Harmony Blog

Single Entry VS Double Entry : Manakah Yang Harus Digunakan Pebisnis?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

single entryPin

Dalam akuntansi terdapat istilah single entry dan double entry. Single entry adalah salah satu metode pencatatan akuntansi. Single entry adalah metode pencatatan yang telah ada lebih dari 5 dekade begitu pula dengan double entry. Double entry maupun single entry adalah metode pencatatan yang digunakan UMKM maupun korporasi berskala besar.

Single entry adalah metode pencatatan yang menggunakan satu akun saja dalam setiap pencatatan transaksinya.

Pengertian Single Entry

Single entry adalah pencatatan yang dilakukan dalam pembukuan entry tunggal. Metode single entry merupakan daftar transaksi yang mempengaruhi cash flow

Single entry adalah pencatatan yang dilakukan hanya satu kali saja. Contoh single entry adalah pencatatan dimana penerimaan kas dicatat sebagai kas masuk sementara pembayaran kas dicatat sebagai kas keluar. Untuk perusahan kecil single entry adalah metode pencatatan yang sederhana, praktis dan mudah untuk dimengerti.

Pengertian Double Entry

Double entrymerupakan sistem pencatatan yang berlaku saat ini. Dalam metode ini minimal digunakan dua akun dalam pencatatan transaksi keuangan. Pencatatan double entry menggunakan persamaan  seperti :

Liabilitas + Ekuitas = Asset

Pada laporan keuangannya khususnya neraca memiliki nilai yang sama antara pasiva dan aktiva. Penjurnalan antara debit dan kredit memiliki nilai yang imbang. Double entry cocok untuk perusahaan yang ingin menghasilkan laporan keuangan berupa neraca maupun laba rugi.

Keuntungan dan Kerugian Single Entry dan Double Entry

Kedua metode ini masih eksis hingga saat ini namun metode double entry paling banyak digunakan karena mampu memberikan kontrol keuangan penuh dan dibutuhkan dalam laporan perpajakan. Meskipun begitu berikut keuntungan dan kerugian dari single entry dan double entry dibawah ini :

• Keuntungan dan Kerugian Single Entry

Keuntungan single entry adalah mudah sekali dipahami karena formatnya yang sederhana. Dalam single entry terdapat dua daftar yakni pendapatan dan pengeluaran. Pengguna single entry adalah bisnis yang tidak memerlukan laporan keuangan penuh untuk keperluan pajak.

Penggunaan single entry biasanya digunakan dalam pencatatan pembukuan pemerintahan. Bisnis rumahan atau bisnis kecil dengan kepemilikan tunggal juga menggunakan single entry.

Penggunaan single entry adalah didasarkan pada kas. Basis kas adalah teknik pencatatan dimana transaksi baru dicatat ketika uang benar diterima atau dikeluarkan. Biarpun begitu single entry memiliki kelemahan yakni sulit mengontrol setiap transaksi yang terjadi. Apalagi bila terjadi kesalahan maka akan sulit untuk menemukan letak kesalahannya.

• Keuntungan dan Kerugian Double Entry

Pencatatan berdasarkan double entry umumnya menggunakan accrual basis. Pencatatan accrual basis didasarkan ketika transaksi terjadi misalnya saja beban asuransi yang ditanggung pada periode tersebut yang sebelumnya telah dibayarkan dimuka.  Double entry memang lebih rumit ketimbang single entry dan membutuhkan skill akuntansi yang memadai.

Walaupun begitu informasi finansial yang tersaji lengkap dan lebih akurat. Selain itu sistem double entry juga mencatat informasi keuangan secara terperinci sehingga bisa mendeteksi kesalahan dini. Penggunaan double entry mampu mendeteksi penipuan yang terjadi.

Pengguna double entry umumnya bisnis besar yang usahanya memiliki beberapa piutang dan hutang. Dibutuhkan pula biaya pekerja atau tenaga ahli pembukuan bila Anda menggunakan double entry. Waktu pencatatan transaksi dengan metode ini lebih lama ketimbang single entry. Biarpun begitu adanya human error bisa terdeteksi dengan cepat.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Menerapkan Double Entry Dengan Harmony

Untuk menangani kebutuhan pembukuan Anda gunakan saja Harmony Accounting Software. Software akuntansi ini bukanlah software sembarangan karena unggul dalam membuat laporan keuangan. Kegiatan pembukuan double entry seperti posting ke buku besar,  membuat invoice dan penawaran hingga rekonsiliasi bank bisa lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.

Bila dibandingkan dengan software akuntansi lainnya Harmony memiliki kelebihan didukung oleh semua bank. Pembuatan akun virtual yang bebas biaya. Software bisa diatas namakan perusahaan dan pengguna tanpa batas.  Biaya berlangganan yang jauh lebih terjangkau dan bisa menggunakan mata uang ganda.

Selain itu Anda juga bisa melakukan pelacakan tagihan hingga pembayaran tagihan secara otomatis. Tak hanya itu saja Anda bahkan bisa menggunakan software Harmony GRATIS 30 Hari cukup dengan membuat akun disini. Anda juga bisa berkonsultasi seputar keuangan atau pembukuan dengan kami.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK