Harmony Blog

Manfaatkan Random Sampling Untuk Riset Pasar Anda

Diposting Apr 8th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Random SamplingPin

Random sampling adalah salah satu metode yang dilakukan pebisnis untuk mendapatkan suatu responden dalam penjualan dan konsep pemasaran mereka.

Metode random sampling adalah cara yang dilakukan untuk mengumpulkan suatu data yang paling sederhana di dalam bidang penelitian.

Untuk mendapatkan hasil riset pasar yang efektif, Anda harus mendapatkan responden yang tepat. Caranya dengan menggunakan metode random sampling yang tepat.Click to Tweet

Dalam ilmiah, contoh random sampling ini memiliki pengertian yaitu sebagai suatu himpunan bagian dari populasi statistik yang mana untuk setiap anggota himpunan bagian memiliki probabilitas yang sama untuk dipilih. Dalam metode ini dipakai untuk merepresentasikan kelompok yang tidak bias.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu random sampling, berikut dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai random sampling dalam riset pasar agar Anda dapat menjaga keseimbangan pasar nantinya.

Apa itu Random Sampling?

Menurut simply pyschology, random sampling adalah jenis pengumpulan sampel probabilitas (peluang) yang mana setiap orang di semua populasi target mempunyai hak kesempatan dalam hal memilih. Selanjutnya sampel ini nantinya akan dipilih secara acak agar representasi hasilnya tidak bias dari total populasi yang ada.

Apa itu random samplingPin

Jika dikarenakan alasan tertentu, sampel tidak mewakili populasi, maka variasi tersebut disebut kesalahan dalam pengambilan sampel.

Contoh random sampling ini juga membutuhkan penamaan atau penomoran populasi pada target dan kemudian menggunakan beberapa jenis metode undian untuk memilih mereka yang akan dijadikan sampel. Sampel acak adalah cara terbaik dalam memilih sampel dari populasi yang diminati.

Baca Juga: Pemasaran Global (Global Market) – Arti, Manfaat, Contoh Dan Faktornya

Apa Saja Tipe-Tipe Random Sampling?

Sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui beberapa tipe random sampling. Yuk, simak penjelasan detailnya.

Tipe-tipe random samplingPin

  • Simple Random Sampling

    Simple random sampling adalah metode pemilihan acak yang dilakukan dari segmen kecil individu atau anggota dari populasi yang ada. Maka dengan hal terebut akan memberi setiap individu dengan tingkat probabilitas yang sama dan adil untuk bisa dipilih.

    Adanya suatu metode pengambilan acak sederhana ini menjadi suatu cara pemilihan sampel yang paling mudah dan juga paling sederhana untuk Anda lakukan.

    Namun untuk pengambilan sampel acak sederhana ini dapat menjadi tantangan untuk diterapkan dalam praktiknya. Maka untuk menggunakan metode ini, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi yaitu:

    • Memiliki daftar yang lengkap untuk setiap anggota populasi
    • Mampu untuk menghubungi ataupun mengakses setiap anggota populasi bila ada yang terpilih.
    • Memiliki waktu dan juga sumber daya untuk mengumpulkan data dari ukuran sampel yang diperlukan.
  • Stratified Random Sampling

    Stratified random sampling merupakan suatu pengambilan sample bertingkat. Hal ini mencakupi pada pembagian populasi menjadisubkelas dengan perbedaan dan variasi yang mencolok.

    Pengambilan sampel bertingkat ini merupakan pilihan terbaik di antara metode pengambilan sampel probabilitas jika Anda yakin bahwa subkelompok akan memiliki nilai rata-rata yang berbeda untuk variabel yang dipelajari.

    Adapun beberapa keuntungan yang Anda dapat ketika menggunakan stratifies random sampling yaitu:

    • Mampu memastikan varian yang serupa.
    • Memastikan keragaman sampel.
    • Mampu membagi metode pengumpulan data
    • Menurunkan varians keseluruhan dalam populasi.
  • Cluster Random Sampling

    Metode ini hampir mirip dengan metode stratified random sampling termasuk dalam membagi populasi menjadi beberapa sub kelas.

    Untuk setiap subkelas pada metode ini harus menggambarkan karakteristik yang sebanding atau serupa dengan seluruh sampel yang dipilih. Dalam metode ini memerlukan pemilihan acak dari seluruh sub kelas.

    Sering digunakan untuk mempelajari populasi yang besar, terutama yang tersebar secara geografis. Selain itu metode ini juga digunakan karena keuntungannya yaitu:

    • Sampel yang Anda ambil dengan menggunakan pengacakan akan memiliki validitas eksternal yang tinggi, sebab sampel akan mencerminkan karakteristik suatu pasar yang jauh lebih besar.
    • Pada metode ini membutuhkan waktu dan biaya yang edisien, terutama untuk sampel yang sudah tersebar secara geografis dan akan sulit untuk mengambil sampel dengan benar.
  • Systematic Random Sampling

    Systematic random sampling merupakan metode pemilihan individu ataupun anggota tertentu dari setiap populasi yang ada. Hal ini sering dilakukan dengan mengikuti interval yang sebelumnya memang sudah ditentukan.

    Dengan metode pengambila sampel sistematis ini tentu mampu membandingkan dengan cara mengambil sampel secara sederhana dan tidak rumit.

    Apabila Anda melakukan pengambilan sampel sistematis dengan daftar pada populasi, maka sangat penting untuk mempertimbangkan urutan untuk setiap populasi terdaftar agar bisa memastikan bahwa sampel Anda sudah valid.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Langkah-Langkah Melakukan Simple Random Sampling

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin melakukan simple random sampling dengan benar saat melakukan riset pasar yaitu:

  • Anda harus menentukan populasi yang menjadi target riset pasar Anda. Hal ini termasuk pada menentukan demografi seperti usaha, latar belakang, pekerjaan, dan lainnya. Setelah itu jumlahkan responden (sample) yang dibutuhkan. Level yang digunakan masing-masing adalah 0,05 dan 0,95.
  • Melakukan pemiliha responden secara acak, ini dapat dilakukan dengan cara mengirim undangan survei melalui email pelanggan yang menjadi target responden dan menunggu hingga respon yang diterima mencapi jumlah responden yang sudah ditargetkan.
  • Terakhir Anda melakukan pengumpulan data yang sudah Anda dapat dari responden dan analisa.

Melakukan suatu riset pasar bebas tentu merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Anda harus bisa melakukannya secara efektif. Terdapat berbagai cara pengambilan sampel yang bisa Anda gunakan dari teknik random sampling.

Anda hanya perlu melakukan penyesuaian metode yang ingin Anda gunakan dengan kondisi populasi serta tujuan dari riset pasar yang ingin Anda lakukan.

Sehingga, nantinya Anda bisa mendapatkan tingkat validasi yang tinggi dan strategi pemasaran pun jadi lebih efektif untuk dilakukan dan keuntungan perusahaan pun bisa semakin banyak didapatnya.

Namun, Anda harus mampu mencatat keuntungan tersebut secara tepat dan akurat. Kenapa? Karena kegiatan tersebut akan menentukan kondisi keuangan perusahaan Anda saat ini.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mencatat keuangan perusahaan atau kegiatan akuntansi lainnya, gunakanlah software akuntansi seperti Harmony.

Harmony adalah software akuntansi yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan secara realtime dan menghitung berbagai kewajiban pajak dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Kapan Anda akan memulai? Yuk gunakan teknologi akuntansi jaman now untuk membereskan pembukuan Anda sekarang juga.

Dapatkan pelatihan video tutorial secara online, lifetime customer support dan Gratis 30 Hari untuk software Harmony dengan mendaftarkan akun di sini.

Ikuti perkembangan dunia bisnis, perpajakan, keuangan, dan lainnya, melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony