Simak, Bagaimana Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat Dalam Bisnis?
Harmony Blog
Marketing
Simak, Bagaimana Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat Dalam Bisnis?
September 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Target pasar merupakan hal yang mendasar dalam menjalankan bisnis, maka Anda perlu untuk menentukannya terlebih dahulu. Menentukan target pasar merupakan salah satu bagian dari strategi perusahaan yang perlu dilakukan di awal untuk menyusun strategi-strategi lainnya.

Apabila Anda memiliki pengenalan dan pemahaman  yang baik mengenai target pasar bisnis Anda, maka peluang Anda untuk menjangkau para konsumen akan menghasilkan peluang dan keuntungan yang lebih tinggi.

Strategi‌ ‌pemasaran‌ ‌yang‌ ‌baik‌ ‌dimulai‌ ‌dengan‌ ‌menentukan‌ ‌target‌ ‌pasar‌ ‌yang‌ ‌potensial.

Jika Anda melakukannya dengan strategi pemasaran yang benar, maka tidak butuh waktu yang lama bagi bisnis Anda untuk mulai dikenal dengan calon konsumen lainnya. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan target pasar yang tepat, simak penjelasannya dibawah ini

Apa ituTarget Pasar ?

Target pasar menurut Kotler adalah usaha untuk memilih satu segmen pasar atau lebih untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar yang telah ditentukan.

Namun secara umum, target pasar adalah kelompok konsumen atau pelanggan yang menjadi sasaran bisnis untuk melakukan pendekatan. Dilakukannya target pasar agar kelompok konsumen tersebut membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Namun sebelum Anda menentukan target pasar, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar merupakan strategi atau cara yang digunakan dalam sebuah bisnis untuk mengelompokkan produk berdasarkan karakteristik yang berbeda.

Target market juga bisa diartikan sebagai kelompok konsumen yang dicari oleh pebisnis atau pemilik perusahaan agar bisa membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Cara Menentukan Target Pasar

Sebelum Anda melakukan target pasar, ada baiknya Anda harus memperhatikan bagaimana cara menentukan sebuah target tersebut. Berikut penjelasannya :

1. Tentukan Ukuran Segmen

Dalam menentukan ukuran segmen berarti mengukur apakah jumlah konsumen yang ada dalam segmen tersebut cukup besar dan menjanjikan bagi bisnis yang akan dijalankan. Namun besar kecilnya ukuran segmen ini berkaitan dengan peluang bisnis dalam mendapatkan banyak pembeli saat sudah beroperasi.

Maka dari itu perhatikan ukuran segmen yang akan dituju untuk memutuskan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk dilanjutkan atau tidak bagi bisnis Anda.

2. Pantau Pertumbuhan Segmen

Setelah Anda menetapkan ukuran segmen, hal lain yang harus di perhatikan adalah melihat potensi pertumbuhan segmen tersebut. Lalu perhatikan pertumbuhan segmen yang akan dituju untuk melihat kemungkinan bisnis akan berkembang di masa yang akan datang. Meskipun ukuran segmen  saat ini memiliki relatif yang sangat kecil, namun tidak menutup kemungkinan segmen tersebut akan memiliki perkembangan. Sebab pada dasarnya, segmen yang memiliki relatif yang kecil adalah segmen pasar yang potensial.

3. Analisa Situasi Pasar

Anda harus menganalisa situasi secara teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar tersebut. Dalam menganalisa situasi tersebut harus berhubungan dengan konsumen, para pemasok, dan para distributor dengan menggunakan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

4. Perhatikan Sumber Daya

Cobalah perhatikan sumber daya yang didapat perusahaan. Seperti contoh, saat sumber daya bisnis berasal dari kerjasama dengan pihak lain, pebisnis harus menyadari bahwa semua keuntungan serta risiko berbisnis harus bisa ditanggung secara bersama-sama.

5. Memastikan Jumlah Dana yang Tersedia

Ada baiknya Anda terlebih dahulu memperhatikan dana yang disediakan perusahaan Anda, apabila perusahaan menyediakan dana yang sedikit jangan mengambil risiko untuk menentukan target pasar yang besar. Oleh sebab itu usahakan keseimbangan antara dana dan target pasar yang menjadi sasaran tujuan.

Baca Juga : Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal

custom-form-newsletter

Macam-Macam Strategi Target Pasar

Berikut beberapa macam-macam target pasar yang perlu Anda ketahui :

Mass Marketing

Yang dimaksud dengan mass marketing adalah salah satu upaya sebuah target untuk menjual produk ke semua orang. Dalam strategi ini memang tidak menerapkan segmentasi khusus untuk konsumennya. Karena setiap produk yang dijual bersifat umum dan ditujukan untuk semua orang. Seperti contoh adalah produk untuk penggunaan sehari-hari, yaitu sabun, sikat gigi, shampo dan lainnya.

Apabila jenis produk yang Anda ciptakan bersifat umum, strategi ini bisa Anda gunakan. Maka Anda dapat berfokus kepada bagaimana semakin banyak orang mengetahui dan membeli produk Anda.

Undifferentiated Marketing

Jenis target pasar selanjutnya ialah undifferentiated marketing, jenis target ini merupakan salah satu cara perusahaan yang dilakukan untuk meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan pada kemasan-kemasan barang dalam rangka memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.

Untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen, Anda dapat menggunakan metode balance scorecard agar lebih efisien dan efektif.

Differentiated Marketing

Differentiated marketing adalah suatu usaha yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengidentifikasi dengan membagi pasar dalam dua kelompok atau lebih. Maka oleh sebab itu sebuah perusahaan harus membuat produk yang memiliki berbagai variasi yang berbeda-beda untuk masing-masing segmen pasar yang ada, seperti contoh pemasaran produk makanan yan memiliki beberapa varian rasa yang berbeda-beda. 

Dilakukannya cara ini agar meningkatkan jumlah penjualan barang dan jasa, serta untuk mendapat kedudukan yang kuat di setiap segmen pasarnya. Tetapi  hal ini juga dapat diterapkan pada jenis usaha yang sudah melakukan perkembangan dengan memiliki banyak variasi produk dengan inti nilai produk yang kuat di sejumlah segmen pasar.

Concentrated Marketing

Strategi target pasar concentrated marketing adalah suatu usaha perusahaan yang dilakukan untuk memusatkan pemasaran produk-produknya pada satu atau beberapa kelompok pembeli yang dianggap potensial saja.

Manfaat dari target pasar concentrated marketing ini agar perusahaan mampu memusatkan pemasaran pada segmen pasar yang dilayaninya saja. Maka dengan begitu sebuah perusahaan bisa memperoleh penghematan waktu dalam operasi pemasaran, karena adanya spesialisasi dalam hal produk, promosi, harga, dan distribusi.

Contoh Target Pasar

Dibawah ini akan dijelaskan contoh target pasar agar Anda dapat mengetahui lebih luas. Misalnya Anda mempunyai bisnis di bidang kosmetik untuk para orang dewasa, berikut contoh target pasarnya :

Produk yang ingin Anda jual

Kosmetik untuk mencegah penuaan dengan menggunakan 100% bahan alami.

Lokasi Penjualan

Terdapat di kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dll.

Demografi :

Wanita usia 19-35 tahun.

Kebiasaan Calon Pembeli :

1. Memilih untuk berbelanja secara online.

2. Rajin mengakses sosial media instagram maupun facebook.

3. Sering melihat toko online melalui handphone maupun komputer.

4. Selalu mengutamakan produk kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan yang alam.

Sebelum memulai bisnis, penentuan target pasar memang penting dilakukan untuk mengetahui target sasaran konsumen. Anda pun harus menguasai semua hal-hal penting yang berhubungan dengan pemasaran baik lokal maupun dalam ranah nasional sampai internasional.

Jika ingin mencapai target pasar yang internasional, Anda harus menguasai manajemen pemasaran internasional juga dan hal-hal lain yang terkait dengan pemasaran luar negeri, agar target pemasaran Anda semakin meluas dan terkenal dunia.

Tentunya tujuan ini pun harus didukung oleh sistem yang baik. Seperti khususnya dalam pengelolaan keuangan, Anda memerlukan software akuntansi online, yang dapat integrasi keuangan perusahaan Anda yang ada dalam negeri maupun luar negeri. Harmony adalah software akuntansi yang dapat Anda gunakan, Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 hari, silahkan Anda dapat mendaftar disini.

Harmony juga menyediakan jasa akuntansi jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service. Ikuti perkembangan dunia bisnis, perpajakan, keuangan, dan lainnya, melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/