Harmony » Blog » 

Retail Assistant, Pelajari Perannya Dalam Bisnis Serta Keuntungannya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 16, 2021

Retail assistant adalah nama lain dari shop assistant atau pramuniaga toko. Biasanya, retail assistant adalah karyawan atau staf toko retail yang membantu melayani kebutuhan pelanggan. Tidak hanya sekadar menyapa dengan ramah saat pengunjung masuk toko, retail assistant adalah pramuniaga yang membantu pengunjung menemukan produk sesuai kebutuhan pelanggan.

Retail assistant atau shop assistant berperan dalam menyediakan pengalaman belanja yang informatif, dan menarik bagi pelanggan.Click to Tweet

Dalam saluran distribusi bisnis retail, retail assistant adalah salah satu kunci penting untuk meningkatkan pengalaman pengunjung yang berkualitas tinggi. Mengapa? Sebab, bisa dikatakan shop assistant adalah orang yang berada di garis terdepan bisnis dan menjadi perwakilan bisnis.

Peran Bisnis Retail Assistant Adalah

Peran utama retail assistant adalah mendukung bisnis dengan pelayanan ramah dan mempertahankan pengalaman pelanggan yang bagus. Selain itu, peran bisnis shop assistant adalah sebagai berikut:

  • Mempersiapkan display barang atau produk di toko dan membantu menyelesaikan transaksi penjualan di toko.
  • Mengisi ulang stok barang yang kosong di rak.
  • Memberi saran atau merekomendasikan produk yang cocok kepada pelanggan.
  • Menerapkan strategi penjualan, mendukung strategi distribusi, serta menginformasikan promo khusus agar keuntungan bisnis semakin optimal.

Retail assistant atau shop assistant juga berperan dalam menyediakan pengalaman belanja yang informatif, dan menarik bagi pelanggan. Serta, membantu bekerja sama dengan karyawan lainnya dalam berbagai hal terkait operasional bisnis. Seperti purchase order barang, mengambil stok barang di rak, membantu membawa barang belanjaan, dan sebagainya.

Shop assistant umumnya juga memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik, terorganisir, serta teliti. Shop assistant atau retail assistant adalah individu yang selalu siap menjawab pertanyaan pelanggan, serta membantu penanganan transaksi pembelian pelanggan.

[elementor-template id="26379"]

Keuntungan Menjadi Retail Assistant Adalah

Tentunya bagi pebisnis, Anda akan sangat dipermudah dengan adanya seorang retail assistant. Dari segi penjualan Anda akan merasakan peningkatan dalam nominal maupun kepercayaan pelanggan kepada brand Anda. Shop assistant adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan bayaran lumayan dan cocok bagi Anda yang ekstrovert atau senang ketika berjumpa banyak orang.

Peran Retail Assistant

Jika dilihat dari sisi seorang retail assistant, ada banyak sekali keuntungan yang diperoleh salah satunya beberapa di bawah ini:

  • Gaji

    Sebagai shop assistant, Anda bisa mendapatkan upah atau gaji mulai dari Rp 2 juta. Untuk level menengah seperti shop assistant manager, Anda bisa mendapatkan gaji mulai Rp 4 -5 juta.

  • Diskon

    Selain gaji yang lumayan, shop assistant juga bisa mendapatkan keuntungan berupa diskon khusus karyawan toko retail. Seringkali, diskon potongan harga ini antara 20% sampai 50%. Jadi, sebagai retail assistant, Anda bisa mendapatkan untung selama event tertentu seperti Hari Lebaran atau Hari Libur Nasional lainnya.

  • Jenjang Karir

    Sektor retail adalah bisnis yang cukup besar. Bisa menghasilkan omset sampai miliaran rupiah. Maka itu, menjadi shop assistant adalah cara yang bagus memasuki industri retail.

    Bukan hanya cepat mendapatkan kenaikan jenjang karir, seperti supervisor atau manajer toko. Anda juga bisa menjadi manajer area regional karena seringkali rantai pasokan toko retail dimulai dengan merekrut internal perusahaan.

  • Jadwal Shift Fleksibel

    Bagi yang tidak suka bekerja dengan jadwal “9 hingga 5”, maka shop assistant adalah pilihan ideal. Sebagian besar bisnis retail menawarkan jam kerja fleksibel. Anda bisa memilih shift pagi, larut malam, atau akhir pekan kalau butuh uang lembur tambahan.

    Sudah pasti, shop assistant adalah jenis pekerjaan yang cocok buat mahasiswa atau pekerja paruh waktu alias freelancer yang mungkin ingin mencari penghasilan sampingan.

Demikianlah ulasan tentang pengertian shop assistant kali ini. Meski terkesan sepele, ternyata retail assistant adalah salah satu fungsi kerja yang berpengaruh bagi usaha. Apalagi, shop assistant dapat membantu dalam proses transaksi pembelian customer toko retail.

Karena itu, sudah seharusnya bisnis Anda meningkatkan produktivitas shop assistant dan kinerja staf dengan Software Akuntansi Online dari Harmony. Dengan aplikasi Harmony, pencatatan transaksi bisnis bisa dilakukan secara rapi, sistematis, dan minim kesalahan.

Jadi, pembukuan usaha akan semakin mudah, cepat, dan modern. Bisnis retail di era saat ini harus didukung Software Akuntansi Harmony dalam pencatatan transaksi dan otomasi pembuatan laporan keuangan yang canggih. Termasuk fitur laporan keuangan, persediaan/ stok, penjualan, smart invoicing, rekonsiliasi bank otomatis, dan masih banyak lagi. Info selengkapnya, follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony, yuk.

Mari coba aja dulu, FREE Trial 30 hari tanpa kontrak dan selanjutnya biayanya sangat terjangkau bagi pelaku bisnis UMKM. Daftar di sini sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram