Harmony Blog

Perkembangan Teori Akuntansi Terkini dan Elemen Dasarnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

teori akuntansiPin

Teori akuntansi adalah metodologi, spekulasi, kerangka kerja, dan dasar untuk mempelajari dan memahami laporan keuangan serta prinsip keuangan dalam industri akuntansi. Secara sederhananya, teori akuntansi adalah pengetahuan atau ilmu yang mempelajari jasa informasi keuangan sebelum mengambil keputusan ekonomi.

Fungsi dari praktek teori akuntansi adalah sebagai kerangka dan laporan keuangan yang sahih.

Struktur dan praktek teori akuntansi berbeda-beda tiap negara. Hal ini dikarenakan kondisi sosial, ekonomi, dan politis negara satu dengan negara lainnya sangat beragam. Praktek dan perkembangan teori akuntansi dijalankan sesuai tempat penggunaannya. Fungsi dari praktek teori akuntansi adalah sebagai kerangka dan laporan keuangan yang sahih.

Lalu, bagaimana teori akuntansi lahir dan berkembang ke berbagai tempat seperti sekarang ini?. Untuk lebih jelasnya, anda dapat menyimak artikel berikut.

Perkembangan Teori Akuntansi Dari Masa Ke Masa

Perkembangannya dimulai pada tahun 1800-an atau disebut era pra teori. Era pra teori belum menghasilkan teori-teori khusus. Dengan perkembangan teknologi atas alat-alat produksi, menjadikan permintaan manajemen dan informasi akuntansi meningkat.

Era berikutnya, yaitu tahun 1800 – 1955, dikenal sebagai masa ilmiah umum. Perkembangan teori ini mengadopsi metode analisis empiris dalam fisika. Analisis empiris ini lebih menitik beratkan pada pengamatan langsung.

Pada era ‘metode ilmiah umum’ berbagai organisasi akuntan merilis berbagai kajian dan penelitian prosedur akuntansi. Tiga puluh empat diantaranya mempengaruhi segmen praktek teori ini dengan fokus utama adalah bisnis dan profesi akuntan di masa itu.

Beranjak dari era ‘metode ilmiah’ ke tahun 1956 – 1970 menjadi era ‘masa normatif’. Era ini terjadi saat teori dikembangkan menjadi praktek akuntansi yang terbaik. Masa normatif menumbuhkan resolusi untuk mencapai tujuan yang telah disepakati di awal. Selama empat belas tahun teori akuntansi normatif berfokus pada dampak perubahan harga pada perhitungan laba dan nilai aset.

Baca Juga: Penjelasan dan Contoh Lengkap Piutang Pendapatan

Era Teori Normatif

Teori akuntansi normatifPin

Di akhir tahun 1970, para ahli mengkritik teori normatif. Mereka menjabarkan bahwa teori normatif tidak melibatkan uji hipotesis dan uji empiris. Akibatnya, masa normatif mengalami kemunduran dikarenakan dua hal, yaitu ketersediaan prinsip ekonomi dan metode pengujian, serta ketidakmungkinan penerimaan nilai dari setiap teori normatif.

Semua permasalahan era teori normatif terhadap uji empiris dan argumen literatur ekonomi akuntansi mengakibatkan pergeseran empirisme menuju teori akuntansi positif. Contoh teori akuntansi positif akan bermuara menjadi hipotesis rencana bonus.

Teori akuntansi positif mengarahkan para manajer untuk memaksimalkan biaya operasional. Maksudnya teori akuntansi positif ini menjelaskan efek ekonomi atau kekayaan, dan alasan pentingnya akuntansi bagi pemegang saham, manajer dan kreditur. Dari laporan akuntansi, para pemegang saham dapat memperkirakan keadaan pasar saham kedepannya serta informasi manajemen perusahaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Elemen Struktur Teori Akuntansi

Struktur teori akuntansi terdiri atas berbagai elemen yang menjadi dasar pengembangan teknik dan teori. Ada empat elemen kunci dalam struktur teori ini.

Utamanya adalah relevansi, semua aspek harus relevan dengan informasi yang akan diberikan. Elemen struktur teori akuntansi yang kedua yaitu kegunaan, artinya ilmu akuntansi berguna dalam penyusunan laporan keuangan. Ketiga adalah reabilitas, artinya teori ini selalu reliable dan mengikuti standar prinsip akuntansi. Terakhir yaitu konsistensi artinya prinsip laporan tidak berubah-ubah dan harus mengikuti prosedur.

Penerapan teori ini juga berpengaruh terhadap laporan keuangan bisnis Anda. Tentu dalam sebuah bisnis laporan akuntansi merupakan hal yang penting. Maka pemahaman teori ini bisa menjadi acuan dasar Anda dalam melakukan pembukuan.

Nyatanya juga laporan keuangan penting bagi segala urusan bisnis. Misalnya dalam permohonan dana modal pinjaman, pelaporan pajak, analisa bisnis dan lainnya. Maka untuk membantu Anda, perkembangan teknologi bisa Anda manfaatkan, khususnya dalam pembukuan. Seperti halnya Harmony, yang merupakan software akuntansi berbasis cloud.

Anda dapat membuat laporan akuntansi dengan mudah menggunakan Software Akuntansi Harmony. Kini, Harmony hadir sebagai solusi kebutuhan bisnis untuk membuat laporan akuntansi yang cepat dan realtime. Pakai dan buktikan kemudahannya di sini sekarang GRATIS (30 days). Info lebih lengkap, follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Masih repot mendapatkan laporan keuangan? Kini Anda tidak perlu khawatir, jasa pembukuan berbasis teknologi dan profesional akan membantu Anda dalam membereskan segala transaksi Anda. Lalu Anda akan terima beres laporan keuangan setiap bulannya dan dibantu juga menghitung serta melaporkan pajak.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony