dana segar. Seperti berkolaborasi dengan kemitraan, bootstrap, atau menemukan investor. Kemudian, selalu monitoring dan kelola pengeluaran keuangan bisnis secara rapi dan sistematis, agar kredibilitas bisnis Anda meningkat di mata investor.

Untuk mempermudah manajemen keuangan bisnis dan pembukuan, gunakan Software Akuntansi Online dari Harmony.

Aplikasi akuntansi berbasis teknologi cloud yang sudah membantu ribuan klien yang terdiri dari perusahaan, lembaga, instansi, serta klien personal dari berbagai bidang bisnis. Anda akan lebih terbantu dalam pencatatan transaksi jual beli, rekonsiliasi bank otomatis, pengaturan stok, sampai laporan keuangan yang real time.

Silakan buktikan dan coba GRATIS terlebih dulu aplikasi Harmony selama 30 hari, klik tautan ini. Cek juga detail info fitur-fitur selengkapnya dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK