Penjelasan Lengkap Rentabilitas Ekonomi dalam Rasio Keuangan
Harmony Blog
Finance
Penjelasan Lengkap Rentabilitas Ekonomi dalam Rasio Keuangan
September 19, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Salah satu teknik untuk mengukur dan menilai produktivitas modal usaha yang digunakan oleh perusahaan adalah dengan rentabilitas ekonomi. Untuk itu, tidak heran jika hal ini bisa mencerminkan kemampuan perusahaan, khususnya untuk mendapatkan keuntungan.

Rentabilitas ekonomi bisa dijadikan acuan pada prinsip pengelolaan ekonomi perusahaan yang efektif dan efisien. Sehingga, bisa memberikan nilai yang produktif terhadap semua bagian yang ada di dalam perusahaan terkait.

Rentabilitas ekonomi akan mendorong efisiensi dan keberhasilan perusahaan dalam meraih profit.

Selain itu, rentabilitas ekonomi terbilang alat ukur yang efektif untuk mengendalikan dan untuk mencegah timbulnya penyimpangan yang bisa mengganggu kinerja perusahaan.

Rentabilitas ekonomi akan mendorong efisiensi dan keberhasilan perusahaan dalam meraih profit, salah satunya ditandai dengan laju penjualan yang meningkat.

Dalam dunia usaha, kemungkinan timbulnya risiko pada suatu perusahaan akan selalu ada. Maka itu, pihak internal perusahaan dituntut agar selalu aktif mengantisipasi segala risiko yang mungkin terjadi.

Salah satunya caranya yaitu dengan melakukan suatu analisis tertentu terhadap berbagai bentuk informasi. Misalnya analisis atas tingkat kesehatan dan kinerja laporan keuangan perusahaan. Analisis tersebut membutuhkan sebuah teknik rasio yang terdiri dari rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas (rentabilitas).

Di beberapa rasio tersebut, rasio rentabilitas dan profitabilitas merupakan rasio yang paling berkaitan erat dengan pengukuran langsung terhadap nilai keuangan perusahaan.

Pengertian Rentabilitas Ekonomi

Secara sederhana, pengertian rentabilitas adalah teknik menilai keuangan dengan membandingkan antara laba usaha dengan modal usaha, baik modal sendiri maupun modal asing, dan dinyatakan dalam persentase. Di beberapa negara yang telah maju, rentabilitas ekonomi biasa menggunakan istilah Earning Power.

Rentabilitas ekonomi suatu perusahaan dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya rentabilitas itu sendiri. Faktor-faktor tersebut antara lain Profit margin dan Turnover of Operating Assets (perputaran aktiva).

Peran Rentabilitas Ekonomi dalam Keuangan Perusahaan

Rentabilitas ekonomi merupakan alat analisis yang bisa digunakan oleh manajemen perusahaan untuk menghasilkan laba dengan menggunakan modal yang dimiliki. Perusahaan dapat dikatakan memperoleh keuntungan setelah melihat hasil pengukuran dari laba yang diperoleh dengan kekayaan dan modal yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan. Dengan bermacam cara penilaian, rentabilitas ekonomi yang akan dipakai harus bisa menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan modal yang digunakan.

Peran rentabilitas ekonomi dalam kinerja keuangan perusahaan merupakan bagian dari hasil keputusan individual yang dibuat secara terus menerus oleh manajemen perusahaan. Karena itu, analisis dampak keuangan kumulatif perlu dilibatkan untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan. Selanjutnya keputusan masih harus dipertimbangkan dengan menggunakan ukuran komparatif.

Rentabilitas akan membantu pihak manajemen untuk menilai kemampuan aspek ekonomis perusahaan, yaitu kemampuannya dalam menghasilkan laba.

Baca Juga : Pengertian Current Ratio / Rasio Lancar dan Cara Menghitungnya

custom-form-newsletter

Teknik Analisis dalam Rentabilitas Ekonomi

Teknik analisis yang bisa digunakan untuk menganalisis hal ini ada 3, yaitu profit margin, turnover of  operating assets, dan persentase earning power.

1. Profit Margin

Profit margin merupakan alat analisis yang dilakukan dengan membandingkan “net operating income” dengan “net sales” dalam persen. Teknik ini bisa dirumuskan seperti di bawah ini:

2. Turnover of Operating Assets

Turnover of Operating Assets merupakan rasio untuk menilai tingkat perputaran aktiva. Teknik ini berguna untuk melihat kecepatan berputarnya aktiva dalam satu periode tertentu dengan membandingkan “net sales” dan “operating assets”. Rumusnya yaitu:

3. Persentase Earning Power

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa Earning Power atau Rentabilitas Ekonomi, dapat dihitung dengan membandingkan antara laba usaha dengan modal usaha sendiri dan modal asing dan dinyatakan dalam bentuk persen.

Dalam sebuah usaha, data-data dan informasi yang tersaji di dalam laporan keuangan sangat penting untuk teknik analisis rentabilitas ekonomi. Dengan alasan tersebut, maka teknik pembukuan dan laporan keuangan harus tepat dan cermat.

Caranya dengan menggunakan software akuntansi Harmony yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik untuk menyusun berbagai bentuk laporan keuangan. Dengan melakukan pendaftaran di sini, maka Anda akan menikmati kemudahan software akuntansi Harmony ini secara gratis ujicoba selama 30 hari.

Gunakan Harmony Accounting Service, jika Anda ingin terima beres laporan keuangan bisnis Anda. Harmony Accounting Service merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Ikuti update mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media Harmony seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/