Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya Dalam Akuntansi
Harmony Blog
Accounting
Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya Dalam Akuntansi
May 29, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Harus Anda sadari penggunaan jurnal sangat penting dalam membuat laporan keuangan, terutama sebelum semua transaksi di posting dalam buku besar. Dalam pengunaannya jurnal terbagi kedalam 2 jenis jurnal yaitu jurnal umum dan jurnal khusus yakni dapat di bedakan bahwa pengertian jurnal umum digunakan untuk mencatat semua transaksi secara kronologi atau terperinci sesuai tanggal transaksi itu terjadi,.

Sedangkan jurnal khusus digunakan lebih kepada untuk transaksi-transaksi sering terjadi atau berulang-berulang dalam perusahaan. Sebagai contoh jurnal khusus seperti jurnal khusus pembelian, jurnal khusus penjualan, jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas. Kali ini akan dibahas pengertian jurnal umum dan fungsinya.

Pembuatan jurnal umum sangat bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam pencatatannya sebelum memposting ke dalam buku besar.

Berikut Pengertian Jurnal Umum Menurut Beberapa Sumber :

Menurut Wikipedia.org, pengertian jurnal umum merupakan pencatatan akuntansi permanen yang pertama biasanya disebut (book of original entry), yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara historis dan kronologis dengan menyebutkan akun yang di Debit maupun yang di Kredit.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian jurnal umum adalah buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu.

Menurut Mulyadi (2010:101), pengertian jurnal umum yaitu pencatatan akuntansi permanen yang pertama dilakukan, yang juga digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan.”

Dari ketiga pengertian jurnal umum diatas bisa disimpulkan bahwa jurnal umum merupakan bentuk pencatatan semua transaksi yang dibuat secara kronologis urutan waktu setiap transaksi agar dapat mempermudah proses posting kepada buku besar.

Cermati juga artikel ini : cara mudah membuat jurnal umum

Adapun fungsi jurnal umum dalam siklus akuntansi, sebagai berikut:

Fungsi Historis

Jurnal umum sangat mempermudah Anda Sebelum memposting ke dalam buku besar semua transaksi yang telah terjadi akan dicatat berdasarkan kronologis dan tanggal transaksi sehingga dapat dikatakan fungsi jurnal umum sebagai historis karena menata semua transaksi secara berurutan dan rapi.

Fungsi Jurnal Umum Sebagai Pencatatan

Disamping fungsi sebagai historis, jurnal umum juga dapat dikatakan berfungsi sebagai pencatatan semua transaksi dalam suatu perusahaan secara terperinci dan mudah dibaca agar pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan baik. Pencatatan dalam jurnal umum juga mengumpulkan semua bukti transaksi seperti kwitansi pembelian, penjualan, invoice, faktur dan nota-nota yang direkap debet-kredit ke dalam jurnal.

Fungsi Jurnal Umum Untuk Analisis

Fungsi jurnal umum yang ketiga adalah sebagai analisis semua transaksi. Dalam pembuatan jurnal umum dapat terlihat dan langsung di analisa setiap transaksi tersebut tergolong dalam debet atau kredit sehingga dapat meminimal resiko kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan, karena sangat berpengaruh pada keseimbangan debet-kredit pada buku besar. Selain itu juga jurnal umum juga menganalisa penggolongan nama akun dan jumlah/ besar transaksi.

custom-form-newsletter

Fungsi Intruksi

Fungsi intruksi jurnal umum disini dapat diartikan instruksi atau perintah untuk memudahkan Anda sebelum memposting ke dalam buku besar. Intruksi disini berisikan perintah pencatatan untuk transaksi tersebut apakah tergolong dalam debet atau kreditnya. Sehingga dapat meminimal resiko kesalahan dalam pembuatan buku besar dalam laporan keuangan perusahaan Anda.

Fungsi Informatif

Fungsi jurnal umum sebagai media informatif yang valid dan akurat bahwa semua bukti transaksi telah dikumpulkan dicatat secara rapi dan tersusun sesuai dengan urutan transaksi itu terjadi. Sehingga penyajian posting ke buku besar akan berjalan dengan lancar dan tidak terkendala.

Begitulah penjelasan mengenai pengertian jurnal umum dan fungsinya. Perusahaan Anda pastinya memerlukan laporan keuangan yang praktif dan mudah. Dalam pembuatan laporan keuangan tersebut pastinya Anda memerlukan alat bantu seperti software akuntansi harmony, yang mana dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu menunjang kebutuhan Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/