Penjelasan Lengkap Profesi Akuntan Publik dan Jobdesknya
Harmony Blog
Accounting
Penjelasan Lengkap Profesi Akuntan Publik dan Jobdesknya
July 3, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Di negara Indonesia sudah terdapat banyak perusahaan terkemuka dengan kredibilitasnya menjadi taruhannya. Kredibilitas atau citra baik yang dimiliki perusahaan bisa dipengaruhi dari kualitas informasi laporan keuangan terutama terlihat dari kualitas profesi seorang akuntan khususnya akuntan publik yang dipakai untuk mengaudit dan memeriksa laporan keuangan.

Di awal tahun 2020 saja kantor akuntan publik dari PT Asuransi Jiwasraya (persero) dan kantor akuntan publik dari PT Asabri (Persero) mendapatkan sanksi dari Kemenkeu yang memeriksa laporan keuangannya terkait kasus modus permainan nilai saham karena dinilai memiliki dampak negatif terhadap perekonomian nasional. Hal tersebut dikutip dari media berita online kompas.com edisi 15 Januari 2020.

Kali ini akan dibahas mengenai penjelasan lengkap mengenai profesi akuntan publik dan jobdesknya. Simak terus artikel ini.

Pentingnya profesi akuntan publik yang mampu memberikan kualitas opini dan audit yang bisa dipertanggung-jawabkan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan.

Pengertian Profesi Akuntan Publik

Adapun pengertian profesi akuntansi publik dari beberapa narasumber, diantaranya sebagai berikut:

Menurut Wikipedia.org, akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik di Indonesia.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2011, merupakan suatu profesi yang jasa utamanya adalah jasa dan hasil pekerjaannya digunakan secara luas oleh publik sebagai salah satu pertimbangan penting dalam pengambilan keputusan.

Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 443/KMK.01/2011, tentang setiap akuntan publik wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), asosiasi profesi yang diakui oleh pemerintah.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa profesi ini adalah seorang akuntan yang mendapatkan izin dari Menteri Keuangan dan diakui secara publik dalam melaksanakan tugas untuk memeriksa laporan keuangan suatu perusahaan.

Biasanya seorang profesi ini akan membantu perusahaan dari segi akuntansi manajemen sehingga dapat memudahkan pihak internal perusahaan baik itu manajer atau pemegang saham untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Seperti yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) bahwa setiap profesi ini harus menerapkan norma atau perilaku yang mengatur hubungan akuntan dengan perusahaan atau dikenal dengan istilah etika profesi akuntansi.

Dengan tugas dan tanggung-jawab yang memiliki prospek kerja akuntansi yang menggiurkan dengan gaji akuntan publik yang relatif tinggi di Indonesia.

Jenis Jasa Akuntan Publik

Adapun beberapa jenis-jenisnya yang ada di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

Jasa Akuntansi atau Pembukuan

Jenis jasa akuntan ini lebih kepada membantu perusahaan dalam membantu mempersiapkan laporan keuangan baik itu mempersiapkan jurnal umum, buku besar, neraca agar menjadi laporan keuangan yang akurat dan bisa dipertanggung-jawabkan. Jenis jasa ini sudah menjadi kegiatan utama bagi seorang akuntan publik profesional.

Jasa Perpajakan

Selain membantu perusahaan dalam membantu membuat laporan keuangan, profesi ini juga bisa membantu perusahaan dari segi laporan perpajakan baik itu pajak penghasilan badan (Pph Badan) maupun pajak penghasilan (Pph) setiap karyawan di perusahaan tersebut.

Jasa Konsultasi Manajemen

Dalam perkembangannya saat ini sudah banyak dari profesi ini yang mulai membantu perusahaan dalam mengelola bisnis dari segi manajemennya. Karena dalam laporan keuangan yang dibuatkan oleh profesi ini bisa mempengaruhi manajemen perusahaan bahkan dari hasil auditnya juga bisa mempengaruhi proses produksi perusahaan dan dapat terhenti sementara.

custom-form-newsletter


Cara Menjadi Akuntan Publik

Berdasarkan undang-undang no 5 tahun 2011 pasal 5 ayat 1 menjelaskan untuk menjadi profesi ini haruslah memenuhi persyaratan-persyaratan, diantaranya sebagai berikut:

1. Memiliki Sertifikat Tanda Lulus (USAP) yang sah dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Publik Indonesia atau beberapa universitas yang mendapat akreditas untuk membuka pendidikan profesi ini.

2. Wajib menyerahkan bukti telah mengikuti Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) paling sedikit 60 satuan Kredit PPL (SKP) dalam 2 tahun terakhir.

3. Harus berpengalaman praktik dibidang audit umum atas laporan keuangan paling sedikit 1000 jam dalam 5 tahun terakhir dan paling sedikit 500 jam terbang dan harus disahkan oleh pimpinan kantor akuntan publik (KAP).

4. Berdomisili di wilayah Republik Indonesia dengan dibuktikan kartu tandap penduduk (KTP).

5. Harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

6. Tidak pernah mendapatkan sanski pencabutan izin.

7. Menjadi anggotan IAPI beserta kartu keangggotannya.

8.Tidak pernah dipidana yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

9.Tidak berada dalam pengampuan.

10. Membuat dan melengkapi formulir Surat Permohonan Izin Akuntan Publik, membuat surat pernyataan tidak merangkap jabatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46, dan membuat surat pernyataan bermeterai cukup yang menyatakan bahwa data persyaratan yang disampaikan adalah benar.

Jobdesk Akuntan Publik

Adapun beberapa uraian jabatan seorang akuntan publik, diantaranya sebagai berikut:

1. Melakukan pemeriksaan laporan keuangan suatu perusahaan yang mana telah disusun oleh akuntan perusahaan itu sendiri. Akan tetapi tugasnya adalah memeriksa bilamana terjadinya kesalahan-kesalahan dalam laporan keuangan agar sesuai dengan standar akuntansi Indonesia.

2. Selain memeriksa laporan keuangan fungsi profesi ini dapat membantu perusahaan dalam pelaporan perpajakan agar terhindar dari kesalahan-kesalahan seperti SPT Tahunan yang tidak valid dan tax amnesty. Biasanya profesi ini dapat membantu perusahaan membayar pajak seminimal mungkin sesuai dengan undang-undang perpajakan.

3. Dapat memeriksa laporan kepemilikan akan aset perusahaan sehingga menghindari adanya penyitaan aset dikarenakan aset tersebut illegal atau tidak syah secara hukum.

4. Harus mampu memberikan informasi laporan keuangan perusahaan dibuka secara go publik atau dibuka untuk umum.

5. Harus bisa memberikan solusi atas kondisi keuangan perusahaan seperti adanya inflasi yang menyebabkan pengambilan keputusan yang harus tepat.

6. Harus menyertakan tentang cara perusahaan mengalokasikan sumber-sumber terbatas seperti modal, pegawai dan aset perusahaan.

Begitulah penjelasan mengenai profesi akuntan publik. Dengan begitu profesi ini dapat membantu dalam laporan keuangan yang valid dan akurat. Di Indonesia sudah banyak sekali profesi ini dalam melakukan auditing laporan keuangan perusahaan dibantu dengan software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/