Harmony Blog

Siapa Saja Pengguna Laporan Keuangan dan Perannya Dalam Bisnis?

Diposting Jul 22nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pengguna Laporan KeuanganPin

Untuk membuat sebuah laporan keuangan yang tepat, Anda perlu tahu dulu siapa saja pengguna laporan keuangan. Setelah memahami pengguna laporan keuangan, Anda bisa menentukan jenis laporan keuangan beserta karakteristik laporan keuangan. Pada gilirannya, laporan keuangan yang dibuat akan lebih pas dan memaksimalkan manfaat laporan keuangan.

Konsumen juga bisa menjadi pengguna laporan keuangan. Kenapa? Sebab, pelanggan juga butuh informasi mengenai kemajuan dan perkembangan bisnis Anda.Click to Tweet

Dari berbagai tips pembukuan dapat diperoleh kesimpulan bahwa agar fungsi laporan keuangan berhasil, maka neraca saldo atau laporan keuangan adalah salah satu bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan pemilik bisnis dan mengetahui kondisi keuangan usaha.

Akan tetapi, sebenarnya siapa – siapa saja yang menjadi pengguna laporan keuangan? Lalu, apa saja jenis laporan keuangan?

Siapa Saja Pengguna Laporan Keuangan?

Pengguna laporan keuangan adalah badan usaha atau orang pribadi yang memakai laporan keuangan untuk kepentingan masing-masing. Pemakai laporan keuangan adalah pihak eksternal atau pihak internal. Berikut beberapa pemakai laporan keuangan adalah:

  1. Penanam Modal

    Pengguna laporan keuangan yang pertama adalah penanam modal. Orang yang ingin berinvestasi atau menanamkan modal, butuh data akurat untuk menganalisis kondisi keuangan suatu bisnis.

    Siapa pengguna laporan keuanganPin

    Umumnya, dikenal dengan jenis laporan keuangan manajerial. Nah, dari fungsi laporan keuangan investor bisa menilai apakah suatu bisnis prospektif atau tidak. Namun Anda juga perlu mengetahui karakteristik laporan keuangan sebelum membuatnya.

  2. Pegawai

    Selanjutnya, pemakai laporan keuangan adalah pegawai. Misalnya, mereka ingin mengetahui sejauh mana kemampuan perusahaan untuk solvent (mampu membayar hutang) atau justru defisit.

  3. Supplier

    Tidak menutup kemungkinan, pemakai laporan keuangan adalah dari pihak supplier. Fungsi laporan keuangan adalah menyajikan data akurat tentang kondisi keuangan perusahaan. Maka, supplier dapat melihat hal ini dari laporan keuangan. Misalnya, supplier ingin tau perusahaan dapat melunasi hutang atau tidak.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Konsumen

    Konsumen juga bisa menjadi pengguna laporan keuangan. Kenapa? Sebab, pelanggan juga butuh informasi mengenai kemajuan dan perkembangan bisnis Anda. Terutama, bagi konsumen yang memang ikut terlibat dalam jangka panjang atau sekaligus mitra usaha.

  5. Publik

    Bahkan, saking beragamnya pengguna laporan keuangan, bisa jadi laporan keuangan Anda akan diakses oleh publik atau masyarakat luas. Dalam hal ini, fungsi laporan keuangan adalah untuk meyakinkan masyarakat tentang kinerja dan kondisi keuangan usaha Anda. Sehingga, bisa mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong memakai produk atau jasa Anda, maupun berinvestasi.

    Baca Juga: 5 Tips Pembukuan Praktis Untuk Bisnis Kedai Kopi

  6. Pemerintah

    Pemerintah juga tak luput sebagai salah satu pengguna laporan keuangan. Umumnya, pemerintah ingin memantau atau memonitoring soal kebijakan perpajakan dari jenis laporan keuangan fiskal.

  7. Kreditur

    Biasanya, pengguna laporan keuangan seperti bank atau lembaga keuangan menyediakan sejumlah dana untuk modal usaha. Nah, Anda perlu menyajikan laporan keuangan agar kreditur atau bank semakin percaya dengan bisnis Anda, sehingga mau memberikan pinjaman modal.

Semoga makin jelas ya, pembahasan mengenai pengguna laporan keuangan kali ini. Pada dasarnya, pengguna laporan keuangan bisa sangat beragam, maka itu jenis laporan keuangan juga cukup banyak.

Tapi, Anda tak perlu repot membuat laporan keuangan sendiri. Sebab, dengan Software Akuntansi Harmony, menyajikan pembukuan dan laporan keuangan semakin cepat, akurat, dan semudah beberapa klik saja.

Software Akuntansi Harmony menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan yang siap digunakan secara real-time, kapan saja dan di mana saja.

Sehingga, memonitoring atau melacak kondisi keuangan bisnis menjadi lebih mudah dan modern. Termasuk ketika Anda menjalankan protokol kesehatan Work From Home (WFH).

Dengan software akuntansi canggih seperti Harmony Accounting Software, segala kebutuhan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan bisa terpenuhi. Ayo konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami melalui live chat Harmony.

Mengakses laporan keuangan seperti persediaan, laporan laba-rugi, laporan perubahan modal, hingga laporan penjualan, semua bisa dilakukan dengan mudah, karena tampilan yang praktis akan membantu Anda.

Tunggu apalagi? Yuk, buktikan fitur dan modul akuntansi terbaik dari Software Akuntansi Harmony sekarang. Klik di sini untuk daftar FREE Trial selama 30 hari.

Ingin mengenal Harmony lebih lanjut? Jangan lupa, ikuti terus akun Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk update aktivitasnya setiap hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony