Harmony Blog

Rumus Pertumbuhan Penjualan, Contoh Perhitungan dan Peran Pentingnya

Diposting Agu 26th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Rumus Pertumbuhan PenjualanPin

Bagaimana rumus pertumbuhan penjualan? Seperti diketahui, formula sales growth atau rumus pertumbuhan penjualan adalah metode untuk mengukur sejauh mana kinerja penjualan selama periode tertentu.

Dengan rumus pertumbuhan penjualan, perusahaan bisa lebih mudah memprediksi kemajuan usaha, melakukan studi kelayakan usaha, dan menindaklanjuti pertumbuhan ekonomi usaha ke depannya.

Rumus pertumbuhan penjualan atau formula sales growth adalah suatu metode yang dipakai untuk mengetahui berapa peningkatan penjualan produk dalam periode tertentu.Click to Tweet

Angka dan data yang diperoleh dari rumus pertumbuhan penjualan bisa menjadi salah satu acuan memutuskan kebijakan penting dan melakukan evaluasi penelitian terkait pertumbuhan penjualan usaha.

Apa Itu Formula Sales Growth Atau Rumus Pertumbuhan Penjualan?

Secara singkat, rumus pertumbuhan penjualan atau formula sales growth adalah suatu metode yang dipakai untuk mengetahui berapa peningkatan penjualan produk dalam periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi usaha bisa dikatakan berhasil atau tidaknya, dari angka peningkatan yang diperoleh melalui rumus pertumbuhan penjualan.

Apa itu formula rumus pertumbuhan penjualanPin

Jika rumus pertumbuhan penjualan menghasilkan angka positif, berarti pertumbuhan ekonomi usaha atau sales growth sedang bagus. Sebaliknya, jika negatif berarti sales growth usaha sedang menurun atau penghasilan bisnis merosot ketimbang periode sebelumnya.

Cara Menghitung Pertumbuhan Penjualan

Pada dasarnya, cara menghitung pertumbuhan penjualan tidak begitu rumit. Diketahui dalam rumus pertumbuhan penjualan, akan mencari angka selisih dari penjualan periode sekarang dan periode sebelumnya. Kemudian, hasilnya akan dibagi dengan penjualan periode sebelumnya dikali 100.

Berikut adalah Rumus pertumbuhan penjualan:

((Penjualan Saat Ini – Penjualan Sebelumnya) / Penjualan Sebelumnya )) X 100.

Apabila hasil akhir dari rumus pertumbuhan penjualan tersebut ada di antara 5-10%, maka bisa dibilang sales growth atau pertumbuhan ekonomi usaha berjalan lancar. Sebaliknya, jika kurang dari 5-10% maka sales growth merosot atau di bawah standar target sales growth perusahaan.

Pentingnya Sales Growth Dalam Pertumbuhan Ekonomi Usaha

Sales growth merupakan impian banyak pebisnis. Jika pertumbuhan ekonomi usaha selalu naik secara bertahap, berarti kinerja prospek yang ditangani juga semakin berkembang. Inilah peran penting sales growth dalam bisnis:

  1. Indikator Profitabilitas

    Setelah diketahui hasil akhir sales growth dari rumus pertumbuhan penjualan. Perusahaan dapat memahami apakah perusahaan profit atau justru merugi. Dengan sales growth yang terus naik, maka bisa disimpulkan bahwa perusahaan juga mendapatkan keuntungan dari penjualan.

  2. Indikator Kesuksesan Strategi Bisnis

    Rumus pertumbuhan penjualan juga bisa menjadi indikator bahwa strategi bisnis yang dipakai berhasil atau tidak. Sebab, jika strategi penjualan sukses, maka tentunya laporan kurva sales growth juga naik. Terlebih lagi apabila pertumbuhan ekonomi usaha didukung kebijakan penjualan yang efektif.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Menambah Kesejahteraan Usaha

    Jika sales growth semakin bertambah signifikan, keuntungan sudah pasti akan diraih. Hal ini berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran pihak manajemen perusahaan secara keseluruhan. Bukan hanya pemilik bisnis atau pemegang saham saja. Melainkan juga para karyawan, klien, pelanggan, mitra bisnis, dan lainnya.

Bila saat ini sales growth usaha Anda mengalami kenaikan, tetaplah berupaya untuk mempertahankan kondisi keuangan dan pembukuan secara optimal. Pakai fitur-fitur accounting canggih dari Software Akuntansi Harmony untuk membantu Anda.

Sebagai pelaku UMKM atau pebisnis, jangan ragu melakukan perhitungan sales growth, sebab dengan adanya pertumbuhan penjualan ini akan membuat bisnis Anda menjadi lebih berkembang, serta memiliki berbagai perspektif, ide, serta solusi baru untuk mengatasi tantangan dan masalah bisnis Anda.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Software Akuntansi Harmony mendukung pertumbuhan ekonomi usaha Anda dengan pembukuan yang rapi, sistematis, dan real time. Mengelola keuangan dan akuntansi bisnis semakin cepat, mudah, dan minim kesalahan. Fitur andalannya termasuk pencatatan transaksi, penjualan, persediaan, hingga otomasi pembuatan laporan keuangan dengan lebih dari 20 jenis template secara instan.

Dapatkan FREE Trial aplikasi Harmony selama 30 hari, tanpa biaya apapun, silakan klik tautan ini. Ingin informasi fitur Harmony selengkapnya? Yuk, follow, like, dan comment akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang juga.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!