Riset pasar merupakan suatu kegiatan penelitian dalam bidang pemasaran. Melakukan riset pemasaran ini harus dilakukan secara sistematis, baik dalam perumusan masalah, perumusan tujuan, pengumpulan data, pengolahan data, hingga hasil riset pemasaran yang diperoleh.
Riset pasar suatu hal yang sangat penting dilakukan untuk mengetahui apa saja yang diperlukan pasar dan juga mengetahui para pesaing bisnis.
Tentu dalam menjalankan sebuah bisnis tidak hanya soal modal, harga jual dan promosi saja. Pebisnis juga harus perlu memastikan bahwa produk mereka dapat diterima dengan baik oleh masyarakat ataupun konsumen.
Selain itu riset pasar dilakukan sebagai upaya memberi masukan bagi pihak manajemen. Sebab dengan adanya hasil riset pasar, maka dapat mempermudah pihak manejeman dalam mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang harus dilakukan untuk merebut peluang.
Lalu bagaimana cara Anda agar dapat mengetahui produk yang Anda pasarkan diterima atau tidak oleh konsumen? Yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Untuk memahami lebih jelas mengenai riset pasar, berikut dalam artikel ini akan dijelaskan.
Table of Contents
Riset pasar adalah suatu kegiatan dalam mengumpulkan dan menganalisis data yang disusun secara sistematis sebagai suatu pedoman dalam menentukan strategi pemasaran.
Tentu setiap pebisnis perlu mengetahui kebutuhan setiap pelanggannya. Jadi apabila pebisnis tersebut mengeluarkan sebuah produk, maka sebuah produk bisa menyasar target konsumen dengan tepat.
Bukan hanya mengetahui kebutuhan setiap pelanggan saja melainkan memahami perilaku pembeli dan alasan mereka membeli produk Anda juga akan membuat penjualan produk Anda dapat meningkat.
Tentu melakukan riset pasar adalah sebuah proses yang cukup panjang untuk dilakukan. Mulai dari mengetahui siapa saja pelanggan Anda, produk apa saja yang diinginkan oleh konsumen, dan apa saja faktor yang mempengaruhi pembelian produk.
Dapat dikatakan bahwa riset pasar adalah sebuah investasi. Di mana biaya dan juga tenaga yang Anda keluarkan nantinya akan membantu bisnis Anda semakin berkembang.
Semakin berkembangnya bisnis, maka semakin banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, maka perlu digunakan break even point untuk menganalisis banyaknya jumlah unit yang diproduksi atau sebanyak apa uang yang harus diterima untuk mendapatkan titik impas atau kembali modal.
Sebab hasil dari temuan riset pasar yang Anda lakukan dapat membuat Anda memiliki informasi lengkap tentang target dan perilaku pelanggan, dan ini salah satu hal yang dapat membuat produk Anda menjadi lebih baik dari pesaing lainnya.
Untuk menghadapi pesaing, etika bisnis juga sangat penting untuk Anda lakukan. Penerapan prisnip etika bisnis di sebuah perusahaan tentu akan membangun hubungan yang adil dan sehat, baik di antara pesaing, pelanggan dan masyarakat.
Dalam sebuah riset primer ini berfokus pada informasi langsung dengan konsumen. Riset ini penting dilakukan sebab dengan melakukan riset tersebut Anda akan mendapatkan informasi yang berasal dari pengguna produk secara langsung. Informasi yang Anda terima dapat berupa ide, serta masukan yang diberikan pelanggan kepada Anda.
Secara sederhananya melakukan riset primer ini dilakukan secara bertatap muka atau bertemu secara langsung agar bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
Contoh riset pasar primer ini adalah seperti riset pada jumlah orang yang menyukai smartphone serta riset daya beli konsumen.
Jenis riset ini tentu berbeda dengan riset primer, di mana riset sekunder menggunakan data riset dari pihak lain. Walaupun kualitas datanya mungkin tidak sesuai kebutuhan Anda, namun riset ini jauh lebih efisien.
Riset sekunder ini biasanya dilakukan dengan cara membaca berbagai artikel, riset trend, hingga statistika pasar. Sumber informasi tersebut dapat di ambil dari lembaga pemerintah, media, ataupun dari lembaga pendidikan.
Contoh riset pasar sekunder seperti jumlah orang yang membeli barang, jumlah orang yang berkunjung ke website Anda.
Berikut beberapa tips praktis yang dapat Anda lakukan dalam menerapkan riset pasar pada bisnis Anda:
Penting bagi Anda untuk membuat tujuan riset terlebih dahulu, agar riset pasar yang Anda lakukan lebih efisien. Contoh riset pasar yang perlu Anda lakukan adalah ketika Anda ingin meneliti platfrom mana yang menjadi favorit pelanggan dalam belanja online.
Anda hanya cukup mengumpulkan jumlah pelanggan dari setiap masing-masing platform. Lalu Anda bisa membuat data mengenai peringkat dari yang paling banyak hingga sampai yang paling sedikit.
Memiliki sebuah tujuan untuk penelitian riset pasar Anda tentu akan menyempurnakan jenis data yang peru Anda kumpulkan nantinya.
Cara melakukan riset pasar yaitu menyiapkan pertanyaan sesuai dengan tujuan riset pasar. Anda dapat memberikan kalimat lengkap atau poin utama yang bisa dikembangkan dan intinya pastikan alur wawancara sistematis.
Seperti contoh, jika Anda ingin mengetahui potensi pelanggan membeli kembali produk Anda, maka Anda dapat memberikan pertanyaan sebagai berikut:
• Sejak kapan Anda menggunakan produk?
• Mengapa Anda sangat menyukai produk ini?
• Apakah Anda tertarik untuk membeli produk ini lagi?
Dengan menyesuaikan alur komunikasi dengan pelanggan, maka bisa membuat Anda mendapatkan informasi yang Anda inginkan.
Melakukan sebuah riset pasar tentu dapat membantu Anda mengenali kompetitor. Hal ini penting dalam memastikan produk Anda dapat bersaing di pasar lainnya.
Anda dapat melakukan riset kompetitor mana saja yang menghasilkan produk seperti Anda. Dengan produk yang sama, maka target pasar mereka juga sama. Dengan begitu Anda bisa mempelajari kelebihan produk dan strategi bisnis mereka, salah satu contohnya yaitu pada sebuah riset bisnis minimarket.
Dengan cara melakukan riset pasar seperti ini tentu Anda akan mendapatkan informasi kenapa beberapa dari konsumen lebih memilih produk dari kompetitor lain dibandingkan Anda.
[elementor-template id="26379"]
Apabila kompetior memiliki kelebihan yang belum Anda miliki, maka Anda dapat mencoba mengembangan produk Anda dengan strategi yang sama dn mempelajari bagaimana kompetitor mempromosikan produk-produknya.
Fokus terhadap pelanggan dalam riset pasar adalah hal yang tak kalah penting saat melakukan riset pasar. Cara melakukan riset pasar ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengelompokan pelanggan dalam beberapa kategori seperti lokasi, waktu, harga, atau sosial budaya.
Ketika Anda sudah melakukan berbagai riset pasar, maka yang harus Anda lakukan Adalah menganalisis setiap riset yang sudah Ada lakukan. Salah melakukan penilaian tentu akan membuat strategi riset pasar tidak sesuai tujuan.
Jika Anda menggunakan riset kuantitatif, maka Anda bisa memastikan terlebih dahulu data akurat. Apabila data sudah akurat, maka Anda dapat melakukan analisis dalam bentuk laporan catatan, statistik atau bahkan diagram. Tentu hal ini sangat membantu Anda dalam melakukan review atau mendiskusikan dengan tim lain dalam bisnis Anda.
Riset pasar merupakan salah satu cara paling efektif dalam mendapatkan wawasan tentang planggan, pesaing dan pasar Anda secara keseluruhan. Tujuan melakukan riset juga dapat melengkapi perusahaan Anda dengan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat.
Dalam sebuah bisnis, selain laporan riset juga ada laporan keuangan yang tidak kalah penting. Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi. Harmony adalah software akuntansi online yang membantu membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan realtime.
Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud yang menjadi bantuan Anda dalam membereskan pembukuan. Anda bisa menggunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi, membuat invoice dengan template yang mudah, Caranya cukup daftarkan akun Anda di sini dan dapatkan Gratis 30 Hari Harmony Accounting Software.
Untuk mengetahui informasi lengkap tentang Harmony dan insight bisnis, kunjungi sosial media seperti Facebook, Instagram dan Linked In Harmony.
Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.