Harmony Blog

Persiapan Bulan Ramadhan Untuk Pebisnis Ditengah Pandemi Covid-19

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

persiapan bulan ramadhanPin

Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan penuh rahmat, bulan ramadhan. Namun yang berbeda tahun ini kita sedang dihadapkan dengan musibah pandemi Covid-19. Walau begitu tetap kita harus syukuri atas nikmat yang diberikan. Terutama bagi para pebisnis dan perusahaan, bulan Ramadhan merupakan bulan yang identik dengan banyak mendatangkan penjualan. Lalu, Apakah penjualan akan tetap meningkat di bulan ramadhan ini? Bagaimana persiapan bulan ramadhan bagi pebisnis melalui masa pandemi ini? Simak selengkapnya dalam artikel kali ini.

Pandemi COVID-19 bukan menjadi penghalang untuk tetap produktif dan menghasilkan profit di bulang Ramadhan. Dengan menyiapkan strategi yang tepat, bisnis Anda akan tetap berjalan maksimal.

Ditengah pandemi virus COVID-19 atau Virus Corona saat ini memang memberikan dampak yang tidak mengenakan bagi pebisnis saat ini. maka dari itu dibutuhkan Strategi yang bisa disesuaikan dengan masa sekarang ini. Untuk mempersiapkan strategi bisnis dalam persiapan bulan Ramadhan ini diperlukan beberapa langkah agar bisnis Anda dapat menerima lonjakan penjualan.

Berikut 6 Langkah Persiapan di Bulan Ramadhan Untuk Pebisnis Ditengah Pandemi Covid-19

Ditengah Pandemi COVID-19 ini untuk melakukan persiapan bulan Ramadhan, agar penjualan tetap lancar dan semakin meningkat, perlu adanya strategi dan persiapan yang matang, seperti :

1. Mempersiapkan Produk Terbaik dengan Promo yang Unik

Siapkan produk-produk bisnis yang akan Anda jual nanti. Perhatikan persediaan barang produksinya agar menghindari lebih besarnya permintaan (demand) daripada stok produksi barang yang ada (supply). Jika produk Anda memiliki batas waktu penggunaan pikirkan baik-baik dalam hal stok barang. Gunakan promo yang unik dan menarik misalnya menjual dengan sistem bundling atau paketan, contohnya jual produk Anda gratis masker kain atau hand sanitizer yang sekarang ini sudah mudah didapatkan namun masih banyak dibutuhkan. Anda juga dapat memberikan bonus seperti buah kurma, multivitamin, atau alat-alat kesehatan lainnya yang banyak dibutuhkan.

Baca Juga Tips Bisnis : 7 Strategi Pemasaran Rumah Makan Secara Online

2. Manfaatkan Media Online Marketing

Langkah selanjutnya yang bisa jadi bahan persiapan Ramadhan Anda di tengah pandemi saat ini adalah dengan mulai merambah dunia pemasaran dan penjualan secara digita. Sekarang ini, sudah banyak menjamur beberapa e-commerce platform seperti, menggunakan marketplace, website, media sosia, dll. Media ini membatnu pebisnis yang mulai ingin memasarkan produknya lebih luas lagi hingga menjangkau seluruh Indonesia. Untuk membuat konten yang menarik Anda dapat mengikuti artikel strategi pemasaran online yang mudah diterapkan.

3. Persiapan Membuat Konten Promosi yang Bertema Bulan Ramadhan

Setelah anda telah membuat akun penjualan di beberapa ecommerce platform tadi, Anda juga bisa memulai membuat konten-konten promosi yang bertajuk Ramadhan, seperti Ramadhan Sale 50%, Great Moment Ramadhan Sale Cashback, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa terapkan ide-ide menarik di dalam konten promosi tersebut. Siapkan konten sebanyak mungkin agar bisa Anda share setiap hari selama bulan Ramadhan.

4. Menjaga Kesehatan dan Menjaga Kebersihan

Menurut pepatah kuno dalam kalimat Mensana In Corpore Sano, yang mengartikan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makan makanan yang bergizi, tetap perhatikan olahraga, sedikit olahraga ringan tanpa melakukannya di luar ruangan dan bertemu dengan kerumunan masyarakat, seperti melakukan threadmill dan lain-lain. Karena apabila Anda atau beberapa karyawan Anda sakit ataupun terdampak virus COVID 19, maka dapat dipastikan produktifitas bisnis menjadi tersendat yang tentunya hal tersebut tidak Anda inginkan.

5. Memaksimalkan Jam Layanan Operasional Bulan Ramadhan

Pada bulan ramadhan apalagi masih dalam situasi yang Work From Home, memaksimalkan layanan operasional jam kerja bisa Anda terapkan. Misalnya Anda akan aktif di jam-jam ketika orang menikmati sahur, menunggu berbuka puasa atau menjelang adzan maghrib, dan juga malam hari selepas solat tarawih. Biasanya masyarakat Indonesia menghabiskan waktu di jam-jam tersebut dengan cara membuka e-commerce platform atau sosial media mereka, saat itulah Anda bisa online sebagai penjual untuk “menyapa” mereka dengan promo-promo menarik yang telah Anda buat sebelumnya.

6. Tetap Mengatur dan Mengelola Keuangan

Setelah Anda melakukan langkah persiapan bulan Ramadhan diatas tadi, saatnya Anda tetap mengatur anggaran dan mengelola keuangan Anda. Anda akan tetap mengeluarkan biaya operasional untuk menjalankan langkah diatas tersebut seperti membeli stok, beli kuota internet, agji karyawan, dll. Untuk mempermudah Anda dalam mengatur pembukuan dan anggaran keuangan sebuah bisnis Anda tersebut, Anda bisa mulai dari sekarang mencatat setiap laporan keuangan yang terjadi. Namun terkadang banyak pebisnis yang kesulitan akan mencari sistem akuntansi yang cocok bagi mereka dan bisnisnya, yang bisa memenuhi kriteria bisnis mereka yang dinamis.

Harmony Smart Accounting Solution, menjadi salah satu solusi bagi bisnis Anda yang dinamis dan Anda yang tidak memiliki terlalu banyak waktu dalam mengurusi laporan keuangan yang setumpuk. Sembari Anda mengurusi hal-hal penting lainnya, Anda bisa menggunakan Harmony untuk membuat laporan keuangan dengan dukungan teknologi tinggi berbasis cloud, yang mampu menjawab tantangan dunia dalam kemajuan bisnis.

Penasaran dengan Harmony Smart Accounting Solution? Saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami di FinTax Fair. Daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari sekarang, dan bersantailah dalam membuat laporan keuangan bersama Harmony di bulan Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony