Harmony Blog

Siklus Akuntansi Biaya : Pengertian Lengkap dan Jenis- Jenisnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Siklus Akuntansi BiayaPin

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah akuntansi? Akuntansi ini sangat dibutuhkan dan mempunyai banyak peran dalam peroses keuangan bisnis ataupun perusahaan. Bagaimana jadinya jika perusahaan Anda tidak menggunakan akuntansi sebagai proses dalam mengontrol setiap keuangan perusahaan Anda? Tentunya itu akan mempersulit Anda dalam mengontrol setiap keuangan dan perusahaan Anda. Maka dari itu penting bagi Anda dalam mempelajarinya. Dengan adanya akuntansi pencatatan dan penjabaran informasi keuangan juga bisa dicatat dengan cara sistematis. Namun dalam akuntansi, Anda juga perlu tau mengenai apa itu siklus akuntasi biaya, dan apa saja jenis-jenis yang terdapat dalam siklus akuntansi biaya.

Apa Itu Siklus Akuntansi Biaya  ?

Siklus akuntansi biaya merupakan tahap atau proses dalam melakukan sebuah  analisis pencatatan transaksi bisnis.

Proses yang dilakukan selama periode akuntansi dalam mencatat data, mengklasifikasikan, menentukan total biaya, menentukan biaya produk, menentukan harga jual, mengendalikan biaya dan pengambilan keputusan. Seperti contoh dalam sebuah perusahaan industri, tentunya terdapat sebuah kegiatan produksi seperti dalam mengelolah bahan baku menjadi sebuah produk yang dijual kepada konsumen. Maka bisa kita lihat, bahwa dalam siklus akuntansi terdapat beberapa tahap atau  proses yang harus di lakukan dalam melakukan siklus akuntansi tersebut.

Jenis-Jenis Siklus Akuntansi Biaya

Tentunya siklus akuntansi biaya mempunyai beberapa jenis, namun dari beberapa jenis siklus akuntasi, dalam tiap perusahaan siklus akuntansi biaya yang dimiliki tentunya berbeda beda, sebab dipengaruhi dengan siklus kegiaatan atau proses yang di lakukan dalam setiap masing masing perusahaan. Berikut jenis-jenisnya:

1. Siklus Akuntansi Biaya Pada Perusahaan Dagang

Pada perusahaan dagang merupakan perusahaan yang mengutamakan bisnisnya dalam membeli barang dari pemasok atau distributor dan menjualnya kepada konsumen tanpa merubah suatu bentuk barang. Sebagai contoh adalah toko kelontong dan supermarket. Dalam hal berbisnis membeli kebutuhan sehari-hari merupakan kewajiban dari suatu pemasok dan menjualnya kembali kepada konsumen.

Siklus akuntansi dalam perusahaan perdagangan tidak berbeda dengan perusahaan jasa. Entah perusahaan jasa atau perusahaan dagang harus mencatat semua transaksi dalam jurnal dan kemudian secara berkala dicatat dalam akun dalam buku besar. Pada suatu akhir periode, jumlah saldo akun dihitung dan harus dinyatakan dalam lembar kerja sebagai alat informasi untuk menyiapkan suatu laporan keuangan. Jurnal penyesuaian dan jurnal penutup juga dilakukan dalam perusahaan perdagangan, serta persiapan saldo uji coba pasca-penutupan harus dilakukan sebagai tahap akhir dalam siklus akuntansi.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Memahami siklus akuntansi untuk perusahaan dagang tampaknya rumit, namun itu perlu karena itu adalah persyaratan dalam penyusunan laporan keuangan. Agar memahami aliran laporan keuangan diharapkan pengguna untuk dapat mengetahui dan mengenali posisi keuangan yang akurat.

2. Siklus Akuntansi Biaya Pada Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memiliki beberapa akun yang berbeda dibandingkan dengan perusahaan jasa dan merchandising. Ini termasuk tiga jenis akun persediaan yaitu, bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi. Dimana
setiap barang yang sudah jadi akan dimasukan dan di simpan dalam gudang penyimpanan. Siklus akuntansi biaya yang terdapat pada perusahaan manufaktur dimulia dari pencatatan harga dari setiap barang baku yang akan digunakan, kemudian mencatat biaya-biaya yang dikeluarkan lainya seperti biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan lainya.
akuntansi biaya pada perusahaan manufaktur memiliki tujuan dalam menyajikan informasi harga pokok produksi, dan siklus akuntansi ini juga dipakai untuk mengikuti proses pengelolahan sebuah produk, mulia dari awal masuknya bahan baku dalam proses produksi, serta diakhiri dengan penyimpanan dan menjadi sebuah produk yang siap untuk dipasarkan.

3. Siklus Akuntansi Biaya Pada Perusahaan Jasa

Kegiatan dalam siklus akuntansi biaya pada perusahaan jasa adalah dimulai dengan persiapan penyerahan jasa dan berakhir pada pengguna jasa tersebut.  Siklus pada perusahaan saja ini dimulai dari pencatatan biaya-biaya  untuk persiapan penyerahan saja sampai pada tangan pengguna jasa. Tujuannya adalah untuk menyajikan harga pokok per satuan jasa, yang digunakan oleh pengguna jasa.

Dalam siklus akuntansi biaya merupakan bagian terpenting dalam melakukan sebuah penghitungan baik terhadap biaya yang ingin dikeluarkan dalam membuat sebuah produk, ataupun mencatat setiap penghitungan keuangan  bisnis yang Anda jalankan. Maka dari itu, untuk menghasilkan pencatatan keuangan yang rapih, dan terhindar dari salahnya perhitungan dalam penyusunan laporan keuangan. Anda bisa menggunakan Software Akukntansi Harmony.

Harmony merupakan software akuntansiyang dapat membantu Anda dalam menyediakan lebih dari 20 laporan keuangan secara real-time. Dengan sistem berbasis cloud dan teknologi yang canggih, lebih mudah bagi Anda untuk mengerjakannya walau Anda tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Saksikan bagaimana Harmony membantu para pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur melalui konferensi tahunan kami yaitu Fintax Fair. Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software Harmony Gratis 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK