Harmony Blog

Pentingnya Asuransi Bisnis Untuk Mencegah Risiko Bisnis Yang Terjadi

Diposting Apr 20th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

Asuransi BisnisPin

Kini bisnis asuransi pun menjadi naik daun, kesehatan masyarakat pun menjadi kepentingan yang utama. Dalam perkembangan industri saat ini, bisnis asuransi tidak hanya fokus pada kesehatan jiwa raga saja, namun juga merambah kepada aspek keseluruhan bisnis.

Nyatanya bisnis juga membutuhkan yang namanya perlindungan asuransi. Asuransi bisnis adalah salah satu bentuk pengendalian risiko bisnis yang dilakukan dengan cara mengalihkan risiko pada pihak lain yakni pada perusahaan asuransi.

Asuransi bisnis ini termasuk dalam bentuk penanganan analisis SWOT yaitu Threats (ancaman). Tentunya asuransi memiliki tujuan untuk mengurangi ancaman atau memproteksi dari kerugian finansial yang bisa saja terjadi pada sebuah bisnis. Menurut ilmu manajemen, risiko itu selalu ada, baik kecil maupun besar selama kita menjalankan bisnis.

Mengapa asuransi begitu penting karena asuransi bisnis dibutuhkan untuk melindungi aset.Click to Tweet

Jadi dengan asuransi bisnis, pengusaha tidak perlu pusing lagi dengan yang namanya kerugian finansial ketika risiko bisnis datang. Inilah salah satu poin mengapa asuransi bisnis itu penting. Lebih lanjutnya simak penjelasan lain seberapa penting asuransi bisnis untuk mencegah risiko yang terjadi.

Pentingnya Menggunakan Asuransi Pada Bisnis Anda

Berikut ini beberapa alasan mengapa asuransi itu penting bagi Anda yang ingin bisnisnya tenang dan terjaga dari resiko yang akan terjadi.

Jenis asuransi bisnisPin

  • Melindungi Aset Bisnis

    Poin penting pertama mengapa asuransi begitu penting karena asuransi bisnis dibutuhkan untuk melindungi aset. Dengan adanya asuransi bisnis, omset bisnis Anda akan lebih terproteksi dan jika ada risiko bisnis atau kerugian besar maka akan ditanggung oleh pihak asuransi.

    Asuransi bisnis akan memproteksi aset dari berbagai risiko seperti kebakaran, pencurian, kecelakaan, bencana alam, atau risiko lainnya. Walaupun Anda disini harus membayar secara berkala, namun tidak ada salahnya karena asuransi ini dapat sangat membantu menghindarkan dari semua risiko.

  • Mengganti Kerugian Bisnis yang Ada

    Jika terdapat kerugian bisnis baik skala kecil maupun besar, maka semuanya langsung dialihkan ke pihak perusahaan asuransi. Jadi, Anda bisa tetap menjalankan bisnis tanpa perlu pusing memikirkan kerugian perusahaan. Arus kas perusahaan juga menjadi lebih stabil karena terbebas dari risiko besar saat terjadi bencana.

  • Semakin Percaya Diri Saat Berbisnis

    Dengan asuransi, bisnis yang sedang Anda jalankan akan memiliki pondasi yang lebih kokoh dan stabil untuk jangka panjang. Asuransi bisnis berfungsi sebagai perlindungan bisnis dengan pengalihan tanggungan risiko.

    Tentunya jika Anda tidak memiliki asuransi bisnis, ini akan membuat Anda masih ragu dalam mengembangkan bisnis. Namun dengan asuransi, Anda bisa lebih percaya diri dan berani dalam mengembangkan perusahaan Anda dengan pesat.

    Selain itu, dengan asuransi bisnis yang memproteksi dari segala risiko bisnis, maka Anda bisa lebih fokus pada tujuan perusahaan.

  • Jaminan Pengiriman

    Yang namanya bisnis maka selalu berkaitan dengan pengiriman barang, baik untuk bahan baku atau barang hasil produksi. Hal ini semakin meningkat apalagi jika bisnis Anda bergerak pada sektor perdagangan. Karena sektor perdagangan tergolong memiliki tingkat risiko bisnis yang tinggi, di sinilah peran asuransi untuk melindungi aset terutama dalam pengiriman barang.

    Jadi, jika ada kesalahan, kerusakan, atau kehilangan barang, maka tanggung jawab beralih pada perusahaan asuransi.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Jenis Asuransi Bisnis

Nah, Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu jenis asuransi untuk bisnis yang biasa ditawarkan pada industri asuransi di Indonesia:

  • Asuransi Properti
  • Asuransi Kompensasi Pekerja
  • Asuransi Tanggung Jawab Hukum
  • Asuransi Peralatan Elektronik
  • Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi bisnis di atas merupakan beberapa asuransi yang bisa Anda gunakan saat ini. Anda bisa memulainya dengan memilih asuransi mana yang cocok dengan bisnis yang Anda jalankan.

Untuk memudahkan proses keluar masuknya dana ketika proses pengajuan asuransi, Anda bisa percayakan pada aplikasi akuntansi Harmony yang berbasis cloud. Sehingga, memudahkan Anda dalam persiapan laporan keuangan yang terjadi selama ini.

Harmony merupakan software akuntansi berbasis online yang dapat Anda gunakan dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Sistem ini juga didukung dengan 400+ fitur akuntansi lengkap yang mudah untuk digunakan walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Jadi, tunggu apalagi? Coba GRATIS 30 Hari aplikasi Harmony di sini dan nikmati semua manfaat fiturnya untuk pembukuan lebih modern, sistematis, dan rapi.  Jangan lupa, terus ikuti akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate berikutnya ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony