Harmony Blog

Seperti Apa Ekonomi Politik dan Jenis Pendekatannya?

Diupdate Apr 9th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

ekonomi politikPin

Sesuai dengan namanya, ekonomi politik memang telah menjadi salah satu ilmu sosial yang tidak bisa dipisahkan. Baik dilihat dari segi ekonomi maupun dari segi politiknya, kedua ilmu ekonomi ini memang saling berkaitan erat antara satu dengan yang lain.

Ekonomi politik adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari dua disiplin ilmu, yakni politik dan ekonomi.Click to Tweet

Ekonomi politik sangat penting dipelajari dan diterapkan dengan strategi yang baik dan terarah untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi di suatu negara. Oleh karena itu, pemahaman mengenai ekonomi politik dan jenis-jenis pendekatannya sangat perlu untuk dipahami oleh banyak orang.

Apa itu Ekonomi Politik?

Ekonomi politik adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari dua bagian disiplin ilmu, yakni politik dan ekonomi. Sehingga kesimpulannya ekonomi politik adalah ilmu pengetahuan tentang kekayaan dan berhubungan dengan usaha-usaha yang dibuat manusia untuk memenuhi keinginan dan memuaskan hasrat.

Apa itu ekonomi politikPin

Sedangkan jika diartikan secara sempit, ekonomi politik adalah kajian tentang relasi sosial, khususnya relasi kekuasaan yang bersama-sama membentuk produksi, distribusi, dan konsumsi sumber daya ataupun sumber daya komunikasi.

Jika kita sederhanakan pengertian tersebut, maka bisa dikatakan bahwa ekonomi politik adalah ilmu yang mempelajari dua disiplin ilmu berbeda, yaitu ekonomi dan politik, dimana bisa disebut juga sebagai politik ekonomi atau kebijakan ekonomi yang merupakan cara-cara atau tindakan yang dilakukan pemerintah (politik) di bidang ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran masyarakat.

Contoh Ekonomi Politik

Contoh ekonomi politik yang biasa ditetapkan oleh suatu negara, antara lain sebagai berikut.

  • Penetapan Harga Maksimum

    Salah satu contoh ekonomi politik adalah penetapan harga maksimum. Dalam menetapkan harga maksimum bisa dilakukan di berbagai sektor baik perdagangan, kesehatan, maupun transportasi. Sebagai contoh seperti penetapan harga obat-obatan di apotek, harga BBM, harga tiket bus, kereta api, dan sebagainya.

  • Penetapan Upah Minimum Regional (UMR)

    Selain penetapan harga maksimum, penetapan UMR juga menjadi salah satu contoh ekonomi politik. UMR merupakan penetapan upah minimal yang menjadi standar gaji yang berlaku bagi seluruh kabupaten atau kota dalam satu provinsi.

Jenis Pendekatan Ekonomi Politik

Dalam ekonomi politik dikenal dua jenis pendekatan, yaitu pendekatan pilihan publik dan pendekatan neo-marxis.

  • Pendekatan Pilihan Publik

    Dalam pendekatan pilihan publik menekankan pada analisisnya yang tertuju kepada aktor yang mana dianggap sebagai pelaku dalam kegiatan ekonomi dan politik. Pendekatan pilihan publik dapat digunakan untuk mempelajari perilaku aktor politik dan dapat pula digunakan sebagai petunjuk dalam pengambilan kebijakan publik yang efektif.

    Namun, karena sifatnya yang longitudinal yang merupakan suatu kebutuhan metode penelitian yang berdasarkan pada masa tertentu secara relatif lama. Sehingga mengakibatkan hasil yang didapatkan dari model-model pilihan publik akan berbeda-beda dari satu negara dengan negara lainnya.

  • Pendekatan Neo-Marxis

    Pendekatan neo-marxis menekankan pada analisis yang menyeluruh terhadap pentingnya aspek-aspek ekonomi makro dari kedua sistem, yaitu sistem ekonomi dan sistem politik.

    Pendekatan ini memiliki model yang berusaha membandingkan secara eksplisit atau langsung, seperti menyoroti berbagai perbedaan antar negara, baik dalam bidang kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi, maupun ketergantungan kelas sosial di masyarakat.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Sistem Politik Ekonomi Liberal Vs Kerakyatan

Dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi, seseorang membutuhkan sebuah kebijakan ekonomi maupun instrumen kebijakan moneter untuk mengatur jalannya roda perekonomian. Sistem ekonomi politik yang baik bukanlah sistem politik ekonomi liberal yang memberikan kebebasan sepenuhnya kepada setiap individu.

Sistem politik ekonomi liberal di nilai kurang baik karena mengedepankan keuntungan individu dari pada keuntungan atau kesejahteraan bersama. Sistem politik ekonomi liberal sangat menjunjung tinggi hak kepemilikan pribadi, di mana ini sangat bertentangan dengan demokrasi.

Berbeda halnya dengan sistem politik ekonomi kerakyatan. Dengan menjunjung tinggi kepentingan bersama maka sistem politik ekonomi kerakyatan dapat menjadi salah satu sistem politik ekonomi terbaik yang bisa diterapkan sesuai dengan demokrasi.

Sistem politik ekonomi berjiwa kerakyatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan bersama serta mendukung peran BUMN perekonomian dalam menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.

Bukan hanya perekonomian negara yang perlu didukung. Tetapi, siklus keuangan dan pembukuan perusahaan Anda juga membutuhkan dukungan teknologi yang modern. Software Akuntansi Harmony siap membantu menyederhanakan tugas pembukuan perusahaan menjadi lebih praktis, cepat, dan modern.

Fiturnya dilengkapi monitoring invoice, pengeluaran biaya, rekonsiliasi bank otomatis, hingga laporan keuangan yang realtime. Yuk, nikmati proses pembukuan yang lebih modern dan cepat dengan memakai software akuntansi Harmony secara GRATIS (30 hari) klik di sini sekarang.

Untuk informasi selengkapnya, Anda juga bisa mengikuti akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony