Harmony Blog

Seperti Apa Sunk Cost Dalam Akuntansi dan Contohnya?

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

sunk costPin

Dalam siklus akuntansi, terdapat beberapa biaya yang tidak bisa dipulihkan karena beberapa kondisi. Biaya-biaya seperti ini lebih sering disebut dengan sunk cost. Setiap bisnis bisa saja mengalami sunk cost yang pada akhirnya akan mempengaruhi anggaran keuangan usaha. Dalam manajemen risiko, kemungkinan terjadi sunk cost sangat berkaitan erat dengan penerapan skala prioritas pengelolaan keuangan karena berhubungan dengan biaya-biaya yang pastinya tidak bisa lagi kembali ke dalam kas usaha.

Contoh biaya yang akan mengalami sunk cost misalnya biaya pembelian persediaan atau biaya bahan baku.

Pengertian Sunk Cost

Agar mudah dimengerti, pengertian sunk cost adalah sama dengan biaya yang hangus. Jadi, sunk cost artinya biaya yang telah dikeluarkan dalam suatu bisnis dan tidak dapat dipulihkan kembali. Biaya-biaya yang tergolong sunk cost cenderung berhubungan dengan biaya prospektif seperti biaya yang akan dihadapi perusahaan di masa depan. Contoh biaya yang akan mengalami sunk cost misalnya biaya pembelian persediaan atau biaya bahan baku.

Sunk cost tidak dapat dipulihkan sehingga tidak boleh dipertimbangkan ketika membuat keputusan. Adanya sunk cost tidak bisa menjadi bahan untuk terus berinvestasi dalam proyek yang sedang berlangsung. Sunk cost tidak relevan dalam pengambilan keputusan karena tidak mempengaruhi jalannya keputusan sehingga tidak akan membutuhkan pengeluaran uang tunai di masa depan.

Sunk cost bisa juga berperan sebagai opportunity cost di dalam anggaran perusahaan. Opportunity cost adalah keputusan untuk memanfaatkan biaya dengan memilih beberapa peluang yang ada. Namun, keputusan untuk mengambil sunk cost sebagai opportunity cost menyebabkan perusahaan harus rela menyediakan anggaran pengganti di masa depan.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Biaya Peluang

Memahami Contoh dan Solusinya

Sebenarnya, ada banyak sunk cost yang terjadi dalam bisnis, khususnya untuk keperluan produksi. Misalnya pembelian mesin pabrik yang mahal dengan garansi pembelian yang hanya setahun saja. Setelah setahun, ternyata mesin pabrik tersebut rusak dan tidak dapat lagi menghasilkan produk dengan maksimal.

Dampaknya, jika perusahaan harus memaksakan penggunaan mesin tersebut, maka hasil produksi tidak akan maksimal. Sedangkan jika harus mengganti dengan mesin pabrik yang baru, perusahaan harus mengeluarkan anggaran yang sangat mahal.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh sunk cost yang lain adalah pembelian aplikasi yang mahal tetapi sulit diterapkan. Jika aplikasi tersebut tetap diterapkan, maka akan menghambat kecepatan proses produksi dan pendistribusian barang pesanan. Namun, jika tidak digunakan aplikasi perusahaan tidak bisa melakukan penjualan.

Solusinya adalah perusahaan harus mengganti aplikasi yang baru dan mudah diterapkan, meskipun harus mengeluarkan biaya yang tidak mudah. Manajemen perusahaan akan mempertimbangkan banyak hal. Misalnya, daripada menambah biaya menggunakan barang atau aplikasi yang tidak berguna, lebih baik menyatakan sebagai sunk cost.

Sehingga, bisa mencari mesin atau aplikasi pengganti yang tidak berpotensi sunk cost. Kemungkinan, manajer atau staf yang terlibat dalam pembelian suatu mesin akan berusaha mempertahankan supaya barang tersebut bisa digunakan. Sebab, menyangkut kredibilitas dalam memutuskan pembelian.

Untuk mengatasi kerugian akibat sunk cost, peran akuntan harus memberikan wawasan supaya setiap yang berkepentingan bisa melihat pembelian sebagai sunk cost. Akhirnya, perusahaan tidak perlu mengambil keputusan untuk melakukan pembelian yang merugikan secara ekonomis di masa depan.

Peran seorang akuntan dalam bisnis bisa mengatasi kemungkinan sunk cost di perusahaan Anda. Maka dari itu, berikan fasilitas terbaik untuk divisi akunting perusahaan Anda dengan software Akuntansi Harmony. Daftar sekarang di sini untuk nikmati semua fitur dan modulnya GRATIS 30 hari. Lengkapi pula informasi harian Anda dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony