Harmony » Blog » 

Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya Dalam Akuntansi

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 29, 2020

Harus Anda sadari penggunaan jurnal sangat penting dalam membuat laporan keuangan, terutama sebelum semua transaksi di posting dalam buku besar. Dalam pengunaannya jurnal terbagi kedalam 2 jenis jurnal yaitu jurnal umum dan jurnal khusus yakni dapat di bedakan bahwa pengertian jurnal umum digunakan untuk mencatat semua transaksi secara kronologi atau terperinci sesuai tanggal transaksi itu terjadi,.

Sedangkan jurnal khusus digunakan lebih kepada untuk transaksi-transaksi sering terjadi atau berulang-berulang dalam perusahaan. Sebagai contoh jurnal khusus seperti jurnal khusus pembelian, jurnal khusus penjualan, jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas. Kali ini akan dibahas pengertian jurnal umum dan fungsinya.

Pembuatan jurnal umum sangat bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam pencatatannya sebelum memposting ke dalam buku besar.

Berikut Pengertian Jurnal Umum Menurut Beberapa Sumber :

Menurut Wikipedia.org, pengertian jurnal umum merupakan pencatatan akuntansi permanen yang pertama biasanya disebut (book of original entry), yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara historis dan kronologis dengan menyebutkan akun yang di Debit maupun yang di Kredit.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian jurnal umum adalah buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu.

Menurut Mulyadi (2010:101), pengertian jurnal umum yaitu pencatatan akuntansi permanen yang pertama dilakukan, yang juga digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan.”

Dari ketiga pengertian jurnal umum diatas bisa disimpulkan bahwa jurnal umum merupakan bentuk pencatatan semua transaksi yang dibuat secara kronologis urutan waktu setiap transaksi agar dapat mempermudah proses posting kepada buku besar.

Cermati juga artikel ini : cara mudah membuat jurnal umum

Adapun fungsi jurnal umum dalam siklus akuntansi, sebagai berikut:

Fungsi Historis

Jurnal umum sangat mempermudah Anda Sebelum memposting ke dalam buku besar semua transaksi yang telah terjadi akan dicatat berdasarkan kronologis dan tanggal transaksi sehingga dapat dikatakan fungsi jurnal umum sebagai historis karena menata semua transaksi secara berurutan dan rapi.

Fungsi Jurnal Umum Sebagai Pencatatan

Disamping fungsi sebagai historis, jurnal umum juga dapat dikatakan berfungsi sebagai pencatatan semua transaksi dalam suatu perusahaan secara terperinci dan mudah dibaca agar pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan baik. Pencatatan dalam jurnal umum juga mengumpulkan semua bukti transaksi seperti kwitansi pembelian, penjualan, invoice, faktur dan nota-nota yang direkap debet-kredit ke dalam jurnal.

Fungsi Jurnal Umum Untuk Analisis

Fungsi jurnal umum yang ketiga adalah sebagai analisis semua transaksi. Dalam pembuatan jurnal umum dapat terlihat dan langsung di analisa setiap transaksi tersebut tergolong dalam debet atau kredit sehingga dapat meminimal resiko kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan, karena sangat berpengaruh pada keseimbangan debet-kredit pada buku besar. Selain itu juga jurnal umum juga menganalisa penggolongan nama akun dan jumlah/ besar transaksi.

[elementor-template id="26379"]

Fungsi Intruksi

Fungsi intruksi jurnal umum disini dapat diartikan instruksi atau perintah untuk memudahkan Anda sebelum memposting ke dalam buku besar. Intruksi disini berisikan perintah pencatatan untuk transaksi tersebut apakah tergolong dalam debet atau kreditnya. Sehingga dapat meminimal resiko kesalahan dalam pembuatan buku besar dalam laporan keuangan perusahaan Anda.

Fungsi Informatif

Fungsi jurnal umum sebagai media informatif yang valid dan akurat bahwa semua bukti transaksi telah dikumpulkan dicatat secara rapi dan tersusun sesuai dengan urutan transaksi itu terjadi. Sehingga penyajian posting ke buku besar akan berjalan dengan lancar dan tidak terkendala.

Begitulah penjelasan mengenai pengertian jurnal umum dan fungsinya. Perusahaan Anda pastinya memerlukan laporan keuangan yang praktif dan mudah. Dalam pembuatan laporan keuangan tersebut pastinya Anda memerlukan alat bantu seperti software akuntansi harmony, yang mana dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu menunjang kebutuhan Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram