Harmony » Blog » 

Ketahui Sistem Upah yang Berlaku Di Indonesia

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 26, 2021

Membahas tentang sistem upah di Indonesia, tidak bisa dilepaskan dari istilah sistem upah satuan, atau sistem upah borongan. Dibandingkan negara-negara lain, besaran sistem upah di Indonesia termasuk masih minim. Maka itu, banyak yang kemudian beralih menjadi pengusaha sukses di usia muda.

Sistem upah adalah metode yang digunakan perusahaan untuk memberikan hasil kerja atau bayaran sesuai perjanjian yang disepakati dan berdasarkan Undang-Undang.Click to Tweet

Penjelasan mengenai sistem upah dan macam-macamnya, dapat di simak dalam ulasan di bawah ini.

Pahami Sistemnya

Sistem upah adalah metode yang digunakan perusahaan untuk memberikan hasil kerja atau bayaran sesuai perjanjian yang disepakati dan berdasarkan Undang-undang. Sementara itu, gaji juga terdiri dari beberapa komponen pendukung. Seperti gaji pokok, tunjangan profesi, tunjangan keluarga, tunjangan tidak tetap, potongan, serta gaji lembur.

Di Indonesia, sistem upah menggunakan mata uang Rupiah dan dibayarkan secara tepat waktu untuk memenuhi hak dan kewajiban antara pekerja dan perusahaan. Maka itu, sistem upah adalah hal penting untuk diperhatikan secara serius sebagai wujud karakter pemimpin perusahaan yang bertanggung jawab. Jangan sampai, upah tertunda atau terlambat pembayaran karena akan berdampak pada ekonomi para pekerja.

Sistem Upah Yang Berlaku Di Indonesia

Ada macam-macam sistem upah yang berlaku di Indonesia. Akan tetapi, umumnya ada tiga jenis sistem yang berlaku di tanah air, antara lain:

macam sistem upah

  • Satuan Waktu

    Perusahaan yang menerapkan sistem upah satuan berdasarkan waktu biasanya membayar karyawan secara rutin pada tanggal yang sama setiap bulan. Misalnya, tanggal 25 atau tanggal 1. Selain itu, sistem satuan berdasarkan waktu juga bisa ditetapkan pembayaran dengan hitungan per minggu, per jam, per hari, dan sebagainya.

    Misalnya, ada pekerja lepas harian atau pekerja lembur yang dihitung berdasarkan berapa jam ia sudah bekerja.

  • Satuan Hasil

    Perusahaan yang menerapkan sistem satuan hasil umumnya menentukan gaji dari berapa jumlah yang bisa dihasilkan oleh karyawan. Misalnya, dalam perusahaan konveksi pakaian, dalam satu hari karyawan bisa menjahit 3 baju.

    Maka, besaran upahnya dikalikan dengan berapa pieces baju yang bisa dijahit dalam satu bulan. Semakin banyak jumlah baju yang bisa dijahit atau diproduksi oleh si karyawan, maka jumlah upahnya juga semakin tinggi. Tentunya, hal ini juga meningkatkan omzet perusahaan.

    [elementor-template id="26379"]

  • Borongan

    Selanjutnya, upah borongan adalah pembayaran yang didasarkan pada kesepakatan antara pemberi kerja dan karyawan sesuai volume pekerjaan. Pembayaran gaji sistem upah borongan adalah upah dari awal hingga pekerjaan selesai dikerjakan dan disetujui. Jadi, sistem borongan ini harganya tetap dari awal sampai akhir pekerjaan, tidak ada tunjangan atau bonus lainnya.

    Misalnya, upah borongan dapat dijumpai pada pekerja proyek gedung atau proyek bangunan rumah. Upah dibayarkan secara borongan dengan harga tetap dari awal sampai akhir gedung selesai dibangun.

Nah, itu dia tiga macam sistem yang paling umum dijumpai di Indonesia. Selain ketiga sistem di atas, masih ada macam macam sistem lainnya. Seperti kemitraan usaha, prestasi, bonus, indeks, premi, dan sebagainya.

Sebelum menerapkan sistem tersebut, pastikan agar pengelolaan upah karyawan selalu tepat waktu dan akurat. Kini, tak perlu lagi ribet membuat pembukuan dan mencatat biaya upah atau gaji secara manual. Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk pembukuan praktis, modern, dan rapi.

Membuat laporan keuangan akan semakin mudah dengan fitur-fitur fungsional. Seperti rekonsiliasi bank otomatis, mengirimkan invoice dengan share link, penghitungan simple manufacturing, pencatatan transaksi lebih mudah, hingga laporan keuangan realtime. Melalui aplikasi Harmony, Anda juga bisa lebih mudah menghitung sistem biaya upah karyawan.

Software Akuntansi Harmony telah menghadirkan kemudahan berbisnis melalui teknologi bagi banyak pebisnis dan UKM di tanah air. Fitur dan modul pembukuan modern yang mudah diintegrasikan menciptakan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya untuk produktivitas perusahaan. Tentunya hal tersebut didukung dengan 400+ fitur akuntansi yang telah dikembangkan. Harmony juga bisa digunakan walau Anda tidak memiliki latar belakang akuntansi sekalipun. Jadi, tunggu apalagi? Tak perlu ragu, coba GRATIS Harmony selama 30 Hari klik di sini. Info selengkapnya, follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram